Azra Yudhistira Lazuardi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

BERTEMAN DENGAN TEKNOLOGI UNTUK TINGKATKAN PRESTASI

Di era digital sekarang ini, khususnya teknologi informasi bagaikan teman untuk kita, karena tidak perlu di pertanyakan lagi betapa pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan kita saat ini, karena segala sesuatu pasti sudah menggunakan teknologi tersebut untuk memudahkan berbagai macam aktivitas kita sehari-hari. Sebagai teman, teknologi informasi tidak hanya memberikan dampak positif, kehadiran teknologi informasi yang terus berkembang juga dapat memberikan dampak negatif bagi kita, jika tidak bisa menggunakannya dengan bijak.

Dampak positif yang bisa kita rasakan dari adanya teknologi saat ini, seperti mudahnya mengakses informasi ataupun membagikan informasi secara cepat ke seluruh dunia, teknologi komunikasi yang terus berkembang juga memberikan dampak positif bagi kehidupan kita, tanpa perlu mengkhawatirkan jarak, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, ataupun teman yang berada jauh dari kita, dengan menggunakan e-mail, whatsapp dan social media lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi juga dapat meningkatkan kualitas dalam bidang pendidikan, contohnya siswa saat ini dapat dengan mudah mengakses informasi untuk mencari sumber belajar dari internet. Contoh lain, adalah tatap muka belajar di kelas sekarang dapat dilakukan secara online atau daring, sehingga belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Dengan teknologi informasi penggunaan media pembelajaran di sekolah juga akan sangat beragam, sehingga siswa tidak mudah bosan contohnya pembelajaran dalam bentuk video, dan siswa juga bisa menjadi lebih paham terhadap materi yang diberikan guru.

Pemanfaatan teknologi informasi yang salah juga akan memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Seperti mudahnya tersebar berita-berita hoax yang dapat merusak nama baik seseorang , lalu tersebar nya konten-konten negatif yang dapat di akses dengan mudah dan dapat merusak generasi muda bangsa, lalu munculnya aktivitas illegal seperti cybercrime yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Contoh dampak negatif di bidang pendidikan adalah mengurangi minat anak dalam membaca buku, selain itu ketika anak mencari bahan pelajaran di internet tanpa sengaja konten yang belum boleh di tonton oleh anak, akan sangat mudah diakses oleh anak.

Lalu bagaimana cara kita menggunakan teknologi tersebut dengan bijak? Yang pertama adalah perlunya kontrol orang tua terhadap pemakaian gawai (gadget) terutama pada anak-anak dibawah umur, kemudian kita bisa memulai dengan menggunakan teknologi tersebut pada waktu yang tepat, gunakanlah untuk menyebarkan hal-hal yang positif yang tidak merugikan orang lain, memahami cara bersosial media dengan bijak, gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, membatasi penggunaan teknologi agar terhindar dari rasa ketergantungan.

Untuk meningkatkan prestasi belajar, teknologi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, contohnya melalui konten-konten pembelajaran yang menarik di youtube, google atau aplikasi lainnya, selain itu pembelajaran di kelas dengan menggunakan Teknologi Informasi menjadi lebih menarik karena materi pelajaran lebih bervariasi baik dari sumber materi atau gambar yang disajikan.

Dapat di simpulkan bahwa perkembangan teknologi ini akan berdampak positif ataupun negatif tergantung dengan bagaimana kita menggunakan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan gunakanlah teknologi tersebut dengan bijak agar tidak banyak orang orang yang merasa di rugikan. Ayo kita berteman dengan teknologi untuk meningkatkan prestasi belajar!

Penulis merupakan seorang siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember bernama Azra Yudhistira Lazuardi, Ia lahir di Denpasar pada tanggal 08 Januari 2010. Penulis memiliki email [email protected] dan nomer Whatsapp aktif 083845390441.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post