Maiza Lana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jangan Sekali-Kali Benci Membaca

Bagi sebagian orang membaca mungkin merupakan aktivitas yang menyebalkan, karena ketika membaca umumnya dilakukan dengan duduk dan menghabiskan waktu ber jam-jam untuk membaca sekaligus memahami isinya. Dengan alasan seperti di atas, tidak dipungkiri ketika membaca kita sering dilanda rasa bosan, jenuh, dan lain sebagainya. Tetapi, bagi sebagian orang yang lain, membaca merupakan aktivitas wajib yang dilakukan

Selera bacaan setiap orang berbeda-beda. Seperti yang telah kita ketahui, genre buku bacaan yang berkembang saat ini bermacam-macam. Tetapi, ada baiknya kita memiliih genre buku bacaan yang edukatif, bermanfaat, dan dapat merubah pola pikir kita menjadi lebih baik. “Buku adalah jendela dunia” kata – kata tersebut bukan sekadar pepatah belaka, pada kenyataannya kata-kata tersebut benar adanya. Dengan kita banyak membaca buku, pengetahuan dan pola pikir kita akan terbuka luas, layaknya luas dunia.

Setiap buku bacaan memiliki nilai kebaikan dan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh pembaca untuk kehidupan sehari-hari, bahkan untuk mempersiapkan masa depan yang cerah. Seperti yang kita telah ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang menduduki posisi minat baca terendah. Seseorang yang memiliki minat baca yang tinggi patut mensyukurinya.

Buku bacaan yang kita baca akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir terhadap dunia. Buku bacaan yang sifatnya mendidik tentu akan menambah wawasan kita tentang dunia. Membaca juga merupakan kunci sukses seseorang. Karena dengan membaca, pengetahuan kita akan lebih luas dan kesempatan menuntut ilmu lebih tinggi menjadi lebih terbuka. Zaman sekarang, sumber daya manusia yang dibutuhkan adalah sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, dengan kata lain manusia yang memiliki wawasan luas. Tentunya, wawasan yang luas tidak didapatkan dengan instan, melainkan melalui proses belajar yang panjang.

Proses belajar tersebut tentunya, tidak terlepas dari aktivitas membaca. Pelajaran yang pertama kali kita dapat ketika bersekolah adalah membaca. Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun pun perintah untuk membaca. Maka dari itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik hendaknya kita membiasakan membaca untuk menambah wawasan. Membaca tidak seburuk yang dipikirkan selama ini. Banyak hal yang dapat menumbuhkan kecintaan kita terhadap membaca. Mulaah dari hal-hal kecil, misalnya saja membaca buku pelajaran untuk persiapan Ulangan Harian dan sebagainya. Dilanjutkan, dengan membaca novel sebagai hiburan, jika kurang menantang bisa membaca buku – buku non-fiksi yang berisi ilmu pengetahuan (misalnya, ensiklopedia).

Kesimpulannya adalah, pentingnya membaca bagi setiap orang untuk meraih masa depan yang cerah. Memilih buku bacaan yang tepat dan sesuai usia dapat memengaruhi pola pikir seseorang terhadap dunia. Kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih, kecuali dengan usaha yang maksimal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post