Delita puji carlowati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membaca Pembuka Jendela Prestasi

Membaca Pembuka Jendela Prestasi

Membaca? Kata ini memang sudah tak asing lagi di telinga semua orang. Sebenarnya apa sih itu membaca? Menurut Wikipedia, membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Membaca adalah mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu pembaca yang disukai khalayak ramai dan juga dimengerti oleh seseorang yang dicintai. Membaca mungkin menjadi kegiatan yang kurang menyenangkan bagi sebagaian orang. Membaca terlalu membosankan dan membuat kantuk. Sehingga membaca kurang diminati. Menurut UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Nah aku akan membagikan sedikit pengalamanku tentang membaca. Sejak dulu duduk di bangku sekolah dasar. Aku sangat tidak menyukai kegiatan membaca. Setiap ada pelajaran Bahasa Indonesia aku akan selalu mengeluh karena bacaannya banyak. Bahkan bukuku sendiri sangat rapih dan bersih karena memang jarang aku baca. Ini adalah perilaku buruk dari saya yang tidak boleh ditiru ya teman-teman. Tapi seiringnya waktu aku mulai mencoba membaca beberapa buku novel. Ternyata minatku ada buku seperti novel jauh lebih tinggi dibandingkan membaca buku pelajaran. Pernah saat itu aku belajar untuk ujian, belum sampai setengah jam aku sudah tertidur karena membaca beberapa buku pelajaran. Saat itu aku benar-benar menuai hasilnya, aku mendapatkan nilai yang kurang bagus. Padahal, soal ujian tersebut materinya benar-benar mirip dengan buku pelajaran dan soal latihan yang di beri Ibu Guru. Saat itulah saya mulai terbuka. Saya mulai mencoba membiasakan diri. Awalnya saya hanya membaca buku pelajaran saat ada ujian atau tes lainnya. Tapi berjalannya waktu membuat saya berlajar bahwa membaca sangatlah penting. Ada beberapa tema buku yang sekarang saya sukai yaitu sejarah, logika, teori dunia dan lain-lain. Menurut saya membaca sesuai minat kita itu sangatlah penting. Karena membaca sesuai minat mampu membuat orang jauh lebih semangat dalam membaca. Kembali ke topik awal. Beberapa tahun yang saya gunakan untuk membiasakan diri saya untuk membaca akhirnya berubah manis. Akhirnya saya bisa memenangkan beberapa kejuaraan dan mendapat rangking sekolah. Tidak berhenti disitu nilai Bahasa Indonesia saya juga bagus dan berubah pesat.

Saya senang sekali, hanya dengan meningkatkan minat baca saya. Sekarang saya sudah bisa menjadi Duta Literasi di sekolah saya. Saya juga bisa meraih beberapa kejuaraan yang membutuhkan minat baca yang tinggi. Seperti lomba menulis, lomba olimpiade dan lain-lain.

Saya harap dengan cerita ini bisa membuat semua orang sadar akan pentingnya membaca. Membaca mungkin membosankan, tapi cobalah mencari kesenangan dan sisi positifnya saya yakin itu akan sangat berpengaruh pada minat baca kalian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post