Pelajaran Yang Berharga
Pagi hari ini aku bangun dengan suasana hati yang tidak terlalu baik karena merasa sedikit takut untuk mengikuti satu pelajaran, tapi ternyata suasana berubah ketika masuk jam pelajaran bahasa Indonesia. Saat itu ada presentasi dari dua kelompok, yaitu kelompok 1 yang membahas teks deskripsi dan kelompok 2 yang membahas teks prosedur.
Kelompok 1 membahas tentang teks deskripsi. Teks deskripsi adalah suatu teks yang menggambarkan/mendeskripsikan sesuatu objek secara rinci dan jelas. Kelompok 1 menjelaskan materi dengan cukup runtut dan jelas, apalagi contoh yang diberikan membuat isi presentasi terasa lebih mudah dipahami. Walaupun begitu, beberapa anggota masih terlihat membaca powerpoint sehingga penyampaiannya agak kurang lepas.
Lalu, giliran kelompok 2 yang membahas teks prosedur, teks prosedur adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah atau suatu proses dalam melakukan sesuatu. Suasana kelas saat presentasi kelompok 2 tetap terjaga dengan baik karena penjelasan mereka sederhana dan mudah diikuti. Contoh prosedur yang mereka bawakan juga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, jadi lebih mudah membayangkan isi materinya. Hanya saja, akan lebih menarik kalau intonasi suara yang lebih bervariasi supaya tidak terdengar monoton.
Secara keseluruhan, kedua kelompok sudah berusaha dengan baik, membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan daripada yang aku bayangkan di pagi hari.
Jakarta, 30 Agustus 2025
#TulisanKeempatku
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar