SOAL BAB 3
Pada Bab 3 Bahasa Indonesia kelas 9, siswa akan mempelajari teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam, sosial, maupun budaya secara runtut dan logis. Melalui materi ini, peserta didik diharapkan mampu memahami struktur teks, mengenali hubungan sebab–akibat, serta menelaah penggunaan bahasa ilmiah yang tepat. Paragraf berikut menyajikan soal-soal yang dirancang untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks eksplanasi secara menyeluruh dan penuh.
1. Memahami rekon manual
Paragraf Soal:
Seorang siswa membaca rekon manual tentang cara merawat sepeda, yang berisi langkah-langkah seperti membersihkan rantai, memeriksa tekanan ban, serta melumasi bagian yang bergerak. Untuk memahami rekon manual tersebut, siswa harus ….
A. Membaca langkah-langkah secara acak
B. Mengikuti urutan langkah dari awal hingga akhir
C. Melompati bagian yang sulit dipahami
D. Mengabaikan petunjuk keselamatan
Jawaban: B
2. Mengidentifikasi opini
Paragraf Soal:
Dalam artikel tentang kebersihan sekolah, penulis menyatakan bahwa “taman sekolah adalah tempat paling nyaman untuk belajar.” Pernyataan tersebut merupakan ….
A. Fakta yang dapat dibuktikan
B. Opini karena berdasarkan pendapat penulis
C. Data yang diambil dari penelitian
D. Informasi sejarah
Jawaban: B
3. Mengidentifikasi asumsi
Paragraf Soal:
Dalam teks tentang penggunaan perpustakaan, penulis menyebutkan bahwa “semua siswa pasti rajin membaca jika ruang perpustakaan direnovasi.” Pernyataan tersebut menunjukkan ….
A. Fakta yang terbukti
B. Asumsi karena belum tentu benar
C. Kesimpulan yang kuat
D. Opini berdasarkan survei
Jawaban: B
4. Membedakan fakta dan opini
Paragraf Soal:
Dalam laporan lingkungan, tertulis bahwa “sungai ini memiliki panjang 2 km” dan “sungai ini adalah tempat paling indah di desa.” Berdasarkan kutipan tersebut, kalimat yang termasuk fakta adalah ….
A. Sungai ini adalah tempat paling indah di desa
B. Sungai ini memiliki panjang 2 km
C. Sungai ini menjadi favorit wisatawan
D. Sungai ini paling cocok dijadikan lokasi foto
Jawaban: B
5. Menggunakan rekon pribadi dalam diskusi
Paragraf Soal:
Saat berdiskusi mengenai cara mengurangi sampah plastik, seorang siswa menyampaikan rekon pribadinya berupa pengalaman ketika mengikuti kegiatan bank sampah di lingkungan rumah. Tujuan menyampaikan rekon pribadi dalam diskusi adalah untuk ….
A. Menambahkan data palsu
B. Mengabaikan pendapat orang lain
C. Memberi contoh nyata yang mendukung topik
D. Mengubah topik pembahasan
Jawaban: C
6. Rekon faktual
Paragraf Soal:
Seorang siswa menuliskan rekon faktual tentang kegiatan upacara bendera di sekolah dengan menceritakan urutan peristiwa sesuai kenyataan. Informasi dalam rekon faktual harus ….
A. Berisi pendapat pribadi
B. Menggunakan data yang tidak pasti
C. Sesuai dengan kejadian sebenarnya
D. Dibuat berdasarkan imajinasi
Jawaban: C
7. Debat
Paragraf Soal:
Dalam kegiatan debat kelas, peserta diminta menyampaikan argumen secara jelas, disertai alasan yang logis. Untuk memenangkan debat, hal penting yang harus dilakukan seorang pembicara adalah ….
A. Menyerang lawan tanpa bukti
B. Mengulang pendapat tanpa alasan
C. Menyampaikan argumen yang kuat dan terstruktur
D. Mengabaikan pertanyaan dari lawan
Jawaban: C
8. Menyimak, mencatat, dan menjawab pertanyaan tentang video secara mandiri
Paragraf Soal:
Siswa diminta menonton video edukasi tentang keselamatan lalu lintas, kemudian mencatat informasi penting seperti rambu jalan, cara menyeberang, dan aturan berkendara. Agar dapat menjawab pertanyaan dengan benar, siswa harus ….
A. Menonton tanpa mencatat
B. Menghafal seluruh isi video
C. Menyimak dengan fokus dan mencatat poin penting
D. Menjawab berdasarkan tebakan
Jawaban: C
9. Menggunakan huruf miring dalam tulisan
Paragraf Soal:
Dalam sebuah artikel, penulis menggunakan huruf miring untuk menuliskan istilah asing seperti online dan feedback. Tujuan penggunaan huruf miring dalam tulisan tersebut adalah untuk ….
A. Menandai kata yang salah
B. Menunjukkan istilah asing atau khusus
C. Menandai kalimat penting
D. Mengganti tanda baca
Jawaban: B
10. Membuat resume diskusi
Paragraf Soal:
Setelah melakukan diskusi tentang bahaya sampah plastik, seorang siswa diminta membuat resume. Ia harus menuliskan kembali inti pembahasan, pendapat yang muncul, dan kesimpulan kelompok. Dalam membuat resume diskusi, hal yang paling penting adalah ….
A. Menyalin seluruh percakapan
B. Menyampaikan isi diskusi secara ringkas dan jelas
C. Mengubah topik pembahasan
D. Menambah pendapat baru yang tidak dibahas
Jawaban: B
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan

Komentar