Keysha Naila A

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MEMBACA ADALAH CERMINAN MASA DEPAN

mbaca merupakan kunci untuk mencapai masa depan cerah. Hal ini penting untuk meningkatkan kesempatan orang tersebut dalam mencapai masa depan yang cerah.

Namun, menurut hasil Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2015, Indonesia menempati urutan 66 dari 72 negara yang disurvei tentang kemampuan siswa dalam membaca. Dari hasil PISA tersebut, para pelajar Indonesia meraih skor 397 dalam kemampuan membaca. Dibanding negara tetangga, Indonesia tertinggal dari Malaysia di peringkat 43 dengan skor 431, dan Singapura di peringkat pertama dengan skor 535. Selain itu, berdasarkan data UNESCO minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah. Dimana hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

Padahal membaca memberikan banyak manfaat bagi kita, apalagi untuk anak-anak dan remaja yang sedang dalam tahap perkembangan dan pencarian jati diri. Dengan membaca kita akan mendapatkan informasi, ilmu dan wawasan dari para pendahulu kita yang sudah kenyang dengan ilmu dan pengalaman hidup. Itulah sebabnya kenapa kita harus mulai berbenah diri dengan memulai membaca. Memang memulai sesuatu yang baru apalagi menjadikannya sebuah kebiasaan itu tidak mudah. Namun tidak ada kata sulit bagi kita yang mau berusaha dan mencari solusinya. Beberapa cara untuk meningkatkan minat baca adalah:

1. Membaca buku yang sesuai dengan minat atau kesukaan.

Dengan membaca sesuatu yang menarik bagi Anda, maka kita akan lebih terdorong untuk mulai membaca.

2. Membuat jadwal untuk membaca.

Carilah waktu yang tepat untuk membaca, misalnya sebelum tidur atau saat jam istirahat baik di sekolah, kampus atau kantor. Dengan memiliki jadwal membaca maka kita akan lebih termotivasi untuk melakukannya secara rutin.

3. Membaca di tempat yang nyaman.

Carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk membaca, seperti di kamar atau di taman. Dengan membaca di tempat yang nyaman atau favorit, Anda akan lebih mudah fokus dan terdorong untuk terus membaca lebih lama lagi.

4. Bergabung dengan kelompok baca.

Bergabung dengan kelompok baca atau forum baca online agar bisa bertukar pikiran dan ide dengan orang lain yang juga suka membaca. Ini dapat membantu Anda menemukan buku-buku baru yang menarik dan meningkatkan minat baca Anda. Terkadang setiap anggota yang sudah kenal dekat saling meminjamkan buku.

Selain minat baca, tanpa kita sadari membaca memiliki banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Beberapa manfaat membaca adalah:

1. Melatih otak

Membaca buku sangat baik sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir, menganalisis berbagai masalah, mencari jalan keluar dan solusi hingga menemukan hal-hal baru. Kegiatan-kegiatan ini dapat membuat orang semakin cerdas karena sel-sel otak terus dimaksimalkan potensinya dan tidak dibiarkan terlelap dalam tidur panjangnya.

2. Memiliki Tingkat Konsentrasi yang Baik

Orang yang membaca buku biasanya memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Membaca buku membuat otak kita fokus dan konsentrasi. Hal ini membantu kita dalam mengembangkan keterampilan objektivitas.

3. Menumbuhkan Kemampuan Menulis

Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk banyak menulis, seperti seorang jurnalis, public relation, atau bahkan musisi, membaca buku sangat disarankan. Buku yang ditulis dengan baik bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam menyusun kata-kata yang indah dan menarik.

4. Meredakan Stres

Tidak peduli betapa beratnya rutinitas, seperti beban pekerjaan atau permasalahan hubungan dengan pasangan, rangkaian kata yang indah bisa memancing otak untuk rileks. Novel atau cerita fiksi yang ditulis dengan indah bisa memancing otak untuk sejenak melupakan beban yang ada sehingga stres kita pun bisa berkurang.

5. Mengetahui informasi yang teraktual

Tak jarang buku memuat berbagai informasi, misalnya saja majalah, dengan membaca majalah, kita mengetahui informasi ter update. Sebab, majalah banyak memuat informasi yang mencakup harga produk, lomba dan lain-lain.

6. Mendapatkan motivasi

Saat ini banyak buku biografi orang-orang sukses. Jadi, jika kita membaca buku biografi seorang yang sukses, kita bisa termotivasi untuk mencapai cita-cita. Sebab dalam buku tersebut berisi tentang perjalanan hidup dan perjuangan orang tersebut hingga menjadi sukses.

7. Sebagai media penghibur

Selain buku pendidikan, majalah, buku biografi, banyak juga diproduksi buku hiburan seperti komik dan novel. Biasanya buku ini berisi cerita fiksi. Jadi, kita bisa membaca buku ini di waktu senggang, sehingga kita bisa merasa lebih terhibur.

Setelah membaca tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa membaca dapat membawa masa depan yang cerah bagi kita. Penting untuk membiasakan diri membaca secara rutin dan memilih bahan bacaan berkualitas yang relevan dengan minat dan tujuan kita. Jadi, jika ingin masa depan yang lebih cerah dan terjamin, yuk banyak-banyak membaca!

Nama lengkap: Keysha Naila Adilah

Tempat, Tanggal Lahir: Jember, 16 Agustus 2009

Asal Sekolah: MTsN 1 Jember

E-mail: [email protected]

No WhatsApp: 081259578905

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post