Gabriellia Junita

Gabriellia Junita, Sekolah di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka, Persami dan Keseruannya

Pramuka, Persami dan Keseruannya

Oleh: Gabriellia Junita

Aku mengenal Pramuka sejak aku masih duduk di kelas 1 Sekolah Dasar. Awalnya, aku masih bingung apa itu Pramuka. Saat itu, aku sedang melihat kakak-kakak kelasku yang sedang mengikuti ekstra Pramuka. Hingga pada akhirnya, aku mencari tahu apa itu Pramuka melalui media di internet. Istilah Pramuka adalah Praja Muda Karana. Pramuka adalah sebuah wadah atau organisasi tentang kepramukaan yang ada di Indonesia. Aku berpikir bahwa mengikuti kegiatan pramuka sangat menarik dan seru. Saat aku duduk di kelas 4 Sekolah Dasar, aku pun bisa mengikuti kegiatan pramuka dengan segala aktivitas di dalamnya. Aku benar-benar merasakan nikmatnya mengikuti kegiatan itu. Selain itu, aku bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

Menurutku, banyak kegiatan yang aku lakukan saat mengikuti Pramuka. Di dalam kegiatan pramuka, aku banyak belajar mengikuti baris-berbaris, membuat yel-yel, mendirikan tenda, membuat tandu dan melakukan banyak aktivitas lainnya. Pada suatu hari, Bapak dan Ibu guru mengadakan persami atau perkemahan Sabtu Minggu. Para guru memilih beberapa siswa yang akan diikutsertakan dalam kegiatan tersebut. Aku pun terpilih mengikutinya. Hatiku merasa senang sekali. Aku tak akan menyia-nyiakan hal ini karena aku telah berlatih dan berlatih setiap hari. Aku pun merasa bahagia ikut ambil dalam kegiatan itu. Awalnya memang aku agak sedikit takut dan malu mengikutinya. Namun, berkat dorongan dari teman-temanku saat itu, aku pun memberanikan diri mengikutinya. Selanjutnya, aku segera meminta izin kepada ayah dan mama serta meminta doa restunya agar bisa mengikuti kegiatan pramuka atau persami itu dengan baik dan lancar.

Hari-hari pun telah berlalu. Beberapa latihan telah dilaksanakan sebelumnya untuk persiapan persami yang akan datang. Kami bersama teman-teman mempersiapkan diri dengan membawa peralatan yang akan dibawa pada saat persami berlangsung. Dengan perasaan sukacita, kami pun berangkat naik kendaraan menuju tempat persami dimana kegiatan pramuka itu diadakan. Beberapa waktu kemudian, kami pun tiba di tempat kegiatan persami. Hal yang dilakukan pertama kali adalah membuat atau mendirikan tenda. Selanjutnya, merapikan barang-barang bawaan dengan teratur dan mengikuti upacara pembukaan persami. Upacara berjalan dengan lancar penuh hikmat. Selesai upacara, kegiatan lomba-lomba persami pun dimulai. Beberapa lomba tersebut adalah lomba baris-berbaris, mendirikan bendera dan sebagainya. Alhamdulillah, seluruh rangkaian acara lomba-lomba dalam persami berjalan dengan lancar.

Malam persami pun telah tiba dan sangat ditunggu-tunggu para peserta. Acara atau upacara api unggun akan segera dimulai. Bagi para peserta, api unggun adalah momen yang paling menyenangkan dan ditunggu-tunggu. seluruh peserta atau anggota pramuka dikumpulkan dan diperintahkan untuk mengelilingi api unggun yang berukuran besar. Meskipun badan terasa lelah, kami tetap semangat mengikuti hingga proses akhir acara api unggun. Malam semakin larut. Seluruh peserta bergegas menuju tenda masing-masing untuk beristirahat.

Pagi keesokan hari pun menyambut. Acara penutupan persami segera dimulai. Seluruh peserta bersiap-siap membereskan peralatan dan keperluan lainnya untuk kembali ke rumah masing-masing. Tak lupa sebelum meninggalkan tempat itu, kami membersihkan tempat tersebut agar tampak rapi dan tidak kotor. Seluruh anggota pramuka merasa senang sekali bisa mengikuti kegiatan tersebut. Bagi peserta, banyak manfaat yang diperoleh seperti kegiatan ini. Manfaat itu adalah melatih kita menjadi disiplin dan mandiri. Selain itu, dengan ikut Pramuka kita bisa menumbuhkan semangat kerjasama dan gotong royong serta melatih kemampuan dalam berorganisasi. Hari itu memang sungguh menyenangkan bagi kami semua. Catatan saya untuk kalian semua adalah Jangan malu atau takut ikut kegiatan pramuka! Pramuka memiliki banyak manfaat. Pramuka mengajarkan kita untuk tetap semangat belajar dan berkarya serta menginspirasi. Jadi, tunggu apalagi! Yuk, kita ikutan kegiatan pramuka di sekolah! Salam Pramuka!

Biodata siswa:

Nama: Gabriellia Junita

TTL: Situbondo, 22 Juni 2009

Sekolah: SMPN 1 Suboh - Situbondo

E-mail: [email protected]

No HP: 085704258653

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post