Indah Wulandari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Perpustakaan, Paspor Menjadi Penulis Hebat

Perpustakaan, Paspor Menjadi Penulis Hebat

Perpustakaan, Paspor Menjadi Penulis Hebat

Oleh: Indah Wulandari

SMPN 3 BANGSALSARI

Perpustakaan sebuah kata yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun pemahaman tentang perpustakaan bagi sebagian orang, nampaknya masih konvensional. Perpustakaan masih dianggap sebagai tempat menyimpan buku, atau gudang buku. Padahal dengan semakin berkembangnya ilmu, fungsi dan tugas perpustakaan juga ikut berkembang.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang perpustakaan, perlu diketahui definisi dari perpustakaan. Sebagian seseorang mendefinisikan perpustakaan adalah gudang ilmu, sumber informasi yang penting yang dapat menguak untuk masa mendatang. Perpustakaan bersifat universal, artinya siapapun, usia berapapun, apapun pekerjaannya dapat belajar dan mencari informasi di perpustakaan. Dan sebagian ada yang mendefinisikan perpustakaan merupakan tempat pengumpulan pengetahuan secara tercetak dan terekam. Lalu apa definisi perpustakaan menurut versi kalian?

Tentunya ketika mendengar kata perpustakaan hal yang muncul dibenak kalian adalah perpustakaan di sekolah bukan? Lalu apa definisi perpustakaan sekolah? ialah perpustakaan yang dimiliki sekolah dan dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan. Tak urung banyak yang menyimpulkan perpustakaan diibaratkan seperti suatu rumah yang ditempati oleh banyak orang dengan berbagai macam keyakinan, dari latar belakang yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama.

Ada pula yang menyimpulkan perpustakaan ibarat jantungnya sekolah. Artinya kehadiran perpustakaan di sekolah sangat penting. Selain dijadikan ajang untuk memperluas cakrawala ilmu pengetahuan melalui kegiatan membaca.

Jika perpustakaan diibaratkan sebagai jantung, maka membaca adalah nyawanya. Jantung tidak bisa berdenyut bila tidak ada nyawa. Sehingga perpustakaan sekolah sangat penting bagi penunjang siswa dalam belajar.

Perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting yakni untuk mendukung agar siswa gemar membaca, meningkatkan literasi informasi, menambah wawasan, juga untuk memenuhi kebutuhan siswa agar lebih memperdalam ilmu pengetahuan dan mampu mengubah karakter siswa dari tidak suka membaca menjadi suka membaca.

Perpustakaan merupakan jendela dunia, siswa bisa mengetahui dan memahami perkembangan zaman melalui membaca. Dengan gemar membaca akan menambah pengetahuan seseorang. Mereka yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, mereka yang sudah tahu menjadi lebih pintar. Namun di era sekarang ini peminat perpustakaan nampaknya sudah mulai jauh dan berkurang. Tidak semua siswa berminat pergi keperpustakaan. Disaat istirahat masih banyak siswa memilih bermain atau jajan daripada membaca buku di perpustakaan. Hal itulah yang menyebabkan masih kurangnya minat membaca para siswa. Seperti diriku selama ini menurutku ruang perpustakaan terkesan sebagai ruang yang serius dan kaku. Itu membuatku enggan untuk pergi keruangan itu. Dapat dilihat ruangan itu hanya berisikan tumpukan buku-buku yang sialnya membuatku pusing setiap kali melihatnya. Namun itu tak berlangsung lama ketika diriku melihat temanku dengan lancarnya menceritakan berbagai cerita sejarah yang telah Ia baca di ruang perpustakaan.

Hal itu membuatku tertarik dan penasaran. Aku mulai mencoba untuk berkunjung ke ruang perpustakaan. Membaca berbagai buku yang menurutku menarik. Setelah membaca banyak sekali pengetahuan dan wawasan yang diriku peroleh. Ternyata membaca tak seburuk itu. Bahkan terlihat menyenangkan asalkan kita melakukannya dengan penuh niat dari hati. Hingga lambat-laun Aku mulai kecanduan.

Dan sering mengunjungi perpustakaan setiap harinya. Ketika sedang memilih-milih buku yang akan kubaca aku terdiam melihat buku-buku yang berjejer rapi di rak itu tiba-tiba terlintas sesuatu di pikiranku.

'Bagaimana ya rasanya jika dalam jejeran buku ini ada satu sebuah buku hasil karyaku. Penulis: Indah Wulandari' Wah keren sekali! Sepertinya akan sangat menyenangkan jika menjadi seorang penulis! Dan pada akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti lomba menulis sasisabu membuat cerita Esai setiap bulannya. Untuk mengasah bakatku supaya tidak terlalu sulit jika menciptakan buku nantinya.

Karena terlalu sering mengikuti lomba dan Alhamdulillahnya selalu masuk dalam kategori nominasi. Membuatku memutuskan untuk menciptakan satu sebuah buku dan kepala sekolah juga telah menyetujuinya.

Dan kini aku sedang dalam proses membuat satu sebuah buku karyaku. Hal yang selama ini ku impikan akan terwujud juga. Tentunya senangnya bukan main! Rasa syukur sekaligus bangga selalu menyertai!

Teman-teman perpustakaan adalah harta karun pengetahuan! maka dari itu marilah gunakan kesempatan membaca buku di perpustakaan untuk menghasilkan sebuah karya!

Profil Penulis

Namaku Indah Wulandari. Aku lahir di Jember pada tanggal 3 April 2008. Aku bersekolah di SMPN 3 Bangsalsari. Sekarang Aku duduk di kelas 9A. Rumahku di dusun Krajan Langkap. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected] atau di nomor wa ku 085791705950

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post