Alifiyyah Shafira Silda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Katakan Tidak Pada Pergaulan Bebas

Katakan Tidak Pada Pergaulan Bebas

Oleh: Alifiyyah Shafira Silda

Masa pubertas adalah masa dimana para manusia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, entah itu pertumbuhan fisik ataupun pertumbuhan pada mental nya. Pada masa pubertas memiliki banyak nya perubahan, perubahan bentuk tubuh, penampilan tubuh , sikap dan salah satu nya adalah cara kita bergaul. Lingkungan pergaulan itu membuat karakter ataupun mental kita berpengaruh.

Pergaulan bagi para remaja adalah sesuatu yang sangat penting, karena di lingkungan pergaulan para remaja melakukan interaksi nya sebagai mahkluk sosial. Sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat hidup sendiri, dan harus membutuhkan orang lain serta tanpa adanya pergaulan kita tidak akan mempunyai teman untuk memperoleh sebuah keuntungan.

Pergaulan bebas sangat bertentangan dengan norma norma masyarakat, agama dan merugikan kita dalam bentuk fisik maupun mental, serta tak jarang ditemukannya para remaja yang sudah terpengaruh oleh buruknya pergaulan bebas seperti penyalahgunaan narkoba dan obat obatan terlarang, penggunaan bahasa yang tidak etis, lupa pada agama, kehidupan malam dalam konteks negatif, tawuran, minum minuman keras dan lain sebagainya. Dari pergaulan bebas tersebut, dan kita tidak bisa melimpahkan kesalahan ini hanya kepada kaum remaja, banyak faktor yang membuat para remaja pada masa pubertas yang terpengaruh oleh buruk nya pergaulan bebas. Salah satu faktor nya adalah :

1. Faktor Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi tindakan dan perilaku remaja. Lingkungan keluarga penanggung jawab utama terhadap pertumbuhan jasmani dan rohani anaknya yakni melalui cara mendidik dan membimbing. Berhasil tidaknya pendidikan seseorang anak dapat dihubungkan dengan perkembangan sikap dan pribadi orang tuanya serta hubungan komunikasi dan peraturan internal dalam keluarga. Lingkungan keluarga dapat berperan penuh terhadap perkembangan keluarganya untuk memberikan sistem pendidikan secara komprehensif, saling berkesinambungan, mulai dari anak tumbuh dari masa perkembangan, sampai masuk kedewasaan dan masuk pada pernikahan, namun dewasa ini banyak orang tua yang sibuk dengan tugas pekerjaannya, sehingga lupa tugas pokoknya memperhatikan perkembangan anak dan waktu keluarga habis dengan aktivitas di luar rumah, sehingga perhatiannya dalam keluarga tersita yang mengakibatkan banyak anak sekarang mengalami masalah dan mengalami gangguan psikologis, kebanyakan anak yang mengalami masalah itu, justru sangat besar pengaruhnya dari masalah lingkungan keluarga

2.Faktor Lingkungan Pertemanan

Selain lingkungan keluraga, lingkungan pertemanan juga faktor yang berperan penting terhadap pergaulan remaja. Lingkungan pertemanan merupakan lingkungan yang paling banyak pengaruhnya, dimana terjadinya suatu interaksi yang intensif dan cukup teratur dengan teman temannya yang mempunyai kesamaan dalam usia dan status, yang memberikan dampak atau pengaruh positif maupun negatif yang dikarenakan interaksi didalamnya. Dampak positif di lingkungan pertemanan salah satunya membentuk kepribadian, memperoleh pola pikir dari teman lainnya , dan berbagi suka dan duka tanpa menghakimi, untuk dampak negatif nya adalah melupakan kewajibannya seperti belajar dan tugas karena asyik berkumpul dengan teman teman dalam lingkungannya, melupakan jati dirinya ketika ingin memenuhi beberapa ekspetasi kelompoknya atau sekedar ikut ikutan melakukan sesuati agar tidak dijauhi, dapat mengubah gaya hidup seseorang. Ajakan untuk melakukan hedonisme sering kali muncul dikalangan pertemanan remaja, keinginan untuk mendapatkan serta menjadi pusat perhatian.

Kita harus bersikap cerdas dan bijak dalam bergaul dengan teman, bersama keluarga dan selalu bersikap dimana kita berada. Kita dalam bergaul harus bisa menjadi pendengar yang baik, dapat membangun hubungan yang baik, saling bersepakat dan selalu menghargai pendapat teman, ber etika sosial dengan baik, secara sederhana teman senang dihargai dan dapat menunjukkan sikap menghargai dengan tidak lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih.

Pergaulan bebas hanya bisa membawa kita ke dalam masa depan yang gelap. Maka dari itu, Ayo kita bersungguh sungguh dalam belajar agar mengetahui bagaimana cara menghindari pergaulan bebas untuk masa depan yang cerah.

Biodata Penulis :

Halo!! Nama saya Alifiyyah Shafira Silda. Sekarang saya berusia 13 tahun, Saya lahir di Jember pada tanggal 30 Desember 2008. Saya sekarang sekolah di MTsN 01 Jember dan duduk dibangku kelas 8. Perkenalan diri saya sampai sini ya, jika kalian ingin berkenalan lebih lanjut kalian bisa mengunjungi Instagram saya:@a.lyyfiy dan alamat email saya [email protected]. Nomor telepon saya 0822 2842 6770

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post