Kalila Raya Nashita Dyska

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas untuk Meraih Masa Depan yang Lebih Baik

Oleh: Kalila Raya Nashita Dyska

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) produktif adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Produktif ialah sebuah kemampuan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan dapat menghemat waktu. Jika seseorang mau mencoba menjadi produktif, maka artinya ia mau mencoba untuk mencapai tujuan dan dapat meluangkan waktu untuk hal-hal penting lainnya. Produktif bukanlah membebankan diri dengan banyak pekerjaan tanpa istirahat. Hal-hal yang berkaitan dengan produktivitas adalah mengatur waktu dengan tepat, melakukan pekerjaan yang positif, tidak membuang waktu dengan hal yang tidak penting, serta terus aktif dalam kegiatan positif. Melakukan kegiatan yang disukai pun dapat menjadi sangat produktif daripada tak melakukan apa-apa seharian. Seorang pelajar, tentu wajib memiliki sifat produktif. Dengan produktif, pelajar dapat menjalani kehidupannya dengan teratur.

Adapun kreativitas yang memiliki arti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring (2016), kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk mencipta. Kreativitas berarti kemampuan seseorang untuk menciptakan suatu karya baru baik itu karya yang benar benar baru atau karya yang berkolaborasi dengan karya baru lainnya. Adanya kemampuan untuk melahirkan sesuatu yang baru yang berupa pikiran maupun karya nyata dalam mengerjakan persoalan hidup bagi orang kreatif. Dengan kreativitas, seseorang dapat dengan mudah mengatasi permasalahan sehari-hari dalam hidupnya, mengeluarkan ide-ide cemerlang, serta menjadikan diri menjadi lebih produktif. Adapun manfaat kreativitas yaitu dapat meningkatkan inovasi, kreativitas memungkinkan seseorang untuk menciptakan solusi baru dan inivatif untuk masalah yang ada. Inovasi sangat penting dalam mengembangkan bisnis, teknologi, dan masyarakat secara keseluruhan.

Pada zaman modern saat ini, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "Teknologi". Produktivitas dan kreativitas dapat ditingkatkan juga melalui teknologi. Seseorang tentu dapat berlatih untuk memberikan ide-ide yang cemerlang bagi masa depan yang cerah. Dengan teknologi, seseorang dapat meningkatkan akses informasi mengenai ide-ide baru dan solusi untuk masalah yang ada, meningkatkan kolaborasi antara individu atau tim yang berbeda lokasi dengan lebih mudah dan tentunya sangat bermanfaat dalam dunia bekerja, meningkatkan kreativitas karena teknologi dapat membantu seseorang untuk mengekspresikan diri secara kreatif melalui berbagai macam media seperti video, foto, gambar, dan musik. Maka dari itu, peran teknologi dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas sangatlah penting.

Pelajar sangatlah memerlukan sifat profuktivitas dan kreativitas agar mereka dapat menghadapi berbagai macam masalah kehidupan kedepannya. Dengan menjadi pelajar yang produktif, pasti akan selalu merasa bersemangat karena mempunya target yang harus diselesaikan. Salah satu keuntungan menjadi pelajar yang produktif, ialah memiliki waktu luang yang lebih banyak daripada orang lain. Dengan produktif, seseorang dapat bersantai setelah menyelesaikan target. Sedangkan kreativitas dapat meningkatkan mutu pendidikan dan proses pembelajaran sehingga pelajar mampu memecahkan masalah, mengeluarkan ide-ide cemerlang, dan mengambil keputusan serta memiliki rasa ingin tahu dalam belajar. Maka dari itu pelajar perlu memiliki sifat produktivitas dan kreativitas agar mereka dapat mengubah masa depan mereka menjadi lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post