Alifah Nur J

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hebatnya buku dan perpustakaan

Hebatnya buku dan perpustakaan

Oleh : Alifah Nur Jannah

 

    Buku, mungkin sering sekali kita mendengar kata itu, kalau di tanya apa sih buku itu? Menurut pengertian buku adalah kumpulan/himpunan kertas atau lembaran yang tertulis atau mengandung tulisan. Mungkin menurut sebagian besar orang buku sangatlah membosankan, apalagi untuk dibaca. Di dunia ini sangatlah banyak macam jenis buku mulai dari buku biasa, buku sejarah, buku pelajaran, dan lain sebagainya. 

 

    Buku tidak hanya kita temukan di rumah, jika kita pergi ke perpustakaan banyak sekali macam-macam jenis buku. Banyak juga orang yang diam di sana hanya untuk membaca buku. Menurut mereka yang ada di perpustakaan diam mereka tidaklah hanya berdiam, namun mereka di sana berdiam untuk membaca apa yang ingin mereka ketahui. 

 

    Seperti apa yang kita ketahui banyak sekali orang yang berhasil menggapai impian atau cita-cita mereka dengan cara membaca buku. Terlebih lagi buku yang ada di perpustakaan. Membaca buku juga melatih otak kita untuk belajar berpikir secara kritis. Membaca buku tidaklah membuat kita bosan, jika kita tidak terbiasa mungkin akan terasa membosankan tetapi lama-kelamaan kita akan senang jika kita sering berinteraksi dengan buku

 

    Jika mendengar kata buku, pasti kita juga tidak asing dengan perpustakaan bukan? Seperti yang dikatakan oleh Sidney Sheldon "Perpustakaan menyimpan energi yang memicu imajinasi. Perpustakaan membuka jendela ke dunia dan menginspirasi kita untuk mengeksplorasi dan mencapai, dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup kita." Perpustakaan bisa membuat kita ingin mengunjungi tempat penuh manfaat tersebut. Perpustakaan merupakan tempat pengumpulan pengetahuan secara tercetak dan terekam.

 

    Perpustakaan juga bisa diartikan koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lain yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dibicarakan. Banyak ilmu dan penemuan baru bersumber dari perpustakaan. Bisa dibilang, perpustakaan adalah tempat membaca masa depan. Maka dari itu kita harus merubah apa yang biasa kita tidak lakukan, mulailah membaca buku dan pergi ke perpustakaan-perpustakaan. 

 

    Masih banyak juga yang mempunyai pandangan positif terhadap perpustakaan, bukan hanya tentang buku, tetapi perpustakaan juga merupakan tempat belajar dan referensi yang paling terpercaya untuk membuat tugas. Buku dan perpustakaan bukanlah sesuatu yang asing bagi kita semua terlebih lagi untuk siswa dan mahasiswa. Kita sebagai pelajar buku yang sangat paling penting untuk menemani belajar kita karena kita bersentuhan langsung dengan buku. 

 

    Semakin kesini perpustakaan semakin jarang juga untuk dikunjungi oleh para masyarakat, hanya sebagian saja orang yang mengunjungi perpustakaan. Padahal seperti yang kita tahu di perpustakaan banyak sekali buku-buku yang sangat amat bermanfaat. Buku yang digunakan siswa mempunyai banyak sekali peran penting untuk pelajar. 

 

    Berdasarkan penjelasan di atas, sebagian besar dari mereka bersyukur sering membaca di perpustakaan, karena banyak sekali manfaat yang bisa di ambil dari perpustakaan. Perpustakaan dan buku memberi banyak peluang untuk kita menjadi seseorang yang sukses, karena di sana mendapatkan ilmu dan wawasan untuk mendukung kita menuju kesuksesan.

 

 

 

 

 

Biodata penulis: 

 

Penulis bernama Alifah Nur Jannah siswa dari MTsN 12 Madiun, lahir di Madiun 06 Januari 2009. Penulis bisa di hubungi di alamat berikut, email : [email protected], nomor hp : 085738801716

 

 

 

 

 

 

 

    

 

 

    

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post