Exie Zyan Surya Ningrum

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SATU LANGKAH MENUJU PERPUSTAKAAN

SATU LANGKAH MENUJU PERPUSTAKAAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai! Perkenalkan nama saya Exie Zyan Surya Ningrum. Biasanya dipanggil Exie. Aku berumur 12 Tahun, dan aku lahir pada 26 Oktober 2011. Aku bersekolah di SD Al-Furqan Jember. Kalian bisa mengirim pesan kepadaku melalui email [email protected]. Tidak hanya melalui email saja, kalian bisa mengirim pesan kepadaku melalui 081231252360. Aku pernah membuat sebuah komik Next-G yang berjudul Balasan Kebaikan. Selamat membaca!

SATU LANGKAH MENUJU PERPUSTAKAAN

Apa sih yang kamu fikirkan saat mendengar kata perpustakaan? Apakah itu sebuah ruangan yang berisi banyak sekali buku? Mungkin memang begitu. Perpustakaan banyak sekali kita temui di berbagai tempat. Salah satunya disekolah. Sekolahku mempunyai perpustakaan. Perpustakaan itu berada di samping gerbang sekolah, yang membuat aku semakin tertarik kepada perpustakaan.

Sehingga perpustakaan adalah tempat paling favorit dan sering aku kunjungi. Saat jam istirahat, aku selalu mengunjungi perpustakaan itu. Tidak hanya saat jam istirahat, saat aku merasa kebingungan atau ragu tentang pelajaran aku sering kali pergi ke perpustakaan. Menaruh sepatuku di rak dan melangkahkan kedua kakiku. Rasanya seperti masuk ke surga, karena disana sangat sejuk dan tercium aroma bau buku yang khas. Aku mencari buku yang menarik. Tak lama aku menemukannya, yaitu yang berjudul Keluarga Super Irit. Buku itu menceritakan tentang sebuah keluarga yang humoris dan bercerita tentang ilmu sains. Mungkin untuk membacanya itu terlalu lama sehingga kita bisa meminjam buku tersebut dan tidak lupa menuliskannya di buku pinjaman. Petugas perpustakaan selalu mengingatkanku agar tidak lupa mengembalikannya. Saat di perpustakan aku melihat sebuah pohon pajangan yang sangat besar beserta gambar buah buahan. Lalu aku bertanya kepada petugas perpustakaan. “Pak ini pohon untuk apa?”. Petugas itu pun menjawab. “Oh…itu untuk menempelkan hikmah sebuah buku cerita,komik, ataupun yang lain-lain, mau mecoba?”. Karena mendengar tawaran itu dan aku sangat tertarik jadi aku menuliskan sebuah hikmah cerita Raja Hutan. “Jadilah pemimpin yang tegas, jujur, sabar dan bijaksana”. Lalu aku menempelkannya di perpustakaan.

Selain membaca buku di sekolah, sekolahku memberi fasilitas perpustakaan digital yang bisa diakses melalui sebuah web.

Perpustakaan bisa diakses kapan saja namun jika tidak sempat untuk membaca setiap hari bisa hanya hari Sabtu saja. Sekarang adalah hari Sabtu, aku menghidupkan komputerku, dan membuka situs https://el-library.sdalfurqanjember.sch.id/ . Aku membaca banyak sekali buku, contohnya buku Islami, buku fiksi, komik pendidikan dan masih banyak lagi. Setelah membaca buku wajib menuliskan pesan moral ataupun hikmah dari bacaan tersebut. Oh iya, jika kita rajin membaca buku aku bisa mendapatkan penghargaan. Aku pernah mendapatkan penghargaan sebuah komik dan pin literasi. Aku sangat bahagia saat mendapatkannya.

Oh iya pasti sebuah sekolah pasti mempunyai sebuah kelas masing-masing. Di kelasku lebih tepatnya di kelas 6A, ada sesuatu di pojok ruangan yaitu pojok baca.

Bendahara di kelasku berinisiatif untuk membeli karpet dengan uang kas. Akhirnya perpustakaan di kelasku menjadi pusat perhatian dan sangat diminati oleh para siswa. Tidak hanya siswa kelas 6A saja yang mengunjungi pojok baca kelas ku, bahkan kelas sebelah juga. Masih banyak lagi perpustakaan perpustakaan kecil di sekolahku. Bahkan di sudut lorong juga ada. Di gazebo pun juga ada.

Sehingga membuat para siswa rajin membaca buku dan berliterasi. Dengan adanya perpustakaan ini, yang mulai dari perpustakaan digital, perpustakaan di kelas, perpustakaan di lorong serta penghargaan untuk murid yang senang dan rajin berliterasi membuat para siswa dan siswi semakin cerdas dan senang membaca buku. Jadi menurutku perpustakaan sangatlah penting bagi kehidupan, kenapa?? Karena tanpa perpustakaan mungkin kita akan kesusahan untuk belajar, mencari hal hal yang belum kita ketahui dan sebagainya. Bahkan Bapak Habibie mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Mungkin sampai sini saya bercerita, sampai jumpa di cerita saya selanjutnya…

Ketika kamu ragu akan sesuatu, carilah di perpustakaan

-J.K. ROWLING

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post