Aisyah Tri Rahmawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Diskusi Yang Telah Berlalu

Diskusi Yang Telah Berlalu

Halo guys, hari ini Aku ingin bercerita kegiatan diskusiku yang ketiga. Mohon maaf ya aku terlambat melanjutkannya ceritanya. Simak ceritaku ya guys!!

Diskusi yang ketiga mendiskusikan mengenai materi etika berbicara dan kebersihan lingkungan. Diskusi dengan materi yang menarik sekali ya...

1. Etika Berbicara

  Etika berbicara merupakan kewajiban sikap dan perilaku sebagai anggota masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai sopan santu, tata krama, dan saling menghormati. Dalam berkomunikasi juga dapat menggambarkan atau menunjukkan sikap kita. Untuk berkomunikasi kita harus memiliki etika dan aturan. Berkomunikasi dengan orang lain tentu memerlukan norma yang menjadi acuan. Karena jika kita memiliki etika maka kita akan dinilai lebih bermoral di lingkungan masyarakat.

  Ada beberapa hal yang bisa kita terapkan dalam beretika saat berkomunikasi seperti berbicara seperlunya, berbicara pada waktu dan tempatnya, penggunaan bahasa yang baik dan benar, mendengarkan ucapan lawan bicara, menatap mata lawan saat berbicara, hindari menyela lawan bicara saat berbicara dan bicara tanpa menghakimi lawan bicara.

  Beretika untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari juga perlu memperhatikan tutur kata juga ekspresi wajah. Dalam berbicara jika kita beretika dapat terlihat lebih bermoral. Sebagai yang berpendidikan kita juga penting menunjukkan etika yang baik dalam berbicara. Jika kita beretika dalam berkomunikasi dapat melancarkan komunikasi dengan orang lain, maka dari itu hubungan yang sudah terjalin dapat lebih erat.

  Beretika dalam komunikasi juga penting untuk menyelipkan humor di dalamnya, karena dalam berbicara pasti ada rasa bosan. Beretika dalam berkomunikasi sangat penting diterapkan dan dipelajari Sejak dini karena dalam kehidupan kita tidak lepas dengan kegiatan berkomunikasi. Dampak positif dalam etika berbicara yaitu sikap saling menghargai lawan bicara, mendapat nilai positif dari lawan bicaranya. Dampak negatifnya dinilai buruk dan tidak dihormati

  Selain itu, ada beberapa pertanyaan dari teman-teman di dalam diskusi yaitu 

1.) Junita : Bagaimana sikap kalian jika memiliki teman yang tidak mempunyai etika? Sikap kita harus menyadarkan dan mengajarkan hal-hal yang utama serta memberikan wawasan bahwa etika dalam berbicara sangat diwajibkan. Agar kita lebih kelihatan bermoral

2.) Fauzia : Bagaimana cara memiliki adab? Caranya dengan dimulai dari kesadaran diri dan kemauan untuk merubah diri 

 Jadi, etika berbicara sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari agar kita kelihatan orang yang berpendidikan dan bermoral serta etika berbicara juga bisa menentukan masa depan kita.

2. Kebersihan Lingkungan 

   Kebersihan lingkungan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kebersihan lingkungan dimulai dari kesadaran diri sendiri akan lingkungan.  Kesadaran masyarakat akan kebersihan masih sangat rendah. Oleh karena itu, perlu diadakannya sanksi tarhadap masyarakat yang melanggarnya. Permasalahan kebersihan lingkungan masih belum terselesaikan. 

   Lingkungan hidup yang bersih menciptakan rasa nyaman serta kesehatan bagi setiap individu. Lingkungan yang kotor akan menyebabkan penyakit dan rasa tidak nyaman. Kebersihan diri merupakan cermin kehidupan seseorang. Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat pribadi dan kewajiban setiap individu.

   Manusia dan lingkungan punya keterikatan yang kuat. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat. Hal ini terutama juga terjadi di negara negara berkembang lainnya. Terutama, pada masalah TPA di Bantar Gebang, Bekasi yang makin meningkat bahkan tingginya setara dengan 16 lantai gedung. Untuk mengurangi sampah kita bisa mendaur ulang dan membuat bank sampah. Padahal, menjaga kebersihan lingkungan penting dilakukan agar para penduduknya terhindar dari berbagai penyakit.

  Salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Dengan membiasakan diri menjaga kebersihan rumah dan halaman, hal ini dapat membuat kita menjadi lebih terbiasa membersihkan lingkungan sekitar sekitar. 

   Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga dan membersihkan lingkungan yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling utama adalah tidak membuang Sampah sembarangan, membersihan selokan, dan lain-lain.

• Dampak positif 

1) Menghindari ancaman banjir

2) Menghindari penyakit menular

3) Lingkungan lebih nyaman 

• Dampak negatif  

1) Terciptanya lingkungan yang kumuh

2.) Lingkungan menjadi tdak nyaman

3.) Menimbulkan wabah penyakit 

4.) Menyebabkan bencana alam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post