Kalila Raya Nashita Dyska

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tidak Selamanya Berbahaya, Pintar Bersama Teknologi Dengan Bijak Juga Bisa!

Tidak Selamanya Berbahaya, Pintar Bersama Teknologi Dengan Bijak Juga Bisa!

Oleh : Kalila Raya Nashita Dyska

Zaman sekarang, pastinya sudah tak asing lagi dengan kata "Teknologi" apalagi, di kalangan anak muda. Dapat kita ketahui, teknologi ialah ilmu ciptaan manusia yang berhubungan dengan mesin atau alat yang dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia sehari-hari. Pada zaman modern ini, sudah banyak teknologi yang berkembang seperti komputer, laptop, smartphone atau yang biasa kita sebut ponsel. Didalam ponsel pun, terdapat aplikasi, website, dan lain sebagainya. Yang lebih canggih, terdapat website AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Sehingga teknologi menjadi kebutuhan penting bagi bidang pelayanan publik dunia layanan , industri , perkantoran , pendidikan , dunia perdagangan, teknik, dan lain sebagainya.

Meskipun teknologi terlihat sangat memudahkan atau pun menyenangkan, tetapi tetap diperlukan untuk memperhatikan dampak negatif dari teknologi. Sebagai contoh, di dunia ini tidak semua orang itu baik, pastinya ada orang yang memiliki niat buruk bagi siapapun itu bahkan melalui teknologi. Mereka dapat membuat sebuah website yang bisa membuat gadget kita terkena virus (hack). Yang pada akhirnya menyedot berkas berkas kita yang terdapat dalam gadget. Sisi negatif dari teknologi sekarang adalah mudahnya terhipnotis sehingga tidak sedikit yang menyukai dunia maya dan melupakan dunia nyata. Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, dan hal ini juga mempengaruhi pada banyak anak-anak hingga remaja. Kemajuan teknologi saat ini membuat budaya tradisional semakin tidak diminati. Selain itu, sangat berdampak pada kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya.

Lalu, bagaimana cara agar pengguna teknologi tidak kecanduan dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik?

Dapat dimulai dari tindakan menghindari mengecek gadget pada pagi hari atau saat baru bangun dari tidur. Hal ini tanpa disadari sangatlah menghabiskan waktu, padahal dengan waktu itu dapat dilakukan untuk melakukan hal hal yang lebih bermanfaat. Ini menjadi penyebab berkurangnya produktivitas. Yang kedua, memperbanyak kegiatan sosial. Dari hal hal kecil yaitu membantu membersihkan rumah, bergotong royong, atau pun mengikuti program sosial yang dapat mengurangi waktu untuk membuka gadget. Ketiga, manfaatkan teknologi untuk hal hal yang bermanfaat untuk masa depan yang cerah. Setiap orang dapat mencoba untuk berkarya. Salah satu karya yang sedang saya pikirkan yaitu coding. Dalam bahasa yang sederhana, coding adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Tentu saja, coding terbuka luas untuk siapa saja yang mau mempelajarinya. Penemu coding (pemprograman) ialah Ada Lovelace, sang pencipta bahasa pemprograman pertama sekaligus programmer pertama di dunia.

Apa saja Manfaat Coding?

Coding sangatlah bermanfaat, bagi diri sendiri, coding membuat kita melatih ketelitian. Karena dengan coding, kita akan berlatih untuk memahami ratusan hingga ribuan kode yang terdapat dalam suatu program. Mempelajari coding sangat bermanfaat untuk melatih daya pikir seseorang. Dalam coding, kita berlatih untuk melihat logika untuk membangun suatu algoritma. Melatih otak dan nalar pada akhirnya akan mengembangkan potensi diri. Darimana kah kita dapat mempelajari coding? Menurut aliran empirisme, manusia memperoleh pengetahuan melalui pengalaman melalui indera, yang diperoleh melalui pengamatan, penelitian, dan percobaan. Pastinya, dalam teknologi pun kita dapat mencari banyak informasi atau ilmu yang ingin kita dapatkan termasuk coding.

Disini, sudah dapat kita ketahui, bahwa teknologi itu sudah pasti memiliki dampak negatif serta dampak positif sesuai niat yang ingin kita lakukan. Jika kita berniat buruk, jelas akan banyak dampak buruk yang datang. Jika kita berniat baik, sudah dapat dipastikan dampak positif akan berdatangan. Perkembangan zaman tidak selamanya memberikan dampak negatif, selama kita berniat baik. Jadi, gunakanlah teknologi dengan baik. Manfaatkanlah perkembangan zaman ini untuk membentuk hal hal yang baik. Gunakan dengan Bijak, Teknologi pasti membantumu.

Bio Penulis

Assalamualaikum!

Namaku Kalila Raya Nashita Dyska. Panggil saja aku Shita, ya! Aku lahir di Jember, 25 Desember 2009. Sekarang, aku duduk dikelas 7 dan aku bersekolah di MTs Negeri 1 Jember. Sejak aku duduk di kelas 3 SD, aku sudah memiliki hobi menulis, menggambar, dan mendengarkan musik!

Hubungi aku! E-mail ku [email protected] dan nomor Whatsapp ku 085233003150 atau di Instagram @sueshietta.

Terimakasih!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post