Fahra Salsabela

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangun Perlindungan Diri Di Era Maraknya Pergaulan Bebas

Membangun Perlindungan Diri Di Era Maraknya Pergaulan Bebas

MEMBANGUN PERLINDUNGAN DIRI DI ERA MARAKNYA

PERGAULAN BEBAS

Pergaulan bebas adalah salah satu perilaku yang tercela dan melanggar norma norma sosial. Pergaulan bebas ini dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi remaja, terutama dalam masalah psikologis, kesehatan, dan fisik. Mayoritas terbanyak pelaku pergaulan bebas adalah para remaja. Masa remaja adalah masa abu abu ,labil, emosional, ekspresif, dan juga peralihan masa kanak-kanak ke masa dewasa. Remaja juga dapat menjadi rentan terhadap depresi, kecanduan, dan resiko terkena penyakit kelamin. Pada saat yang sama, remaja juga dapat kehilangan kontrol atas perilaku dirinya sendiri terhadap pergaulan bebas.

Sebagai Remaja pernahkah berpikir bahwa pergaulan di lingkungan sekitar terkadang sering memaksa kita untuk mengikutinya?

Masalah ini sering sekali muncul diberbagai lingkungan sekitar atau media massa. Pada saat ini pergaulan bebas sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, terutama pada bagian perkotaan. Banyak anak remaja yang merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol, hingga melakukan seks bebas. Beberapa faktor yang membuat seorang remaja melakukan hal tersebut seperti.

Pertama , RendahnyaTingkat Pendidikan. Minimnya tingkat pendidikan membuat remaja akan mudah terjerumus ke dalam hal negatif, seperti prestasi belajar menurun dan tidak mau mengenyam pendidikan. Pendidikan yang harus di tigkatkan yaitu pendidikan agama. Kedua, Broken Home menjadi salah satu faktor remaja terkontaminasi dengan pergaulan bebas. Broken home tidak selalu dengan perceraian tetapi juga bisa dengan keadaan rumah yang tidak nyaman atau berantakan dan juga kurang mendapatkan perhatian orang tua, hal ini dapat di kategorikan sebagai broken home, karna ini lah yang membuat mereka mencari pelarian salah satunya dengan pergaulan bebas tersebut. Ketiga, Kondisi Ekonomi Keluarga. Jika di hubungkan dengan kenakalan remaja yang terjadi pada akhir akhir ini kondisi ekonomi juga disebut salah satu faktor pergaulan bebas. Bagi kalangan remaja yang berasal dari keluarga dengan sosial ekonomi rendah, mereka melakukan kenakalan disebabkan karena kesusahan dan kepedihan hati mereka karena tidak mampu bersaing dengan remaja kelas atas. Akibat tekanan ekonomi yang begitu berat membuat orang tua dari golongan sosial ekonomi rendah cenderung tidak konsisten dan melakukan kekerasan terhadap anaknya. Keempat, Penyalahgunaan Internet.Internet semakin berkembang, pertukaran informasi lebih mudah dilakukan. Namun, banyak para remaja yang menyalahgunakan privilege tersebut untuk melakukan hal hal negatif yang dapat memicu terjadinya pergaulan bebas, salah satu contohnya adalah seks bebas yang dilakukan karena terpengaruh tontonan tidak baik

Setelah kita mengetahui tentang pergaulan bebas dan beberapa faktor nya, kita juga harus mengetahui cara melindungi diri dari pergaulan bebas tersebut dengan cara memperbanyak kegiatan positif, memikirkan masa depan untuk menuju ke mana dan apa yang di cita cita kan, selektif dalam memilih teman, lebih terbuka kepada orang tua serta menjauhi perbuatan zina.

Mari kita berteman dengan berperilaku baik kepada siapa saja tanpa mengikuti pergaulan bebas. Sebagai remaja kita harus mempunyai prinsip tersendiri dalam pergaulan akan selalu mengambil sisi baik tanpa harus mengambil sisi buruk, serta kita juga tidak boleh terjerumus akan pergaulan bebas agar tidak lenyap cita-cita yang telah kita rangkai sendiri sedari kecil.

Kalau bukan kita yang mencegah pergaulan bebas, siapa lagi? Remaja seperti kita adalah calon pewaris tunggal, penerus bangsa, dan juga memajukan bangsa. Maka dari itu cintai dirimu sendiri agar cita cita pada diri kita akan terwujud dan dapat membahagia kan orang tua, tak perlu pesimis untuk menjadi orang baik. Jauhi, cegah, lindungi diri akan pergaulan bebas dan perangi yang membuat hancur masa depan mu karna pergaulan bebas akan membuat suram di masa depan dan di akhirat nanti akan juga dimintai pertanggung jawabannya.

assalamualaikum wr.wb haii perkenalkan nama saya Fahra Salsabela,saya berusia 13 tahun,saya lahir di kotaa jember pada saat tanggal 9 Mei 2009,pada saat ini saya duduk di kelas 8 di sekolah MTsN 1 Jember

Salamm kenall yaaa!!!!

Nomer telepon : 08155911346

Instagram: raa.hyz

email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post