Aulia Rahmawati

Assalamualaikum wr wb. Halo perkenalkan aku Aulia Rahmawati, hanya siswi biasa yang suka membaca. Kamu bisa memanggilku Aulia. Aku lahir di Jember, Jawa Timur p...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kunci Jendela Dunia

Kunci Jendela Dunia

Matahari sore mulai kemerah-merahan di ufuk barat. Memancarkan cahayanya ke sisi barat rumahku dan menembus jendela, menyinari diriku yang sedang membaca buku novel di minggu sore. Bagi sebagian orang, membaca buku adalah cara untuk melepaskan diri dari dunia nyata dan orang-orang di dalamnya, karena mereka berada dunia milik mereka sendiri. Dan aku adalah salah satu dari sebagian orang tersebut, aku suka membaca. Dulu aku tidak suka membaca karena itu sangat melelahkan, aku harus memproses setiap kata yang aku baca agar aku paham isi bacaan tersebut, butuh banyak waktu sampai aku menyadari bahwa aku hanya salah tulisan saja, karena nyatanya aku bertemu dengan satu tulisan yang membuatku sekarang sedang membaca novel ini. Membaca merupakan hobiku karena menurutku membaca dapat menambah wawasan dan masih banyak lagi manfaatnya. Membaca menurut Henry G. Tarigan dalam buku berjudul Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa (1987), membaca adalah suatu proses yang dilakukan dan digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Tujuan membaca yaitu untuk mengetahui informasi. Membaca diperlukan untuk memahami masalah yang dibaca sampai pada hal-hal yang detail.

Membaca sangat diperlukan untuk menghadapi zaman yang terus berkembang tanpa kita sadari, membaca merupakan aspek penting dalam kehidupan. Masa depan kita pasti cerah jika kita membaca, karena untuk menghadapi zaman yang terus berkembang ini kita butuh bekal berupa ilmu pengetahuan, manusia tidak bisa melakukan apa-pun tanpa ilmu, manusia tidak akan bisa bertahan hidup jika tidak tahu Ilmu untuk bertahan hidup. Ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan melalui banyak sumber, salah satu sumbernya adalah buku. Buku dijuluki sebagai “Jendela Dunia” karena dengan membaca buku kita bisa mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan yang belum kita tahu. Maka dari itu membaca merupakan kunci dari jendela dunia karena kita hanya bisa menggunakan buku dengan cara membaca.

Jika sudah memahami pengertian membaca dan alasan mengapa membaca sangat penting, sekarang waktunya memahami bagaimana cara agar terbiasa dengan membaca :

1. Memahami Apa Itu Membaca

Seseorang harus tahu apa itu “Membaca”, bukan hanya mengartikan membaca sebagai aktivitas, hobi atau hal lain. Membaca adalah kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Jadi seseorang tidak bisa diartikan sedang membaca jika ia tidak bisa memahami isi teks yang ia baca, mungkin bagi sebagian orang melelahkan tetapi itu sebanding dengan ilmu yang kamu dapat.

2. Biasakan Diri Untuk Membaca

Jika kamu tidak terbiasa untuk membaca, tidak ada gunanya kamu memahami hal-hal tentang membaca. Karena kamu akan merasa membaca adalah hal yang baru atau asing, dan akhirnya tidak sama sekali mencoba untuk membaca. Membiasakan membaca bisa dimulai dengan membuat jadwal seperti hari khusus untuk membaca atau jam khusus untuk membaca, baca tulisan dengan topik yang kamu sukai.

3. Jangan Paksa Diri Sendiri

Memang benar kamu harus membiasakan diri sendiri untuk membaca, namun jangan jadikan membaca sebagai sebuah aktivitas yang sangat berat untuk dilakukan, dan jangan “paksa” dirimu untuk membaca. Coba membaca secara perlahan dan jangan terlalu ambisius. Semakin sering kamu memaksa dirimu untuk membaca, maka secara tidak sengaja kamu akan memiliki pemikiran bahwa itu adalah hal yang sangat berat untuk dilakukan

4. Lingkungan.

Lingkungan sangat memberikan dampak yang besar pada hidup kita, jadi kamu bisa mulai untuk berteman dengan seseorang yang hobi membaca. Coba untuk pergi bersama temanmu yang hobi membaca ke toko buku untuk melihat buku, atau ke perpustakaan untuk membaca bersama-sama. Tentu beda jika kamu membaca sendiri dibandingkan dengan membaca dengan temanmu.

Tentang Penulis.

Assalamualaikum wr wb. Halo perkenalkan aku Aulia Rahmawati, hanya siswi biasa yang suka membaca. Kamu bisa memanggilku Aulia. Aku lahir di Jember, Jawa Timur pada tanggal 02 April 2010. Saat ini sedang belajar di MTsN 01 Jember. Itu saja perkenalan singkat aku, silahkan kontak aku jika ingin berteman ! :D

Email : [email protected]

Nomor WhatsaApp: +62 812-1719-8763

Akun Instagram : @aul4elia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post