Aulia Ramadani

Aulia Ramadani. Asal sekolah MA Al - FURQON Bodong Jaya, Lampung Barat. Semoga beberapa karya tulis saya ada manfaatnya bagi kakak - kakak dan adik - adik yang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pergaulan Bebas dan Lintasan yang Tak Tergoyahkan

Pergaulan Bebas dan Lintasan yang Tak Tergoyahkan

Pergaulan bebas sering kali mengarah pada hal-hal negatif. Banyak anak muda sekarang yang salah pergaulan. Biasanya karna faktor lingkungan, teman, keluarga bahkan dari media sosial. Banyak anak muda sekarang tertarik dengan yang namanya pacaran. Bahkan dari sekolah dasar pun saya melihat mereka sudah tau apa itu pacaran. Walaupun mungkin hanya cinta monyet yang sukanya main kejar- kejaran.

Beranjak peralihan anak-anak ke remaja, yaitu SD ke SMP sangat rawan untuk berpacaran. Keingin tahuan mereka lebih besar terhadap pasangannya. Lintasan ini pasti dilalui oleh setiap remaja. Untuk itu penting mencari teman dan lingkungan yang baik. Agar tidak terjerumus terhadap hal-hal yang berbahaya. Bagi umat umat muslim, laki-laki dan perempuan diperintahakan untuk menjaga pandangannya.

Carilah teman yang membawa kita ke dalam hal baik. Sebagai manusia kita harus pandai dalam menilai sesuatu. Tentunya semakin dewasa semakin tau mana yang buruk dan mana yang baik. Kita boleh saja berteman dengan sesiapapun, mau dia orang baik atau buruk sekalipun. Dari pertemanan itu, kita diharusakan mampu mengambil manfaat. Ambil baiknya dan jauhi buruknya. Jangan sampai pertemanan itu merubah jati diri kita. Katakan tidak pada hal buruk! Tegaslah!

Tips Menghindari Pergaulan Bebas

Tips agar kita bisa menghindari pergaulan bebas yang membawa dampak negatif. pertama dengan membatasi pertemanan kita. Jika kelakuan mereka sudah di luar batas maka jauhi. Contohnya saja teman yang suka minum-minuman keras, tauran, berpacaran yang melewati batas, dan membuat kita menjadi pribadi yang suka bermala-malasan. Karena sikap dan prilaku mereka bisa meracuni pikiran kita, untuk melakukan hal itu semua. Carilah teman yang bisa mendukung, yang saling mengingatkan, yang saling memotivasi untuk ke masa depan. Memang sulit bagi kita untuk mencari teman yang seperti ini. Namun ada baiknya cari yang kira-kira prilakunya tidak melenceng.

Dalam kasus lain, ada juga siswa yang tidak bisa bergaul dengan temannya. Hal ini menjadi kendala bagi beberapa orang. Bagi mereka yang sulit berteman biasanya berfikir bahwa itu semua membuang-buang waktu. Dan dampaknya membuat pribadinya tertutup dan tidak suka berbicara. Terkadang mereka hanya memikirkan diri sendiri, dan tidak peduli dengan sekitar. Atau sekadar terlalu malu untuk memulai pembicaraan.

Dalam kasus ini penting untuk kita sedikit terbuka. Belajarlah bersosialisasi dan bertukar pendapat pada teman. Walaupun sulit, mulailah dengan mencari teman yang membuat kita nyaman. Maka akan terlihat jauh berbeda saat kita sendiri dari pada mempunyai seorang teman. Karena ketika kita sendiri pun sangat mudah untuk dikuasai pikiran-pikiran negatif. Pada dasarnya jika tidak melakukan kegiatan-kegiatan positif kita akan lebih mudah terpengaruh untuk melakukan hal-hal negatif.

Kedua kita harus teguh sama pendirian kita. Jangan biarkan masa depan hancur di masa muda. Untuk menghindarinya kita bisa lakuin hal-hal positif seperti mempelajari berbagai hal yang belum kita ketahui. Coba meluangkan waktu yang biasanya kita gunakan untuk main, ganti dengan hal bermanfaat. Seperti aktif di organisasi apapun itu, mencoba hobi baru seperti melukis, merajut, aktifitas fisik seperti bulu tangkis, maraton, atau lainnya.

Cobalah hal-hal yang merubah kita menjadi pribadi yang lebih baik. Jika yang suka bermalas-malasan bangun tidur, cobalah bangun pada jam 04.00 pagi. Kemudian 20 menit coba lakukan aktifitas fisik ringan, 20 menit mendengar podcast penyemangat dan 20 menit baca buku pelajaran. Lakukan selama 30 hari. Maka akan terasa berbeda dengan hari sebelumnya.

Untuk menghasilkan masa depan yang cerah, mulailah dari sekarang juga. Tanamkan ini di isi kepala kita. Masa depan indah menanti kita di depan sana. Pilihlah jalan yang benar, jauhi prilaku buruk yang suka bermalas-malasan. Dengan ini kita sudah berjanji. Jika sudah maka kita harus berubah. Tidak ada yang mustahil. Cita – cita akan menghampiri kita jika kita berjuang.

Sudahi berangan-angannya, ayo kita wujudkan bersama. Semua nya menanti kita, deretan orang-orang yang berjuang di masa muda. Dan kita harus jadi salah satunya. Agar kita tidak tersesat ke jalan yang tidak baik, cobalah untuk tidak memikirkan perkataan dan cemoohan orang. Jadikan ejekan, omongan yang membuat kita sakit hati menjadi sebuah motifasi untuk merubah diri. Memang banyak di luar sana yang marak akan pembulian. Maka dari Itu, jika ini terjadi pada kita. Jangan dibuat pusing jadikan semua itu sebagai bahan bakar kita untuk bangkit.

Saya terharu dengan kak Claudia Emmanuel santoso di the voice of germany. Ia adalah penyanyi juara satu membawakan lagu never enough. Di sebelum - sebelumnya ia membawakan lagu di acara the voice di indonesia, namun tidak diterima dan dicemoohkan. Kemudian Kak Claudy berusaha untuk merubah itu dan menggetarkan panggung di the voice of germany. Lagunya sangat menggetarkan dan membuat yang mendengarkan merinding. Suara emasnya sungguh luar biasa. Mengutik kisah di atas banyak pelajaran yang di dapat.

Fokuslah pada pencapaian kita. Jangan terlena dengan pergaulan yang arah jalannya negatif. Tetap seperti ini saja. Jangan merubah jalanmu ke jalan yang buruk. Adakala kita harus merenung dan berfikir baiknya untuk diri kita. Jangan lupakan orang tua yang melahirkan dan menafkahi kita. Dari merekalah banyak harapan anaknya hidup dengan baik. Maka hindari pergaulan bebas.

Ihtiar itu penting, dan keinginanlah yang mendorongnya. Motivasi yang menguatkan dan tindakan yang menentukan. Terakhir, tetaplah bijak dalam bergaul.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wahhh makasihhhhhhAyok di tunggu hasil karya nya!Semangat! Semangat!

15 Feb
Balas

Wahhh makasih banyakkk.

15 Feb
Balas

Wahh masyaalloh keren banget

15 Feb
Balas

Wahh masyaalloh keren banget

15 Feb
Balas

Wahh masyaalloh keren banget

15 Feb
Balas



search

New Post