Dinda Yanti Alivia Kamila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bacaanku Karyaku

Bacaanku Karyaku

BACAANKU KARYAKU

Penulis: Dinda Yanti Alivia Kamila

Seperti yang kita ketahui, membaca merupakan jendela dunia. Dan juga membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis dan dibaca. Membaca sangat penting bagi semua kalangan, membaca dapat memberikan wawasan lebih terhadap seseorang. Terutama ketika orang tersebut ingin membuat suatu karya,

Namun, banyak masyarakat yang masih malas untuk berliterasi, padahal hal tersebut sangat penting terutama ketika membuat suatu karya. Karya tidak akan sempurna jika tidak didahului oleh membaca untuk mencari informasi dan wawasan yang lebih luas tentang karya yang akan dibuat. Tidak hanya itu, membaca juga dapat membuat kita mendapatkan ide baru tentang karya yang akan kita buat, alhasil dengan ide tersebut kita dapat merangkai dan membuat suatu karya yang terbaik berkat informasi dan wawasan yang kita dapatkan dari membaca.

Banyak sekali dampak positif membaca, misalnya meningkatkan pengetahuan, dengan membaca, kita dapat mengembangkan segala kemampuan yang kita miliki karena di dalam buku terdapat banyak sekali informasi yang tidak kita ketahui sebelumnya dan sangat kita butuhkan. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi, hal ini dapat kita manfaatkan dalam membuat suatu karya, dengan kreativitas dan imajinasi yang sudah terbentuk dari membaca, kita dapat membuat karya yang terbaik dan menarik.

Namun membaca juga dapat menimbulkan dampak negatif jika kita berlebihan dalam membaca, misalnya kita menjadi tidak dapat bersosialisasi dengan orang lain, hal tersebut terjadi karena kita selalu mengurung diri untuk membaca dan menganggap bahwa sosialisasi itu tidak penting. Dan juga membaca secara berlebihan dapat menimbulkan sifat sombong, karena merasa bahwa dirinya sudah mempunyai banyak ilmu dan wawasan yang dia dapatkan dari membaca.

Jika kita menyikapi dengan cara membaca yang cukup dan tidak berlebihan, maka dampak negatif tersebut tidak akan muncul. Seperti halnya pengalaman saya dalam berkarya, saat pertama kali saya membuat tulisan, saya merasa bingung tentang apa yang akan saya tulis yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan, saya hanya menulis apa yang saya bisa dan acuh terhadap hasil karya tulisan yang saya buat pertama kali tersebut. Namun saya sadar bahwa saya tidak boleh selamanya merangkai karya tulisan seperti itu, jadi saya mulai membaca artikel tentang cara menyusun sebuah tulisan, dan juga saya membaca tulisan orang lain yang berhubungan dengan tema yang diberikan sebagai refrensi tulisan saya. Setelah saya menerapkan hal tersebut, saya merasa puas dengan hasil karya tulisan saya, topik yang dibiarakan menjadi sesuai dengan tema, tatanan bahasa dan tulisan yang lebih baik, dan juga saya mendapatkan prestasi atas karya saya yang dimulai dengan membaca. Saya sangat senang karena saya telah memutuskan untuk membaca untuk memperluas wawasan saya dan membuat karya tulisan saya menjadi lebih baik dari karya saya yang sebelumnya.

Oleh karena itu, masyarakat seharusnya meningkatkan semangat literasi agar wawasan kita lebih luas dan dapat berpikir kritis, terutama bagi masyarakat yang ingin berkarya, karena dengan membaca kita dapat mengetahui sesuatu yang asing bagi kita dan karya kita dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya karena berbagai informasi yang kita dapat dengan membaca. Membaca dapat membuka jalan untuk kesuksesan yang dimana akan membuat karya kita menjadi lebih baik dan dilirik oleh orang lain sehingga kita dapat membuka bisnis dari hal tersebut, yang akan menuntun kita menuju kesuksesan. Sebaiknya kita luangkan waktu untuk membaca walaupun sebentar karena membaca merupakan bekal untuk kita hidup nantinya. Kita tidak bisa hidup tanpa ilmu, dan salah satu cara mendapat ilmu yakni dengan membaca dan memahami tentang apa yang telah kita baca.

Dinda Yanti Alivia Kamila, lahir di Jember pada tanggal 13 Juli tahun 2008. Seorang siswi yang bersekolah di MTsN 1 Jember dan bertempat tinggal di Krajan Tempurejo

Alamat email yang bisa dihubungi kapanpun dan dimanapun [email protected]

Nomor wa aktif jika tidak offline 085731221490

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post