Laila shofiyah Rizki rahmadhani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MAU MEMBACA MAU MASA DEPAN CERAH

Mau membaca Mau masa depan cerah

Oleh: Laila Shofiyah Rizky R. 

Siapa sih yang tidak paham membaca? Semua pasti paham apa yang dimaksud membaca. Tentu kita tahu bahwa membaca dapat meningkatkan kecerdasan kita dan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi-generasi emas pembawa kemajuan bangsa. Membaca merupakan sebuah aktivitas berupa melafalkan atau mengeja sebuah tulisan. Hal ini sesuai dengan yang tertera dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang menyatakan bahwa membaca adalah

mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. Bagaimana pengertian membaca menurut Para Ahli? Menurut Kholid A. H. dan Lilis S. (1997: 140)

Membaca adalah mengemukakan atau membunyikan rangkaian lambang – lambang bahan tulis yang dilihatnya dari huruf menjadi kata, kemudian menjadi frasa, kalimat dan seterusnya. Sehingga kesimpulannya adalah, jika secara umum, membaca dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas dalam melafalkan, mengeja, membunyikan simbol-simbol, abjad hingga menjadi kata sampai kalimat yang memiliki makna. Bukan hanya sekedar membaca saja, seseorang harus memahami dan mengubah suatu teks bacaan menjadi hal yang bermakna. menurut _Para Ahli Farida Rahim_ kegiatan membaca buku termasuk keterampilan dasar. Dimana di dalam keterampilan dasar membaca ini terdiri tiga dasar yaitu reording (mengasosiakan bunyi sesuai dengan sistem tulisan), decoding (Proses penerjemahan kata-kata yang dibaca) dan meaning (memahami kata secara interpretatif, evaluatif dan kreatif). Kalau diperhatikan, kegiatan membaca adalah hal yang sederhana tetapi memiliki segudang manfaat untuk kehidupan kita. Buku akan membantu kita menjadi pembicara yang lebih baik dan kemampuan menulis pun meningkat. Misalnya, kita jadi bisa menulis esai, artikel, bahkan buku itu sendiri. Di samping segala hal itu, buku melatih otak kita dan mencegah kelesuan. Mengapa? Sebab, seseorang yang gemar membaca akan merasa terhibur dan jarang bosan. Manfaat yang sudah jelas kita dapatkan dari membaca buku adalah meningkatnya pengetahuan tentang dunia. Selain itu ada berbagai manfaat lain yang didapatkan dari membaca. Beberapa diantaranya:

1. Dapat Mendorong Tujuan Hidup Seseorang

Menurut penelitian Ohio State University menyatakan bahwa dengan membaca buku dapat membantu seseorang untuk mendapatkan motivasi dalam mengatasi berbagai macan hambatan, sehingga nantinya dapat membantu dalam mencapai tujuan hidupnya.

2. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial

Kegiatan gemar membaca juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana ia bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik dan kehidupan sosial suatu masyarakat. 

3. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori

Kebiasaan membaca buku akan memengaruhi setiap memori dan membantu otak untuk ditempa semakin kuat. Tak heran jika kegiatan membaca buku dapat membuat seseorang lebih mudah mengingat suatu hal daripada yang tidak pernah membaca buku.

4. Dapat Memperluas Pemikiran Seseorang

Seseorang yang gemar membaca telah dilaporkan memiliki tingkat krearivitas yang tinggi daripada orang yang tidak atau kurang gemar membaca. Dengan kegiatan membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang nantinya bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan dalam memutuskan sesuatu.

5. Dapat Lebih Berhemat

Dengan membaca buku akan membawa dampak pada segi perekonomian. Dimana dengan membaca buku dapat menghemat uang daripada harus bersusah payah mencari jasa penyedia informasi atau hiburan lainnya, contohnya bioskop. 

 Sayangnya, kebiasaan membaca buku belakangan ini sudah mulai menurun bahkan sudah mulai ditinggalkan. Ada berbagai alasan buku mulai ditinggalkan, misalnya kesibukan seseorang dengan kegiatannya, berkembangnya teknologi dan internet yang semakin mudah untuk mengakses informasi, dan lain sebagainya.

 

Biodata Penulis

- Nama: Laila Shofiyah Rizky Rahmadhani

- Sekolah: MTsN 1 Jember

- Alamat Email: [email protected]

- Nomor WA: 082237816334

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post