Alfajhar Nurvayz

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Membaca Meraih Ilmu Melahirkan Sebuah Karya

Membaca adalah melawan, menulis menciptakan perubahan dan berkarya membawa harapan

Membuka selembar halaman, membaca separagraf, dan memahami sebaris tulisan hingga sejuta pengetahuan memasuki dalam pikiran. Mengubah kebodohan menjadi kecerdasan, memberi jalan pada pikiran yang tersesat. Buku, sebuah benda yang bisa mengubah dunia hanya dengan tulisan-tulisan di dalamnya. Membaca, sudah menjadi kebiasaan orang-orang dari zaman dahulu. Dari membaca, banyak hal-hal ditemukan, cerita rakyat, ilmu hingga sejarah. banyak orang-orang yang penasaran dengan di dalamnya, mereka menciptakan sebuah hal yang hebat, sesuatu yang baru dan mustahil dari dalam buku itu. Berkarya demi memajukan dunia.

Selepas pulang dari sekolah, aku sering membaca buku, akan tetapi karena sedikit buku yang ku punya, jadinya kebanyakan membaca di situs online. Sembari membaca, aku menemukan banyak kosakata-kosakata yang baru. Diriku dengan bagaimana menemui kosakata baru tidak hanya dengan belajar di sekolah, tetapi dari membaca, karena sudah menjadi hobi. Dari sering membaca, aku bisa memperbaiki kata-kata dalam tulisanku agar lebih terlihat lebih menarik. Menulis juga adalah salah satu dari kebahagiaan ku. Menulis semua kehidupanku, cerita imajinasi dari pikiranku, selembar halaman penuh dengan tulisanku, sudah menjadi separuh dari bahagiaku.

Di sekolah, di rumah, maupun di mana-mana, banyak orang-orang yang berkarya. Mereka menciptakan sesuatu yang baru dan hebat, apa yang mereka lakukan selama ini, pasti ada suatu hal yang tersembunyi dan sudah menjadi dasar bagi kita, yaitu membaca. Awalnya, mereka ingin memecahkan masalah terhadap pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan dan aneh, menciptakan suatu mahakarya yang hebat. Lalu, mereka pun ingin menjawab pertanyaan itu dengan membaca, membaca dan membaca lagi. Suara-suara membuka lembaran buku sering terdengar, mencatat, memperhatikan dan memahami tiap barisan tulisan yang penting untuk mengembangkan sebuah karya.

Begitupun denganku, apa yang mereka lakukan selama itu sama juga denganku. Aku sering mengikuti lomba menulis, sebelum memulai untuk menulis, biasanya aku membuka buku catatan pentingku yang berisikan kosakata-kosakata yang telah ku temui selama membaca. Sebuah karya yang dibuat tanpa didahului dengan riset yang benar, jadi apakah karya tersebut layak untuk diperkenalkan? Mungkin orang-orang akan bingung apa sebenarnya maksud dari karya tersebut. Begitulah aku mendefinisikannya, sebuah karya haruslah diperhatikan maksudnya, melakukan riset berarti juga sama dengan membaca. Pasti kita akan membaca artikel-artikel yang menjadi solusi untuk memecahkan masalah dalam mengembangkan sebuah karya.

Yang ku awali sebelum menulis adalah membaca kembali pada buku catatan ku itu, mungkin tiga hingga empat halaman buku bacaan juga. Sewaktu-waktu aku bisa menemukan kosakata baru yang memperbagus tulisanku. Membaca sebelum berkarya adalah hal yang penting. Sebuah karya yang kita buat lebih menarik isinya yang tidak diketahui orang-orang, mungkin mereka akan lebih penasaran dan memulai memasang mata memperhatikan apa maksudnya. Maka dengan itu, perlunya lebih memahami karya sendiri daripada orang-orang. Bagaimana caranya? Dengan membaca, membaca dan memahami satu per satu informasi yang didapat. Kemudian, catatlah informasi penting itu dalam buku tulis, akan tetapi ringkaslah informasi tersebut dengan kata singkat dan mudah bagi kita. Setelahnya, barulah kita membaca ulang kembali untuk menciptakan suatu karya. Dari karya-karya ini akan membawa harapan untuk orang-orang dan menciptakan perubahan bagi kehidupan.

Ibarat buku adalah gerbang dan di dalamnya dipenuhi ilmu-ilmu, maka membaca adalah kunci untuk membuka gerbang itu. Dan dari ilmu-ilmu melahirkan sebuah mahakarya

Biodata Penulis

Namanya adalah Alfajhar Nurvayz, ia lahir di Batam pada tanggal 31 Maret 2009. Ia adalah anak sulung dari 2 bersaudara. Hobinya adalah menggambar, membaca dan menulis. Ia memiliki cita-cita yaitu ingin menjadi Penulis dan Komikus yang hebat. Ia memiliki motto hidup yaitu "Hidup adalah seni menggambar tanpa penghapus, kita hanya bisa memperbaikinya tetapi tidak bisa menghilangkannya". Alamat rumahnya berada di Jln. SDN 010 Sekupang, Rt 05 Rw 01 no. 42, Kel. Tiban Lama, Kec. Sekupang, Batam. Nomor WA yang aktif ia gunakan adalah 081990785885 dan email aktif [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post