Maqhfirotul Yulia Fajariyanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
GUNAKAN TEKNOLOGI SEBAIK MUNGKIN
Kilas Kementerian

GUNAKAN TEKNOLOGI SEBAIK MUNGKIN

GUNAKAN TEKNOLOGI SEBAIK MUNGKIN

Oleh : Maqhfirotul Yulia Fajariyanto

Teknologi dizaman modern ini pasti sudah sangat berkembang pesat. Tentunya kata teknologi sudah tidak asing bagi kita. Menurut Lukman Hakim, S.Sos, MM, kata "teknologi" Secara harfiah berasal dari frase Perancis "La Teknique", yang mengacu pada ide yang dikembangkan dalam upaya memproses realisasi rasional. Rasional adalah prosedur yang dapat diterapkan berulang kali. Teknologi merupakan adaptasi dari teknologi alami yang dibuat oleh manusia, yang kemudian ditransformasikan menjadi media sesuai dengan kebutuhan spesifiknya.

Teknologi memiliki dua sisi yang akan sangat bergantung kepada penggunanya, teknologi bisa menjadi malaikat yang baik dalam menolong sesorang, bangsa ataupun kehidupan umat manusia, tapi disisi lain teknologi bisa membuat sesorang hilang kehormatan dan menenggelamkan sebuah negeri. Kehadiran teknologi memang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perkembangan dunia.

Salah satu contoh teknologi yang sangat terkenal yaitu handphone. Penggunaan handphone bisa membawa hal positif. Kita bisa mengakses beberapa macam hal yang membuat mudah. Seperti dengan pekerjaan tugas sekolah cepat selesai dengan mencarinya digoogle. Tidak ada alasan untuk tidak belajar ataupun menambah ilmu pengetahun di zaman sekarang. Kita bisa belajar kapan pun dan dimana pun dengan bantuan teknologi. Kita bisa dengan mudah mencari referensi buku-buku di internet dengan fitur Google. Tidak hanya itu, kita bisa melakukan belanja online atau berjualan online, serta bisa melihat materi pelajaran lewat video di YouTube, atau belajar hal positif seperti gerakan olahraga untuk kesehatan tubuh, atau menonton drama, action, dan komedi.

Dalam berteknologi kita harus bijak menggunakan teknologi tersebut. Seperti menggunakannya secara positif, mencari hal-hal yang positif, kegiatan positif, dan mempelajari hal baru seperti mengikuti kursus online.

Sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa menggunakan teknologi tersebut dengan bijak. Penggunaan teknologi yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita. Janganlah menggunakan teknologi secara negatif contohnya seperti menonton video dewasa atau melihat hal yang tidak senonoh lainnya yang memang tidak pantas untuk dilihat, mudahnya tersebar berita-berita Hoax yang dapat merusak nama baik seseorang , lalu tersebar nya konten-konten negatif yang dapat di akses dengan mudah dan dapat merusak generasi muda bangsa.

Selama pandemi, pembelajaran online pun tidak luput dari penggunaan smartphone. Seiring berjalannya waktu, sudah banyak teknologi canggih selain smartphone. Apalagi sekarang kita bisa dengan mudah mengirim pesan kepada teman, keluarga, ataupun kerabat yang berada jauh dengan kita. Tanpa harus mengirim surat kita bisa mengirim pesan melalui WhatsApp.

Lalu bagaimana cara kita menggunakan teknologi tersebut dengan bijak?

Kita bisa memulai dengan menggunakan teknologi tersebut pada waktu yang tepat, gunakanlah untuk menyebarkan hal-hal yang positif yang tidak merugikan orang lain, gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, membatasi penggunaan teknologi agar terhidar dari rasa ketergantungan

Jadi dapat di simpulkan bahwa perkembangan teknologi ini akan berdampak positif ataupun negatif tergantung dengan bagimana kita menggunakan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan gunakanlah teknologi tersebut dengan bijak agar tidak banyak orang orang yang merasa di rugikan.

Biodata Penulis

Halo nama aku Maqhfirotul Yulia Fajariyanto kalian bisa panggil Ifroh, aku siswi kelas IX SMPN 5 PAMEKASAN, aku tinggal di dsn.lombang, desa.buddagan, kabupaten pamekasan, provinsi jawa timur. Jika ada yang mau berkanalan denganku bisa saja hubungi aku dinomor 085334857668 atau DM di Instagram @chxifrh. Email ku [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post