Indah Wulandari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jadilah Pelajar Produktif, Raih Masa Depan Gemilang

Jadilah Pelajar Produktif, Raih Masa Depan Gemilang

Jadilah Pelajar Produktif, Raih Masa Depan Gemilang

Oleh: Indah Wulandari

SMPN 3 Bangsalsari

 

Sebagai pelajar apakah kalian sudah paham apa itu produktif? Produktif adalah ketika kita menjalankan suatu kegiatan yang bisa menghasilkan manfaat untuk diri kita sendiri. Banyak dari kita yang menganggap bahwa memiliki suatu kegiatan produktif adalah hal yang mengganggu.      

Namun kenyataannya adalah ketika kita memiliki suatu kegiatan untuk dikerjakan maka, pekerjaan kita tersebut akan membawa pengaruh positif terhadap diri kita sendiri.

Seorang pelajar seperti kita yang memiliki kegiatan akan lebih mudah teralihkan pikirannya dari hal-hal negatif. Sebaliknya, justru kita tidak memiliki kegiatan pastinya akan merasa jenuh dan melakukan hal-hal yang merugikan diri kita sendiri. Tentunya itu sangatlah merugikan bukan?

Jika kita (pelajar) produktif akan mendatangkan manfaat bagi kita sendiri. Sebaliknya, pelajar yang waktunya hanya dihabiskan untuk merenung atau sesuatu yang tidak menghasilkan apa pun, biasanya kerap akan mendatangkan dampak kurang baik bagi pelajar itu sendiri.

Lalu, apa saja manfaat baik yang didapatkan jika kita melakukan aktivitas yang produktif? Yaitu menjaga kesehatan mental, menghilangkan rasa bosan, menghindari galau, mengurangi overtingkhing, membuat diri kita menjadi lebih bersemangat.

Kita sebagai pelajar tentunya memiliki waktu luang yang sangat besar. Waktu luang harus dimanfaatkan dengan baik supaya bisa mendatangkan manfaat. Di sela-sela jadwal sekolah sebaiknya kita isi dengan melakukan hal-hal yang produktif. Seperti mengikuti ekstrakulikuler, menyalurkan hobi, membantu orang lain ataupun mengulang materi pelajaran. Supaya waktu senggangnya bisa bermanfaat.

Orang selalu berpegangan pada pepatah bahwa waktu adalah uang, jadi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Maksud pepatah tersebut adalah jika kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik maka kesuksesan yang kita raih suatu saat akan mendatangkan rezeki, yaitu pekerjaan yang baik.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan supaya tetap menjadi orang yang produktif diwaktu yang senggang. Tetap menjadi produktif meskipun sebenarnya bisa bermalas-malasan, mendekatkan kita dengan kesuksesan dan masa depan yang cemerlang.

Aku bukan pintar berteori tetapi aku juga berusaha menjadi pelajar yang produktif dengan mengikuti berbagai macam ekskul. Mulai dari Paskibra, Pramuka, TIK, dan Lliterasi. Alhamdulilah salah satu ekskul yang kuikuti membuatku mempunyai mimpi. Yaps, ekskul yang paling ku gemari yaitu literasi . Jika kalian bertanya apa mimpi ku? Mimpiku adalah menjadi seorang penulis yang hebat. Keren bukan? Menerbitkan sebuah buku adalah salah satu harapanku.

Dulu sebelum mengenal literasi aku lebih suka membaca dari pada menulis. Membaca itu seru, menyenangkan apalagi jika yang kita baca adalah sebuah novel. Tetapi setelah aku mengenal literasi ini apa yang aku fikirkan tidaklah benar menulis justru lebih seru, bukan karena apa kita bisa mengutarakan pendapat kita melalui menulis, kita dapat mencurahkan isi hati kita dengan menulis.

Kedatangan Duta Literasi dari MTsN 2 Jember disekolah membuat diriku termotivasi dan tertarik untuk menulis. Aku mencoba mengikuti lomba sasisabu media guru disetiap bulannya. Tidak peduli menang atau kalah itu urusan nanti yang kuinginkan hanyalah mencoba. Awalnya tidak mudah aku harus merangkai kata demi kata untuk menjadi sebuah cerita.

 Saat ku baca kembali cerita yang telah ku rangkai aku pun mengeluh. Bagaimana tidak? isinya bertele-tele dan banyak makna yang sama. Namun aku tak pantang menyerah hingga akhirnya alhamdulilah aku masuk nominasi disetiap bulannya. Kini kepala sekolah ku meminta diriku untuk menerbitkan sebuah buku dan aku masih dalam proses membuatnya. Keberhasilan itu datang dari proses yang rumit!

 Upaya peningkatan produktivitas pelajar bergantung pada niat masing-masing pelajar itu sendiri. Makin semangat dan bertekad bulat, makin banyak pula kreativitas dan ide-ide pelajar yang muncul untuk mengembangkan minat dan bakat pelajar. Mengingat waktu yang kita miliki dirumah cukup panjang, kita juga harus bijak dalam memilih kegiatan tambahan yang akan bermanfaat bagi peningkatan produktivitas dan kualitas hidup kita.

 Harapan kedepannya supaya produktivitas pelajar makin baik. Pengetahuan dan kreativitas harus unggul agar kedepannya tidak terjadi dampak yang merugikan bagi semua orang. Mencari pengalaman dan pengetahuan sebaik mungkin dengan sumber yang jelas dan terpercaya.

 Masa depan merupakan periode misteri yang akan datang. Maka dari itu teman-teman gunakan waktu luangmu untuk berkreativitas. Ayo jadilah pelajar yang produktif, dan raih masa depan gemilang!

 

 

Profil Penulis

Namaku Indah Wulandari. Aku lahir di Jember pada tanggal 3 April 2008. Aku bersekolah di SMPN 3 Bangsalsari. Sekarang aku duduk di kelas 8A. Alamat rumahku di dusun Krajan Langkap. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected] atau nomor wa ku 085791705950

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah bagus

10 Jun
Balas

Thanks you

10 Jun
Balas

Wah,bagus

10 Jun
Balas



search

New Post