Alya Rizkyna Safira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Teknologi, Sang Pembangun Negeri Berprestasi

Hai. Tema tulisan pada periode bulan Maret ini adalah "Bijak Berteknologi, Tingkatkan Prestasi”. Jadi, di dalam tulisan saya ini akan membahas tentang teknologi beserta beberapa contoh, dampak negatif atau positif yang ditimbulkan, dan cara untuk menangani anak yang telah kecanduan bermain internet secara rinci.

Sebelum memulai tulisan ini, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Perkenalkan nama saya Alya Rizkyna Safira, atau akrabnya dipanggil Fira. Siswi SMP Negeri 5 Pamekasan yang saat ini duduk dibangku kelas 8. Hidup di era modern dengan berbagai macam teknologi canggih tidak semudah itu. Jika kita tidak menggunakannya dengan bijak, maka akan berdampak negatif bagi perkembangan dunia.

Di era globalisasi ini, teknologi berkembang dengan pesat. Teknologi memiliki banyak manfaat bagi kita semua. Tapi, di sisi lain juga memberikan pengaruh buruk terhadap pikiran, lingkungan, dan sekitarnya. Di zaman sekarang teknologi adalah hal yang paling diperlukan untuk menunjang kehidupan manusia. Tanpa adanya teknologi dunia akan dilanda kegelapan. Bayangkan saja jika sebuah bohlam lampu tidak dialiri listrik yang merupakan energi untuk menyalakannya. Bumi itu bulat, sama seperti bohlam lampu karena jika tidak ada teknologi yang menunjangnya, maka kegelapan akan menyertaiinya. Semua orang akan kehilangan arah mereka untuk menggapai dunia kesuksesan. Karena lmpu yang seharusnya menyinari jalanan tidak hidup tanpa adanya aliran listrik. Sehingga menyebabkan jalan yang mereka lewati untuk meraih impian gelap gulita.

Sebelum melanjutkan, saya ingin bertanya. Apakah kalian sudah tahu tentang teknologi dan macamnya ?. Jika belum, teknologi adalah sarana yang menunjang kehidupan manusia. Teknologi adalah alat bantu yang digunakan manusia untuk meringankan pekerjaan ataupun melakukan aktivitas sehari-hari. Teknologi menjadi sarana utama yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Karena tanpa adanya teknologi, manusia tidak akan berkembang sehingga akan berdampak buruk bagi sekitarnya.

Teknologi memiliki berberapa contoh. Di tulisan saya ini akan membahas tentang teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah sebagai media yang memuat berbagai informasi dari semua sisi belahan dunia. Dampak positif dari berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi adalah mempermudah manusia dalam mencari data ataupun hal yang diperlukan lainnya dari internet. Informasi yang didapatkan akan membantu manusia untuk mempercepat penyelesaian tugas mereka. Selain itu juga mempermudah manusia dalam berkomunikasi jarak jauh. Manusia dapat berkomunikasi dengan mudah meskipun terhalang oleh jarak yang jauh. Teknologi informasi dan komunikasi membutuhkan internet agar dapat digunakan dengan maksimal. Contoh benda yang termasuk dalam kategori teknologi informasi dan komunikasi adalah handphone, laptop atau komputer, televisi, radio, dan lainnya. Tetapi, televisi dan radio hanyalah contoh dari media informasi.

Bagi para pelajar ataupun mahasiswa, teknologi informasi dan komunikasi menjadi sarana utama dalam pembelajaran. Contohnya pada saat pandemi covid-19 yang melanda Indonesia di tahun 2020 lalu. Membuat para remaja diharuskan untuk belajar dari rumah. Pada saat itu, teknologi menjadi penyelamat bagi mereka. Tanpa adanya teknologi informasi dan komunikasi mereka tidak bisa lagi menuntut ilmu ataupun berkomunikasi. Handphone dan laptop menjadi benda wajib yang harus dimiliki oleh para pelajar ataupun mahasiswa kala itu. Teknologi informasi bermanfaat untuk mencari materi pembelajaran. Sedangkan teknologi komunikasi berguna dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Handphone atau laptop akan mempermudah para pelajar untuk menuntut ilmu demi mengejar impian mereka.

Selain memberikan dampak positif bagi manusia, teknologi juga memiliki sisi negatif bagi orang yang menggunakannya. Bagaikan dua sisi koin yang berbeda. Berdampak positif dan negatif bagi penggunanya. Tentu saja berkembangnya zaman dan teknologi yang pesat, membuat para remaja menggunakan handphone untuk melakukan banyak aktivitas. Tidak jarang menggunakan handphone untuk bermain game online bersama. Saya tahu, dari hal itu kita dapat menemukan banyak teman baru dari berbagai wilayah bahkan sampai negara lain. Tapi, di sisi lain memberikan dampak positif bagi para remaja, bermain game online juga dapat menjerumuskan mereka ke dalam dunia perjudian. Perjudian game online dengan hadiah berupa uang atau benda berharga lainnya, akan membuat mereka tertarik untuk mencobanya. Setelah mencoba satu kali, mereka akan kecanduan untuk bermain judi game online. Hal tersebut akan berdampak untuk kehidupan mereka kedepannya. Mereka akan malas untuk belajar, sehingga membuat prentasi yang dimiliki menurun. Untuk menangani hal tersebut, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi sang anak saat bermain game online. Mereka harus berhati-hati agar lalai dalam mengawasi sang anak saat bermain gadget. Contohnya saat bermain game online, agar perjudian atau hal lainnya yang tidak diinginkan dapat dicegah sebelum terjadi.

Selain bermain game online akan berdampak buruk bagi para remaja, sebuah tontonan yang dilihat dan didengar oleh anak-anak akan sangat berpengaruh ke dalam pikiran mereka. Tontonan yang tidak sesuai dengan umur membuat otak mereka rusak. Tontonan tersebut menjadi virus yang meracuni pikiran mereka. Mereka akan memiliki pemikiran yang lebih dewasa, berbanding terbalik dengan usianya. Pengawasan orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua seharusnya mengawasi sang anak dengan ketat saat menonton film di handphone ataupun televisi. Agar anak tidak terjerumus ke dalam hal negatif lewat sesuatu yang ditonton sehingga dapat merusak pemikiran mereka. Memilih film yang sesuai dengan umur sang anak dan kualitas bagus, agar dapat memberikan manfaat berupa pembelajaran bagi mereka.

Penggunaan teknologi yang berlebihan menyebabkan banyak remaja harus rela kehilangan masa depan mereka. Prestasi belajar yang pernah diraih, seketika menurun dengan drastis. Akibat dari rasa malas untuk belajar, membuat mereka sulit untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Pergaulan bebas mengarahkan mereka untuk melakukan hal negatif yang tidak bermanfaat sehingga akan berdampak buruk bagi sekitarnya. Cara menanggulangi anak yang sudah kecanduan bermain internet dan menggunakan teknologi untuk hal yang tidak bermanfaat itu sulit. Peran orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak di zaman sekarang sangatlah penting. Lingkungan tempat mereka tumbuh dan bersosialisasi juga perlu diperhatikan. Orang tua juga perlu memperhatikan sang anak dengan lebih ketat untuk mewaspadai hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, orang tua juga perlu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak. Hal itu sangat penting untuk dilakukan agar pertumbuhan anak sesuai dengan usia dan tidak melewati batas wajarnya. Penggunaan teknologi yang bijak akan menentukan prestasi belajar kita untuk kedepannya.

"Gunakan teknologi untuk membangun negeri, bukan malah meruntuhkan dengan mengetik hal tidak terpuji dengan jari".

"Ayo berprestasi, tidak perlu membuang waktu mu untuk sekedar melampiaskan rasa frustasi".

"Kejarlah prestasi, untuk membangun negeri".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post