Adika Rizki Yulianto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KULINER KHAS DARI BUMI SERUNDANG SETUNGGUAN: ADIKA RIZKI YULIANTO

KULINER KHAS DARI BUMI SERUNDANG SETUNGGUAN: ADIKA RIZKI YULIANTO

Indonesia dikenal dengan keberagamannya. Berbicara tentang Indonesia memang tidak lepas dari keberagaman dari seluruh elemen yang terkandung di dalamnya. Baik kesenian tradisional, ciri khas dari masing masing daerah, keelokan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di seluruh pelosok negeri seribu pulau ini. Begitu juga dengan makanan khas daerahnya.

Sejak tanggal 30 Juni 2022, Provinsi Papua resmi dimekarkan menjadi 3 provinsi, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan, sehingga resmi mengubah Indonesia menjadi 37 Provinsi. Setiap provinsi di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, begitu juga dengan makanan khas daerah. Salah satu makanan khas daerah adalah Ikan Pais. yang merupakan makanan khas Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

Ikan Pais atau yang lebih dikenal dengan nama Ikan Pepes adalah makanan khas dari Bengkulu yang dimasak dari salah satu jenis ikan yang disukai. Kuliner yang diolah dengan cara dibakar atau dikukus ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat dan sambal.

Ikan Pais Bengkulu memiliki ciri khas rasanya gurih, sedikit manis dan pedas dengan aroma yang khas berasal dari daun pisang pembungkusnya. Tetapi terkadang masyarakat Bengkulu membungkus ikan Pais dengan daun talas. Warna kuning dari bumbu Ikan Pais merupakan ciri lain dari kuliner ini.

Warna kuning keorenan yang dilihat, merupakan warna yang berasal dari salah satu rempah khas nusantara, kunyit. Dengan tambahan rempah lain, seperti lengkuas, bawang bawangan dan juga tambahan pohon serai bisa menambah aroma dari kuliner tersebut.

Kuliner ini harganya sangat terjangkau, dan sangat cocok sekali dengan selera saya dan keluarga ketika kami makan siang ketika itu, di pantai nan indah yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kami merasakan enaknya menikmati Ikan Pais khas Bengkulu.

Suasana bertambah sangat menyenangkan saat ada hembusan angin sepoi-sepoi dari arah laut, saat kami santai usai makan, menghabiskan waktu sambil bercerita dan bersenda gurau dengan anggota keluarga. Sungguh kenikmatan yang susah terlupakan.

Anda mau merasakan kenikmatan yang pernah kami rasakan? Datanglah ke destinasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan dengan kuliner khasnya Ikan Pais. Ayo coba dan rasakan sendiri enaknya Ikan Pais kuliner khas dari Bengkulu tersebut. Pasti Anda mengatakan “Rasa ikan paisnya berbeda dengan rasa ikan pais yang pernah dimakan di tempat lain.”.

Diharapkan kuliner Ikan Pais yang ada di Bengkulu ini tidak lenyap begitu saja dalam masyarakat kita. Karena sekarang ini banyak penduduk Indonesia yang sudah mulai menyukai kuliner yang berasal dari luar Indonesia.

Banyak juga masyarakat Indonesia mulai menyukai makanan yang instan, mudah dan praktis. Mereka tidak sempat memerhatikan kandungan yang ada di dalam makanan instan tersebut, apakah itu sehat? Apakah itu buruk bagi kesehatan?

Padahal pada kenyataannya, kebanyakan makanan instan itu kurang baik bagi kesehatan, apabila di konsumsi terus menerus dalam waktu yang lama. Maka dari itu, marilah kita lestarikan makanan khas daerah dan selalu mengonsumsinya. Karena sesungguhnya makanan khas daerah sangat lezat dan bergizi serta merupakan ciri khas bangsa yang harus dipertahankan.

Harapan saya semoga di masa depan, anak-anak bangsa, masih bisa merasakan cita rasa dari makanan khas daerah yang ada di nusantara dan masih bisa menikmatinya.

BIODATA PENULIS

Adika Rizki Yulianto atau yang lebih dikenal dengan nama Odi adalah salah satu siswa SMA Negeri 2 Tanjungpandan, tepatnya di kelas 12 program studi MIPA 4. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara yang bercita cita sebagai seorang ahli iklim dan juga penulis. Lahir di Tanjungpandan, Belitung pada tanggal 13 Oktober 2005 dan saat ini sedang bahagia menjalani hidupnya di umur 16 tahun.

Find me on instagram @xd_ixa.r my whatsapp (083176121649) or my Email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren tulisannya, salam kenal yaa!

11 Jul
Balas

keren tulisannya, salam kenal yaa!

11 Jul
Balas

keren tulisannya, salam kenal yaa!

11 Jul
Balas



search

New Post