Dinar Nur Fadilah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Forum Kajian IRMA SMAN 2 Banjar

Forum Kajian IRMA SMAN 2 Banjar

IRMA kependekan dari Ikatan Remaja Masjid. IRMA adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang keagamaan. Maka dari itu, kajian penting untuk dilaksanakan demi mencetak insan yang berpendidikan dan memiliki akhlak yang baik. Bukan hanya sekedar tontonan, tapi kajian juga memberikan tuntunan. Tongkrongan pemuda pemudi Islam kekinian yang di dalamnya bukan orang baik. Hanya orang-orang yang ingin dan sedang belajar menjadi baik. IRMA di bawah bimbingan Bapak Uus Nendar P, S.Pd.I dan Ibu Yulianti Budi Rahayu S.Pd.Si.

Kajian yang diselenggarakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021 di SMA Negeri 2 Banjar, tepatnya di kelas XI IPS 4 kali ini disampaikan oleh Bapak Saeful Hadi S.Sos. Seorang guru sosiologi dan pegiat literasi di sekolah kami. Kali ini beliau menyampaikan sebuah tema "Menulis Sebagai Media Dakwah". Sesuai dengan bidangnya, beliau menuturkan banyak ilmu dengan membakar semangat anggota IRMA yang ketika itu hadir sebanyak 15 orang dan 1 pembina akhwat IRMA.

Kajian dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Dibuka oleh pembawa acara dua gadis cantik dan salihah Lulu Mahmudah dan Nisa Khoerunnisa. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan selawat Nabi yang disampaikan oleh orang yang masih sangat fakir ilmu, saya sendiri Dinar Nur Fadilah. Semoga Allah senantiasa mengampuni atas kehilafan yang saya perbuat. Lantas yang ditunggu-tunggu guru kita Bapak Saeful Hadi S.Sos.

Menulis dan membaca adalah hal yang tak dapat dipisahkan. Berdasarkan wahyu Allah SWT. yang pertamakali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. yaitu surah Al-A'laq:1-5. Beberapa poin penting alasan mengapa kita harus menulis:

1. Menuangkan ide/gagasan/argumentasi

2. Menjernihkan pikiran

3. Memecahkan masalah

4. Mengatasi trauma

5. Seleksi dan olah informasi

6. Menyampaikan ilmu dan pengetahuan

7. Berprestasi, awet muda, dan tubuh segar

8. Memaksimalkan dakwah

Penuturannya sangat apik dan tersusun. Akhir kata, beliau menutup dengan mengajak anggota IRMA untuk bergabung menulis di laman sasisabu. Sebuah laman web yang digunakan sebagai media menulis.

Selanjutnya ilmu disampaikan oleh pembina akhwat IRMA SMA Negeri 2 Banjar. Dengan ciri khasnya yang selalu memberikan sepotong kisah kehidupannya membuat penuturan beliau semakin terasa begitu mendalam. Beliau menyampaikan 10 karakteristik menjadi muslim sejati diantaranya, bersih akidahnya, benar ibadahnya, kokoh akhlaknya, kuat jasmaninya, cerdas intelektualnya, dan sebagainya.

Berangkat bawa niat pulang bawa berkat. Bercanda ya.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ

“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi no. 2682, Abu Daud no. 3641, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Sekian. Semoga bermanfaat. Salam dakwah!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post