Afinda Eliana Putri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
RAJIN UNTUK MEMBACA, CERAH UNTUK MASA DEPAN

RAJIN UNTUK MEMBACA, CERAH UNTUK MASA DEPAN

Penulis: Afinda Eliana Putri

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), membaca adalah mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. Sedangkan menurut para ahli, membaca adalah suatu proses untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media berupa kata-kata atau bahasa tulis.

Membaca dapat kita jadikan hobi dengan membaca masa depan akan menjadi cerah, karena dengan membaca dapat menstimulasi mental, otak merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan latihan agar tetap kuat dan sehat. Membaca dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Membaca juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan, dengan membaca dapat mengisi kepala dengan berbagai macam informasi baru. Semakin banyak pengetahuan yang di miliki, maka akan semakin siap seseorang untuk menghadapi tantangan hidup baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Cerita maupun ide-ide yang tertuang dalam sebuah buku dapat membantu seseorang untuk membuka jalan pikiran, untuk mengenal dunia lain. Meningkatkan fokus dan konsentrasi juga merupakan salah satu manfaat dalam membaca, pada saat membaca buku, seseorang dapat melatih otak untuk lebih fokus dan konsentrasi pada apa yang di baca. Selain itu, membaca dapat memperluas pemikiran seseorang. Seseorang yang hobi membaca akan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi dari pada orang-orang yang tidak atau kurang membaca, sehingga nantinya bisa di jadikan suatu bahan pertimbangan dalam memutuskan sesuatu. Membaca dapat mendorong tujuan hidup, dengan membaca buku seseorang akan mendapatkan motivasi dalam mengatasi segala macam hambatan, sehingga nantinya dapat membantu dalam mencapai tujuan hidup. Membaca juga melatih keterampilan dalam berpikir dan menganalisis, dengan itu seseorang dapat berpikir lebih kritis maupun menganalisis adanya suatu permasalahan. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan karakter seseorang di masa mendatang. Sehingga dengan itu semua, peran membaca sangat diperlukan dalam terwujudnya masa depan yang cerah.

Akan tetapi kenyataannya sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih malas dalam membaca, itu artinya hanya sebagian kecil masyarakat Indonesia yang rajin membaca. Kemalasan itu dapat di hilangkan dengan beberapa cara, yaitu: (1) punya keinginan yang kuat, (2) mempunyai motivasi yang kuat, (3) mulailah membaca dari buku yang ringan, (4) pilih buku yang menarik, (5) menetapkan target membaca, (6) ciptakan tujuan, (7) cintailah buku dengan selalu membawanya ke mana-mana, (8) janjikan reward untuk diri sendiri, (9) membaca bersama-sama, (10) lakukan dengan semangat dan jangan menyerah. Dengan itu, apabila semangat membaca telah tertanam dan menjadi kebiasaan, seseorang akan lebih mudah dalam mencapai pendidikan tinggi, dan pendapatan yang tinggi. Sehingga nantinya masa depan cerah akan terwujud dengan dimulainya kebiasaan yang baik yaitu membaca.

Nama: Afinda Eliana Putri

Tempat, Tgl Lahir: Jember, 9 Januari 2010

Sekolah: MTsN 1 Jember

Alamat Email: [email protected]

No WA: 082139422668

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post