Maizhayuki Nur Aisyah Nesyauniziyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Rawon Istimewa

Indonesia adalah negeri yang kaya. Kaya akan budaya, adat istiadat dan kuliner khasnya. Aku cinta kuliner Indonesia karena memiliki rasa yang unik dan berbeda-beda. Bukan hanya orang Indonesia, para turis yang datang ke Indonesia pun banyak yang suka dengan kuliner khasnya. Itulah yang membuktikan bahwa kuliner khas Indonesia sangatlah istimewa.

Di daerah asalku di Malang Jawa timur ada makanan khas bernama rawon,makanan ini asli Jawatimur.Rawon memiliki ciri khas yaitu kuahnya yang berwarna hitam pekat yang berasal dari rempah khas Indonesia yang bernama kluwek.Kluwek adalah bahan khusus untuk membuat rawon karena kalau tidak ada kluwek bukan rawon namanya. Isi rawon cukup beragam ada nasi, potongan daging sapi, taoge aneka sayuran serta lauk pendamping seperti tempe dan kerupuk udang.

Aroma rawon sangatlah khas karena aroma rempahnya sangat terasa, rasa rawon sangatlah enak ada rasa gurih, manis dan asin. Semua rasa itu sangat menyatu dengan bumbu rempah-rempahnya, itu semua sangatlah lezat dan membentuk sebuah rasa yang istimewa. Itulah yang menjadi daya tarik bagi para turis manca negara agar mau mencicipi kuliner khas Indonesia yg sangat beragam.

Aku pertama kali mencicipi rawon pada saat perjalanan pulang kerumah nenekku, tepatnya di daerah kebun raya Purwodadi. Setiap kerumah nenek, aku, ayah dan ibuku selalu mampir ke sana untuk membeli rawon. Ada banyak warung yang berjejer menjual rawon disana, rawonnya sangat enak. Rasanya pun tidak sama persis, setiap warung memiliki ciri khasnya masing-masing.Terkadang ada warung yang menambahkan lauk tambahan. Rawon di daerah Jawa timur juga tidak semuanya sama, contohnya rawon di daerah Malang memiliki ciri khas ditambahkan mendhol (perkedel tempe), sedangkan di Surabaya kebanyakan ditambahkan perkedel kentang. Saat dirumah nenek pun ibuku sering memasak rawon untukku, rasanya pun juga sedikit berbeda dengan yang dijual di warung-warung. Meskipun berbeda rawon buatan ibuku juga sangat enak, karena daging sapinya dibuat dendeng dan kadang kala dikasih serundeng.

Konon katanya seperti yang aku baca di internet makanan khas Jawa timur ini sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu, tidak heran rasa nya sangat melegenda dan tidak diragukan lagi kelezatannya. Rawon sangat enak dimakan ketika masih panas, karena kuahnya yang hitam menggugah selera. Cocok juga dimakan ketika malam hari saat udaranya dingin karena dapat menghangatkan badan. Walaupun rawon adalah makanan khas Jawa timur tapi juga sudah banyak dijual di daerah-daerah lainnya di Indonesia. Kebanyakan rasa rawon didaerah luar Jawa timur cukup beragam, disesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia di daerah itu. Rawon juga telah terkenal sampai keluar negeri, walaupun tidak setenar rendang (makanankhasPadang) namun sudah banyak orang luar negeri yang menyukainya.

Kuliner Indonesia tidak hanya rawon dan rendang saja, tetapi masih banyak lagi makanan khas Indonesia yang tersebar dipenjuru pulau-pulau di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya tersendiri, bahkan setiap suku yang mendiami daerah tersebut pun memiliki makanan khas yang sangat beraneka ragam. Rasanya pun juga unik-unik karena dilengkapi dengan rempah-rempah khusus yang menambah rasa dan membuatnya lebih enak dan istimewa.

Rawon adalah makanan terenak yang pernah aku coba, rawon begitu kaya akan rasa. Rasanya yang unik dan berbeda dari yang lain membuatku suka pada saat pertama kali mencicipinya. Bumbu rawon begitu meresap kedagingnya. Jika sudah besar nanti aku ingin bisa membuatnya sendiri dan menunjukkan kepada semua orang bahwa rawon itu sangatlah lezat dan istimewa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post