Khanza Dwi Mulia

hiii, namaku khanza dwi mulia. aku berasal dari kota Padang. aku berstatus sebagai siswi di SMPN 24 Padang. baca tulisan ku ya. maciii ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas

Pada zaman sekarang, isitilah pergaulan bebas sudah tidak asing lagi. Pergaulan bebas sudah merajalela dimana mana, termasuk di Indonesia sendiri. Pergaulan bebas banyak memberikan dampak buruk untuk generasi sekarang dan generasi yang akan dating. Oleh karena itu, mari simak apa itu pergaulan bebas, contohnya dan cara mencegahnya.

· Apa sih pergaulan bebas itu ?

Pergaulan bebas adalah perilaku individua tau kelompok yang menyimpang, bersifat bebas, dan tidak memiliki aturan. Pergaulan bebas juga dapat diartikan sebagai perilaku yang menyimpang dari norma social dan masyarkat.

· Menurut beberapa pendapat, pergaulan bebas merupakan kumpulan dari beberapa perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial, dan tidak terikat peraturan baik undang-undang maupun hukum agama serta ada istiadat, sehingga menyebabkan tindakan yang menyimpang atau kriminalitas.

Nah, dari pengertian ini dapat kita ketahui bahwa pergaulan bebas itu sangatlah tidak baik, karena tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Selanjutnya, mari kita bahas mengenai ‘’Apa saja sih penyebab pergaulan bebas itu ?’’

v Penyebab dari pergaulan bebas :

1. Tingkat Pendidikan keluarga yang minim.

- Lingkungan keluarga adalah salah satu factor yang paling kuat yang memengaruhi tindakan dan perilaku remaja di masyarakat. Rendahnya Pendidikan keluarga, membuat remaja menjadi tidak tahu manakah yang baik dan manakah yang benar. Sehingga menyebabkan remaja terjerumus kedalam hal-hal yang tidak baik.

2. Broken Home.

- Kondisi anak yang mengalami broken home kerap kali merasakan lelah fisik maupun mental. Anak broken home juga sering mendapatkan sedikit perhatian dan pengawasan dari kedua orang tuanya. Hal ini menyebabkan para korban broken home mencoba mencari pelarian, salah satunya adalah pergaulan bebas.

3. Kondisi lingkungan.

- Kondisi lingkungan memengaruhi karakter dan perilaku seseorang. Remaja yang sedang mencari jati diri harus bisa memilih lingkungan yang baik, agar tidak terjerumus kedalam hal yang tidak baik. Akan tetapi, banyak remaja saat ini yang sudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar mereka yang tidak baik. Sehingga menyebabkan banyak dari remaja zaman sekarang yang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

4. Penyalahgunaan Internet.

- Saat ini kemajuan teknologi sudah berkembang dengan pesat. Banyak hal yang bisa kita akses hanya dengan menggunakan tenologi. Internet salah satu contoh dari perkembangan teknologi. Dengan internet kita bisa mencari apapun yang kita inginkan. Internet juga sangat berbahaya, karena resiko remaja meniru konten-konten yang tidak pantas diinternet sangatlah tinggi. Banyak sekali remaja saat ini yang menggunakan internet untuk hal-hal yang negative, hingga menejerumuskan mereka kedalam hal yang tidak baik.

Yap, itu adalah beberapa dari penyebab dari pergaulan bebas. Remaja saat ini sangat membutuhkan pengawasan dari orang tua serta pembelajaran tentang pergaulan bebas, agar mereka tidak terjerumus kedalamnya.

Baiklah, saatnya kita masuk kedalam pembahasan tentang, ‘’Apa aja sih bentuk dari pergaulan bebas itu ?’’

Ø Bentuk-bentuk pergaulan bebas :

1. Mengkonsumsi Narkoba.

- Banyak dari remaja saat ini yang mengkonsumsi narkoba, padahal hal ini sangat dilarang oleh aturan pemerintah maupun aturan agama. Remaja saat ini mengkonsumsi narkoba dikarenakan beberapa hal, yakni : pengaruh depresi/stress, pengaruh rasa ingin tahu yang tinggi, pengaruh teman/lingkungan, dll.

2. Seks bebas

- Salah satu hal yang terjadi saat ini adalah seks bebas yang semakin marak dikalangan remaja. Data menunjukkan bahwa, dari perilaku seks bebas, setiap tahun kira-kira 15 juta remaja berusia 15-19 tahun melahirkan, 4 juta melakukan aborsi, dan hampir 100 juta terinfeksi Penyakit Menular Seksual (PMS). Seks bebas ini terjadi karena, Rendahnya control diri, rendahnya kesadaran diri terhadap bahaya dari seks bebas, kurangnya Pendidikan dan ilmu agama, serta gaya hidup yang kurang baik.

3. Tawuran

- Saat ini tawuran sangat marak dikalangan remaja, apalagi kalangan remaja laki-laki. Tawuran kebanyakan terjadi karena, adanya permusuhan sehingga terjadilah perkelahian. Tawuran juga terjadi karena emosi seseorang, remaja saat ini sulit mengendalikan emosinya, sehingga dengan sulit menahan amarah yang bisa memicu pertengkaran.

Nah, itulah beberapa dari bentuk pergaulan bebas. Karena sudah mengetahuinya maka kita harus menghindarinya.

Pergaulan bebas sangatlah berbahaya, banyak sekali hal hal yang berdampak buruk bagi kita, contohnya saja kondisi Kesehatan bisa menurun yang menyebabkan kematian, menyebabkan rasa malu karena telah melakukan hal buruk, dijauhi dan dibenci oleh banyak orang, dll.

Pergaulan bebas sangatlah tidak baik, oleh karena itu marilah kita menghindarinya. Cara menghindari pergaulan bebas, yakni mendalami pengetahuan tentang pergaulan bebas, orang tua harus mengawasi anak-anak, mendekatkan diri kepada Tuhan, belajar mengontrol diri dan amarah, serta menahan rasa penasaran kepada suati hal yang tidak baik.

Marilah kita jauhi pergaulan bebas untuk meraih masa depan yang cerah dan bahagia. Serta mari kita lawan pergaulan bebas, agar generasi yang akan datang akan lebih baik lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post