Agrez Jauza

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
EDUKASI DI MASA CANGGIH

EDUKASI DI MASA CANGGIH

Nama : Agrez Jauza Seka Navindy

Kelas : 8A

Absen : 05

TUGAS MEMBUAT ARTIKEL

Pada masa digital seperti masa kini, siswa susah terlepas dari sebuah benda canggih. Benda canggih ini disebut handphone. Bahkan benda tersebut dapat membuat personal menjadi lebih percaya diri. Beberapa di sekelompok pemuda zaman sekarang, mereka akan tersisih jika tidak memiliki benda tersebut.

Di dalam dunia bidang edukasi, handphone pun memiliki peranan yang sangat penting. Siswa mulai familiar dengan handphone di masa pandemi Covid-19 kemarin. Dikarenakan tidak bisa melakukan pembelajaran secara luring atau secara tatap muka, handphone diperlukan untuk pembelajaran secara daring atau secara online. Maka sejak pandemi itulah siswa diwajibkan menggunakan handphone.

Handphone memiliki dampak positif untuk meningkatkan prestasi, namun juga bisa menimbulkan dampak negatif untuk merusak dan penghancur masa depan. Semua tergantung cara personal menggunakannya. Para guru dan siswa yang melakukan kegiatan daring didorong untuk menggunakan sistem teknologi digital jika mereka meyakini bahwa itu akan bermanfaat bagi mereka. Kegiatan pembelajaran akan berkembang mengikuti zaman. Maka dari itu pembelajaran tidak dapat dipisahkan dengan kemajuan teknologi, walaupun hal ini memberikan dampak negatif untuk mereka yang menyalah gunakan dan akan berdampak positif untuk mereka yang menggunakannya secara cukup dan bijak. Bagi kami, untuk mendapat keuntungan dari kemajuan teknologi digital adalah selalu berfikir positif.

Di perkembangan siswa sendiri, handphone tidak selalu hanya untuk pembelajaran, namun banyak sebagian besar hanya dipergunakan untuk bersosial media, seperti Instargram, Telegram, WhatsApp, TikTok, dan aplikasi lainnya. Sebenarnya tindakan bersosial media ini tidak dilarang untuk siswa, namun harus memiliki batas saat menggunakannya.

Sebagai siswa, kita sangat perlu handphone. Banyak sekali menfaat dan informasi yang bisa kita peroleh di handphone ini. Bahkan, pembelajaran yang diberikan oleh guru pun membutuhkan handphone, seperti tugas B.Indonesia kali ini. Kami ditugaskan membuat artikel seperti ini. Bahkan dengan handphone ini, pelajaran yang sulit pun bisa dengan mudah kita dapat di internet.

Bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya hal negatif bermain handphone?Kita harus bijak dalam mengelola data pribadi. Di era yang serba canggih ini, kemungkinan besar informasi tersebar dengan mudah di media sosial. Maka dari itu tentu kita harus memastikan apakah di situs kita memasukan data pribadi itu aman atau tidak.

Ketika kita merasa kesulitan belajar di kelas, internet media sosial dapat membantu siwa untuk berkomunikasi dengan guru sehingga pelajaran bisa masuk ke otak.

Lalu, apa saja kejelasan manfaat media sosial untuk siswa?Pertama, untuk Sarana komunikasi dengan baik antar siswa dengan guru maupun dengan keluarha. Kedua, mempermudah kegiatan pembelajaran daring. Hal ini dapat dijadikan siswa maupun guru untuk meningkatkan sarana penunjang pembelajaran. Ketiga, dapat meningkatkan kreatifitas dimana media sosial bisa dijadikan media untuk meningkatkan keterampilan dan bakat serta pengekpresian diri. Keempat, peluan mendapat pengetahuan lebih luas. Para siswa menjadi terbantu dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Kelima, sara belajar secara mandiri untuk siswa yang belum mendalami materi. Ketika pembelajaran di sekolah, dapat meningkatkan kepahamannya dengan internet.

Keenam, minat baca literasi meningkat. Pada zaman kini, minat literasi siswa sangat menurut. Maka dari itu media sosial menyediakan informasi dan bacaan bacaan menarik di sebuah aplikasi, misalnya, Wattpad, Webtoon, eBook, dan aplikasi lainnya. Sehingga siswa dapat tertarik untuk membacanya dan mengambil informasi yang positif.

Itulah manfaat handphone, internet bagi siswa. Menggunakan media sosial harus dilandasi dengan kebijakan dan kecerdasan agar tidak terjerumus ke hal hal yang seharusnya siswa tidak masuk kedalam hal tersebut. Di dalam dunia edukasi, maanfaatnya turut membantu siswa dan guru dalam misi menyukseskan keberhasilan belajar mengajar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post