Mutiara Fathinah Nur Iman

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SOAL BAB 2

SOAL BAB 2

Pada Bab 2 Bahasa Indonesia kelas 9, siswa akan mempelajari lebih dalam tentang teks anekdot sebagai salah satu bentuk karya sastra yang menyampaikan kritik sosial melalui cerita singkat dan lucu. Pembelajaran ini menuntun peserta didik untuk mengenali struktur teks, memahami pesan yang tersirat, serta mengidentifikasi penggunaan bahasa yang efektif dalam menyampaikan humor dan sindiran. Paragraf berikut menyajikan soal-soal yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

1. Mengubah petikan cerpen menjadi teks prosedur sederhana

Paragraf Soal:

Dalam sebuah cerpen, diceritakan bahwa Lani membuat minuman jahe hangat dengan cara mengupas jahe, memarutnya, lalu merebus parutan jahe bersama gula merah. Setelah itu, ia menuangkannya ke dalam gelas dan menyajikannya selagi panas. Berdasarkan petikan tersebut, langkah pertama jika diubah menjadi teks prosedur adalah ….

A. Memarut jahe

B. Mengupas jahe

C. Merebus jahe dengan gula

D. Menyajikan minuman ke gelas

Jawaban: B

2. Mengeksplorasi kosakata dalam teks cerita

Paragraf Soal:

Dalam sebuah cerita petualangan, tokoh utama digambarkan berjalan melalui hutan yang “lebat” dan “sunyi”. Penulis menggunakan kosakata tersebut untuk memperkuat suasana cerita. Makna kata “lebat” pada paragraf tersebut adalah ….

A. Banyak pepohonan dan rimbun

B. Terasa panas dan kering

C. Terlihat sepi tanpa suara

D. Terdiri dari pohon-pohon kecil

Jawaban: A

3. Kosakata dalam bahasa daerah

Paragraf Soal:

Dalam cerita rakyat Sunda, terdapat kalimat “Ia memetik buah kadu yang tumbuh di belakang rumah.” Dalam bahasa Sunda, kata kadu berarti ….

A. Durian

B. Pepaya

C. Pisang

D. Mangga

Jawaban: B

4. Cara mendapatkan informasi dari teks prosedur

Paragraf Soal:

Sebuah teks prosedur tentang cara menanam cabai menyebutkan beberapa langkah, mulai dari menyiapkan tanah, menanam bibit, hingga merawat tanaman. Untuk mendapatkan informasi yang benar dari teks tersebut, pembaca harus ….

A. Membaca bagian penutup saja

B. Mengabaikan langkah awal dan fokus pada hasil

C. Membaca langkah-langkah secara berurutan

D. Menebak isi berdasarkan pengalaman pribadi

Jawaban: C

5. Mendiskusikan informasi dalam teks

Paragraf Soal:

Sekelompok siswa membaca teks tentang pengelolaan sampah organik di sekolah. Setelah membaca, mereka diminta berdiskusi untuk menentukan manfaat kegiatan tersebut. Agar diskusi berjalan baik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah ….

A. Menyetujui pendapat teman tanpa membaca teks

B. Menyampaikan kesimpulan tanpa bukti

C. Membaca dan memahami isi teks terlebih dahulu

D. Mengubah topik pembahasan

Jawaban: C

6. Membaca teks prosedur pendirian taman bacaan

Paragraf Soal:

Dalam teks prosedur pendirian taman bacaan, dijelaskan langkah-langkah seperti menentukan lokasi, mengumpulkan buku, menata rak, dan membuat jadwal buka. Informasi utama dari teks prosedur tersebut adalah ….

A. Cara mengelola perpustakaan digital

B. Cara mendirikan taman bacaan

C. Riwayat perkembangan taman bacaan

D. Cerita pengalaman pengunjung

Jawaban: B

7. Informasi dari infografik

Paragraf Soal:

Sebuah infografik menunjukkan bahwa 70% siswa gemar membaca komik, 50% menyukai novel, dan 30% menyukai buku pengetahuan. Informasi utama dari infografik tersebut adalah ….

A. Perbandingan minat baca siswa terhadap berbagai jenis buku

B. Cara membuat infografik untuk sekolah

C. Manfaat membaca buku komik

D. Jumlah keseluruhan buku di perpustakaan

Jawaban: A

8. Video monolog dan baca nyaring

Paragraf Soal:

Seorang siswa diminta membuat video monolog tentang pentingnya menjaga lingkungan. Ia harus menyampaikan pendapat dengan suara jelas, intonasi tepat, dan ekspresi yang sesuai. Agar videonya mudah dipahami penonton, hal yang harus ia perhatikan saat membaca naskah secara nyaring adalah ….

A. Membaca dengan sangat cepat tanpa jeda

B. Mengucapkan setiap kata dengan jelas dan tepat

C. Mengabaikan intonasi agar suara stabil

D. Menggunakan suara pelan sepanjang video

Jawaban: B

9. Mempraktikkan wawancara

Paragraf Soal:

Saat melakukan wawancara dengan ketua OSIS, seorang siswa harus memulai percakapan dengan memperkenalkan diri, menjelaskan tujuan wawancara, dan menyampaikan pertanyaan dengan sopan. Langkah yang paling benar saat mempraktikkan wawancara adalah ….

A. Langsung bertanya tanpa memperkenalkan diri

B. Menanyakan pertanyaan yang tidak relevan

C. Menjelaskan tujuan wawancara sebelum memulai pertanyaan

D. Mengakhiri wawancara tanpa mengucapkan terima kasih

Jawaban: C

10. Mempraktikkan prosedur menulis esai

Paragraf Soal:

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, siswa diminta mempraktikkan prosedur menulis esai. Mereka harus menentukan topik, membuat kerangka, menulis isi esai, lalu merevisi kesalahan sebelum dikumpulkan. Berdasarkan prosedur tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah ….

A. Membuat kerangka esai

B. Menentukan topik yang akan dibahas

C. Menulis isi esai secara langsung

D. Mengabaikan proses revisi

Jawaban: B

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post