Dinda Yanti Alivia Kamila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Semangat Membara Prestasi depan Mata

Semangat Membara Prestasi depan Mata

SEMANGAT MEMBARA PRESTASI DEPAN MATA

Penulis: Dinda Yanti Alivia Kamila

Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati, yang diperoleh dengan usaha yang keras dalam bidang kegiatan tertentu.

Dalam suatu kehidupan, manusia pasti mendambakan tentang suatu prestasi. Seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah meraih hasil dari apa yang diusahakannya. Tentunya, prestasi tidak didapatkan secara cuma-cuma, prestasi tentunya butuh usaha dan semangat dalam diri kita. Semangat dan usaha merupakan kunci utama dalam meraih prestasi. Jika kita hanya melakukan salah satu dari kedua hal tersebut, kecil kemungkinan untuk kita dapat meraih prestasi

Pertama-tama kita harus berfikir tentang bagaimana cara meningkatkan semangat yang ada pada diri kita agar kita dapat lebih serius berusaha dalam meraih prestasi. Semangat merupakan tombak utama yang kita butuhkan untuk menggapai segala sesuatu yang kita inginkan. Jika kita bermalas-malasan, pasti prestasi akan hilang dari pandangan. Kita harus mengobarkan api semangat dalam diri kita agar kita dapat lebih fokus da lebih gencar dalam berusaha untuk meraih prestasi. Prestasi tentunya membutuhkan dukungan dari kedua hal tersebut, apalagi jika kita sudah memiliki potensi dalam diri, hal tersebut akan lebih memudahkan kita dalam meraih prestasi.

Namun terkadang, banyak pelajar yang memiliki potensi untuk mendapatkan prestasi, namun mereka tidak menanamkan semangat dalam diri mereka untuk mengembangkan potensi tersebut, alhasil potensi mereka menjadi terabaikan dan mungkin akan hilang pada suatu hari jika potensi tersebut tidak dikembangkan. Hal seperti inilah yang menghambat seseorang untuk meraih prestasi, namun dibalik itu semua, pasti ada faktor-faktor yang menyebabkan seseorang lebih memilih untuk tidak mengembangkan potensi nya. Namun adapula yang hanya karena kemalasan semata

Contohnya saya, guru-guru saya mengatakan bahwa saya berpotensi dalam bidang pidato. Namun ketika ada lomba yang menghadirkan pidato di dalamnya, saya enggan untuk mengikuti lomba tersebut. Tidak ada keminatan ataupun semangat dalam diri saya untuk mengikuti lomba pidato, hanya karena alasan malas untuk menghafal dan takut akan kekalahan. Alhasil sekarang saya menjadi kurang percaya diri untuk berdiri di hadapan orang banyak karena potensi saya sudah lama tidak dikembangkan.

Perilaku saya tidak patut untuk dicontoh, kita tidak boleh menyerah hanya karena ketakutan akan kegagalan, kita juga harus melawan rasa malas yang tertanam dalam diri. Jangan biarkan hal tersebut menghapus segala semangat yang ada

Malas adalah masalah utama dalam proses menggapai prestasi, kita harus berusaha untuk menghapus rasa malas yang ada dalam diri, sehingga semangat kita bisa berkobar kembali.

Kekalahan adalah suatu hal yang biasa dalam perlombaan, kita harus mengabaikan segala ketakutan akan kekalahan yang muncul pada diri kita, kita harus tetap fokus terhadap tujuan utama meraih prestasi, rasa malas dan takut hanya akan membuat kita tidak percaya diri akan potensi yang kita miliki. Seperti yang ditulis sebelumnya, prestasi tidak didapat secara cuma-cuma, kita harus bersaing untuk meraih suatu prestasi, di dalam persaingan terdapat menang dan kalah, apapun hasilnya, kita harus tetap menanamkan semangat dalam diri untuk terus mencoba. Kita akan dapat merasakan buah manis dari semangat dan usaha keras kita suatu hari nanti. Karena semua usaha pasti akan menghasilkan hasil meskipun secara perlahan, maka dari itu, yang harus kita lakukan hanyalah terus berusaha dan bersemangat serta tidak menyerah hanya karena suatu kegagalan.

Kita tidak boleh putus asa hanya karena suatu kegagalan. Kegagalan seharusnya menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk mengevaluasi. Dengan kekalahan, kita pasti akan terdorong untuk melakukan usaha yang lebih keras. Sehingga kita pasti akan dapat menghasilkan prestasi dari usaha yang lebih baik dari yang kita lakukan sebelumnya.

Dinda Yanti Alivia Kamila, lahir di Jember pada tanggal 13 Juli tahun 2008. Seorang siswi yang bersekolah di MTsN 1 Jember dan bertempat tinggal di Krajan Tempurejo

Alamat email yang bisa dihubungi kapanpun dan dimanapun [email protected]

Nomor wa aktif jika tidak offline 085731221490

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post