Linda Agustin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berlibur di Hutan Mangrove, Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup

Berlibur di Hutan Mangrove, Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup

Oleh: Linda Agustin

Pada suatu pagi yg cerah, terdapat suara kicauan burung, serta angin yg menghembus secara halus menerpa kulit. Pada saat hari libur saya bersama keluarga pemilih berlibur di salah satu tempat wisata di desaku. Tempat wisata itu bernama pantai Dubibir yang ada di kota Situbondo. Tempat ini dikenal dengan wisata bakau atau sering disebut tumbuhan bakau. Maklum saja, tempat tinggalku tidak jauh dari pantai sehingga pemandangan dan pemandangan pantai yang sangat indah menjadi daya tarik untuk berwisata ke sana. Pantai Dubibir memang dikenal dengan hutan mangrove. Tanya pepohonan yang tumbuh di daerah garis pantai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Kami sering disebut hutan bakau sebagai hutan bakau. Tentu kalian penasaran khan seperti apa hutan mangrove itu?

Hutan mangrove memang memiliki fungsi yang sangat besar bagi makhluk hidup dan lingkungan kita di sekitarnya. hutan bakau ini memiliki kemampuan menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai. Dengan adanya hutan mangrove mampu menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai. Selain itu, hutan mangrove memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen. Dampaknya adalah udara di sekitar pantai akan terasa sejuk bagi masyarakat di sekitarnya. liburan di hutan mangrove memang sangat menyenangkan sekaligus sebagai wahana edukasi bagi kita khususnya sebagai seorang pelajar.

Kami berlibur atau berwisata memilih tempat hutan mangrove karena berbagai manfaat yang kami peroleh. Tentu saja, kami saling berkomunikasi dengan teman-teman tentang begitu pentingnya hutan bakau atau hutan bakau bagi lingkungan hidup kita serta perlu solusi untuk masalah yang kita hadapi. Berlibur di hutan mangrove memberikan makna tersendiri dan teman-teman bisa saling mengingatkan untuk menjaga lingkungan. Selama kami berjalan-jalan mencari tepian hutan bakau memang ada sedikit hal-hal yang membutuhkan perhatian kita. Bagaimana kita memberikan penyuluhan dalam rangka menanamkan pola hidup yang baik bagi masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian hutan mangrove bagi lingkungan di sekitarnya. Kalau hutan mangrove kita baik dan terawat,

Menjaga hutan mangrove merupakan tanggung jawab kita bersama. hal ini merupakan bagian dari tindakan nyata atas kepedulian kita terhadap lestarinya alam sekitar dalam kehidupan kita. Kita harus peduli. Kita bisa memulai dari dalam diri sendiri dan orang lain dengan mengajak menjaga lingkungan agar bersih dan terawat demi keberlangsungan hidup kita.

Kami sangat senang dan bersyukur pada saat liburan yang lalu bisa berwisata di pantai Dubibir. Masa liburan itu bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Tak hanya berlibur saja tapi ilmu yang penting kami dapatkan dengan belajar tentang hutan bakau yang ada di daerahku.

Oh iya, tempat wisata ini lebih indah jika berkunjung pada malam hari. Dikarenakan banyak terdapat lampu kerlap kerlip yang menambah kesan indah di pantai tersebut. Saya suka tempat wisata ini, lingkungannya bersih, air yang jernih, pohon-pohon bakau yang berjajar rapi dan terawat, menambah kesan aestetika tempat tersebut. Apakah teman-teman juga tertarik untuk berlibur di hutan mangrove? Semoga kalian juga bisa mengikuti jejak jejak kami.

Biodata siswa :

Nama : Linda Agustin

TTL : Situbondo, 17 Agustus 2008

Sekolah : SMPN 1 SUBOH

No hp : 081234224323

Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post