Iman Tri Nopiansah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hari Pertama Puasa Ramadhan

Hari Pertama Puasa Ramdhan

Hari ini tepatnya hari Rabu, 13 April 2021 atau lebih tepatnya 1 Ramdhan 1442 Hijriah. Dalam mengisi waktu luang di saat puasa pertama di isi dengan berbagai kegiatan yang tentunya dilakukan di dalam rumah karena masih pandemi Corona. Tentunya di awal puasa kita bisa merasakan masih belum terbiasa berpuasa.

Kegiatan yang pasti dilakukan saat berpuasa adalah sahur. Sahur adalah makan dan minum sebelum terbitnya fajar atau sebelum imsak dan adzan subuh berkumandang. Sahur yang pertama kali ini cukup spesial. Karena memang dari dulu awal puasa pastinya banyak makanan yang lezat salah satunya yaitu daging ayam. Bukan hanya itu saja tapi ada juga makanan lain seperti tahu, tempe, mie, dan makanan lainnya. Saya merasa bersyukur masih diberikan kesempatan hidup untuk melaksanakan puasa di bulan ramdhan yang penuh berkah.

Setelah melaksanakan sahur langsung berwudhu dan membaca serta menghafal juz ama sambil menunggu adzan Subuh berkumandang. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin kami sekeluarga setelah sahur pasti berkumpul atau istilah sundanya ngariung sila. Alhamdulilah masih sampai sekarang tradisi ini masih melekat. Jika adzan sudah berkumandang maka saya langsung istiqomah kemudian dilanjutkan salat Subuh dengan diimami ayah.

Paginya saya melakukan olahraga pagi dengan lari-lari kecil di sekitaran perkarangan rumah. Sambil berlari ditemani dengan musik dangdut yang jos. Ya sambil senam agar badan tetap sehat. Rasanya kurang pas jika hanya lari saja tapi banyak rumput gulma yang tumbuh. Akhirnya dengan senang hati saya mencabutinya hingga sampai bersih tidak ada gulma lagi diperkarangan.

Saat sorenya dari sekitaran jam setengah empat saya ngabuburit ditemani dengan rintik air hujan dan cuaca yang dingin. Saya merasa saat itu adalah saat yang tepat untuk membaca. Buku yang saya baca hari ini adalah karya bapak Saeful Hadi, guru SMA Negeri 2 Banjar. Sambil membaca dibarengi dengan lantunan shalawat Nisa Sabyan. Duh rasanya indah sekali sampai Adzan Magrib pun berkumandang.

Masyaallah waktu jika digunakan oleh kebaikan tidak akan pernah terasa. Alhamdulilah akhirnya puasa yang pertama bisa lulus semoga bisa diikuti oleh puasa selanjutnya. Aamiin.

Kami berbuka puasa bersama dengan makanan alakadarnya diawali dengan doa dan minum air putih dahulu. Berpuasa bukan harus makan yang enak dan nikmat terus kan? Justru berpuasa melatih kesederhanaan dan kesabaran kita.

Semoga kita semua bisa sampai hingga hari kemenangan nanti. Dimudahkan dalam berbagai kegiatan dan puasanya serta semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Swt. Amiiin.

Salam literasi!

Dayeuhluhur, 13 April 2021.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post