EUIS NURSOLIHAT

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kegiatan IRMA SMA NEGERI 2 BANJAR

02 Oktober 2021

Assalamu'alaikum Wr. Wb

IRMA SMA NEGERI 2 BANJAR mengadakan kajian dengan tema "Menulis Sebagai Media Dakwah" pada Sabtu (02/09/2021).

Acara kajian tersebut dihadiri oleh para pengurus IRMA SMA NEGERI 2 BANJAR, Bapak Saeful Hadi, dan Ibu Yulianti Budi Rahayu selaku pembina IRMA SMA NEGERI 2 BANJAR.

Adapun MC pada acara tersebut yaitu Lulu Mahmudah dan Nissa Khoerunissa.

Acara kajian tersebut diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran beserta sholawat yang dibacakan oleh Dinar Nur Fadilah.

Pemateri dalam acara tersebut yaitu Bapak Saeful Hadi, beliau menyampaikan bahwa dengan menulis, kita dapat menuangkan ide/argumentasi, menjernihkan pikiran, memecahkan masalah, mengatasi trauma, seleksi dan olah informasi, menyampaikan ilmu dan pengetahuan, berprestasi, awet muda, dan tubuh dapat menjadi segar, serta dapat memaksimalkan dakwah.

Selain itu, menulis juga dianjurkan oleh Allah SWT seperti dalam Surat Al-Alaq ayat 1-5. Dengan demikian, sudah sangat jelas bahwa menulis sudah ada sejak zaman dahulu kala. Oleh karena itu, marilah kita menulis sesuatu yang bermanfaat bagi kita dan juga orang lain.

"Semua penulis akan meninggal, hanya karya lah yang akan abadi sepanjang masa. Maka tulislah yang akan membahagiakan dirimu di akhirat nanti." (Ali Bin Abi Thalib)

Setelah itu dilanjutkan oleh Ibu Yulianti Budi Rahayu, beliau menyampaikan materi yaitu "10 Karakteristik Muslim Sejati."

Adapun isi nya yaitu:

"Dalam agama Islam seseorang yang beragama Islam disebut dengan seorang muslim. Tingkat keimanan seseorang dapat dilihat dari amal ibadah pada diri seseorang tersebut. Tetapi tidak semua orang itu adalah muslim yang benar-benar muslim sejati. Di Islam sudah sangat sempurna untuk sebagai pedoman atau acuan untuk kehidupan kita, terdapat juga suri tauladan yang dapat kita ambil contoh dalam hidup kita didunia ini. Pedoman dalam Islam itu adalah Al-Quran dan Al hadits,dan suri tauladan dalam Islam adalah orang yang paling mulia di dunia ini adalah nabi Muhammad Saw. Di dalam Al Qur’an, Allah tidak mengakui keimanan seseorang manakala kepribadiannya tidak mencerminkan seorang muslim sejati."

Untuk menjadi muslim sejati karakteristik muslim merupakan pilar pertama terbentuknya masyarakat Islam maupun tertegaknya sistem Islam dimuka bumi. Ke -10 karakter tersebut adalah :

1. Salimul aqidah (bersih akidahnya)

2. Shahihul ibadah (benar ibadahnya)

3. Matinul khuluq (kokoh akhlaknya)

4. Qowiyyul jismi (kuat jasmaninya)

5. Mutsaqqoful Fikri (intelek dalam berpikir)

6. Mujahadatun linafsih (kuat melawan hawa nafsu)

7. Haritsun ‘ala waqtihi (sungguh-sungguh menjaga waktunya)

8. Manazhzhamun fi syu’nihi (teratur dalam semua masalah)

9. Qodirun ‘ala kasbi (mampu berusaha sendiri)

10.Naafi’un lighoiri (bermanfaat bagi orang lain)

Itulah 10 karakteristik untuk menjadi muslim sejati sesuai yang telah diajarkan Rasulullah kepada kita. Karena kita sebagai muslim harus kembali merujuk apa yang telah sudah ditetapkan yakni Al-Qur’an dan Al hadits.

Setelah acara kajian selesai, pengurus IRMA SMA NEGERI 2 BANJAR melanjutkan dengan acara latihan Paduan Suara Hymne IRMA secara bersama-sama di mushola IRMA SMA NEGERI 2 BANJAR.

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan saya ucapkan terima kasih🙏

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post