Kayla Raditya

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka, Penting atau Tidak?

Pramuka, Penting atau Tidak?

Pramuka, Penting atau Tidak?

Pramuka. Merupakan suatu hal yang sangat dikenali oleh para siswa sejak tingkat dasar hingga akhir. Namun, perlu diketahui bahwa Pramuka tak jarang disepelekan oleh para siswa, mereka cenderung memilih untuk membolos, meremehkan, dan mungkin saja ikut – tetapi tak memperhatikan apa yang dipelajari.

Walau nyatanya, menurut saya Pramuka merupakan salah satu kegiatan wajib dan akan berguna sewaktu-waktu. Pramuka tak hanya mengajarkan fisik, tetapi juga batin. Melalui fisik, bagaimana seseorang menjadi lebih aktif, kreatif, terampil, dan juga mandiri. Melalui Batin, kita kita diajarkan untuk selalu patuh kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghormati ayah ibu, menolong sesama, dan juga cinta alam.

Sesuai dengan beberapa isi dari Dasa Darma Pramuka,

“Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa”

“Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”

“Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat”

“Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan”

Pramuka mengajarkan kita banyak kebaikan. Kita diajarkan untuk selalu bertaqwa, mencintai alam, dan saling menyayangi sesama manusia. Bagaimana seseorang menjadi manusia yang lebih berbudi pekerti dan juga menyayangi alam dan juga manusia. Dengan begitu, menjadi seorang pramuka sejati -- kita harus mematuhinya agar kita bisa menjadi seseorang yang lebih baik. Baik hati dan juga baik fisik.

Pada topik berikutnya,

Pramuka tidak menyenangkan, untuk apa mengikuti pramuka?

Secara tak sadar, banyak siswa yang mengungkapkan pernyataan maupun pertanyaan yang menyepelekan pramuka. Padahal, banyak hal yang mereka bisa lakukan berdasar pada Pramuka. Kita bisa menali sesuatu sesuai dengan kebutuhan, menggunakan kode-kode tertentu, dan juga bisa membangun tenda yang ternyata kemampuan itu dipelajari melalui pramuka.

Kita bisa melakukan pertolongan pertama kepada sesama, membuat tandu, dan bisa menjadi kreatif dalam membuat lirik lagu – darimana dasarnya? Pramuka. Mungkin terlihat tidak berguna di masa sekarang, tetapi pramuka benar – benar berdampak banyak pada kehidupan kita dengan penyampaian tersendiri.

Pramuka tidaklah seru.

Namun, apakah kalian melupakan keseruan saat diadakannya Persami yang diadakan sekolah? Belajar membangun tenda, baris berbaris, membuat sesuatu dengan dasar tali temali, membuat sebuah karya yang biasa kita sebut dengan hasta karya, mengerjakan soal-soal pengetahuan umum yang bisa menambah wawasan, dan juga banyak kegiatan serta permainan kekompakan. Tidaklah kegiatan-kegiatan tersebut yang ada di dalam Pramuka merupakan suatu hal yang menyenangkan?

Kita membuat yel-yel, mengkolaborasikannya dengan gerakan-gerakan sesuai kreativitas kita, dan meneriakkannya dengan lantang di depan teman-teman lain. Hal tersebut, benar – benar melatih kekompakan.

Pramuka juga melatih kita agar tetap bisa bertahan hidup dalam keadaan apapun. Kita tersesat di hutan, di Pramuka – kita sudah diajarkan bagaimana cara menentukan arah dengan bantuan kompas, membuat sesuatu dari tali dan tongkat yang bisa kita aplikasikan di alat – alat lain. bagaimana cara membuat api unggun, dan banyak lagi.

Mungkin sekarang kita merasa tidak perlu, tetapi bukankah kita tetap harus bisa melakukan dasar-dasar agar tetap bisa hidup? Ada beberapa hal dasar yang tidak diajarkan di rumah, sekolah, dan di lingkungan lain. namun, diajarkan di dalam pramuka.

Itulah mengapa pentingnya kita harus menjadi pemuda-pemudi dengan memupuk diri di dalam pramuka. Pramuka mengajarkan budi pekerti, bagaimana cara berhubungan antar manusia, kemandirian, kreativitas, dasar-dasar kehidupan yang tidak bisa kita temukan di tempat kita tinggal, dan lain-lainnya.

Pramuka itu menyenangkan, bermanfaat, dan menjadikan pemuda-pemudi Indonesia yang berbangsa dan bernegara.

Salam literasi!

Haii! Namaku Kayla Raditya Ramadhani, biasa dipanggil Kayla. Aku lahir di Grobogan pada 07 Oktober 2007. Kini aku adalah seorang siswi yang bersekolah di SMP Negeri 1 Purwodadi. Aku memiliki hobi seperti bermain piano, memanah, membaca buku, dan menulis cerita. Cita-citaku menjadi diplomat. Untuk info lebih lanjut, yuk mampir ke instagramku! @/kaylaaradityaa

Terima kasiih!!

Alamat email : [email protected]

Nomor whatsapp : 081225612714

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post