Membuat Soal dari Bab 1
Saat belajar merangkum Bab 1, saya mulai memahami bagaimana cara menemukan bagian terpenting dari sebuah paragraf. Dari setiap contoh yang diberikan, saya berlatih menentukan ide pokok, ide pendukung, serta melihat ciri-ciri paragraf seperti deskripsi, eksposisi, dan tujuan teks. Dengan membaca perlahan, saya belajar mengenali kalimat yang berisi inti pembahasan dan membedakannya dari kalimat penjelas. Hal ini membuat saya lebih mudah memahami isi paragraf secara keseluruhan.
Selain itu, saya juga mempelajari makna kata, konjungsi, kohesi, dan koherensi dalam paragraf. Bagian ini membantu saya memahami hubungan antar kalimat, seperti sebab–akibat atau penggantian kata. Setelah mempelajari semuanya, saya merasa lebih mudah untuk membuat ringkasan karena saya tahu informasi mana yang penting dan mana yang hanya penjelas. Belajar merangkum Bab 1 membuat saya lebih terampil membaca dan memahami teks secara efektif.
ini lah soalnya yang sudah saya buat:
1. Ide Pokok
Sekolah yang bersih dan nyaman sangat berpengaruh terhadap semangat belajar siswa. Ketika ruang kelas tertata rapi dan bebas sampah, siswa dapat berkonsentrasi lebih baik saat menerima pelajaran. Selain itu, lingkungan yang bersih juga membuat suasana sekolah terasa lebih sehat dan menyenangkan bagi semua warga sekolah.
Ide pokok paragraf tersebut adalah …
A. Siswa dapat belajar lebih baik jika kelas tertata rapi
B. Lingkungan sekolah yang bersih membuat suasana terasa sehat
C. Sekolah yang bersih dan nyaman meningkatkan kualitas belajar siswa✅
D. Semua warga sekolah senang jika lingkungan bersih
---
2. Ide Pendukung
Perpustakaan sekolah merupakan tempat favorit bagi banyak siswa. Di perpustakaan, tersedia berbagai jenis buku yang dapat dibaca oleh siswa secara gratis. Selain itu, suasananya yang tenang membuat siswa dapat belajar atau mencari informasi dengan lebih fokus.
Kalimat yang menjadi ide pendukung adalah …
A. Perpustakaan sekolah merupakan tempat favorit
B. Tersedia berbagai jenis buku yang bisa dibaca secara gratis✅
C. Banyak siswa datang hanya untuk bermain
D. Perpustakaan selalu penuh setiap hari
---
3. Teks Deskripsi
Taman kota itu terlihat sangat indah pada pagi hari. Bunga-bunga bermekaran dengan warna-warni cerah yang menarik perhatian. Jalur pejalan kaki bersih dan dikelilingi pepohonan tinggi yang meneduhkan. Suasana sejuk semakin terasa ketika angin perlahan bertiup melewati dedaunan.
Paragraf tersebut termasuk teks …
A. Eksposisi
B. Argumentasi
C. Deskripsi✅
D. Persuasi
---
4. Arti/Makna Kata
Rumah tua itu masih tampak kokoh meskipun telah berdiri selama puluhan tahun. Dinding-dindingnya terbuat dari kayu tebal yang masih kuat menahan angin dan hujan. Banyak orang kagum karena bangunan tua itu tetap terawat dengan baik.
Makna kata kokoh pada paragraf tersebut adalah …
A. Luas
B. Kuat✅
C. Indah
D. Tinggi
---
5. Tujuan
Teks yang ditulis oleh Dita berisi langkah-langkah membuat kue brownies. Ia menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan, cara mencampur adonan, hingga tahap akhir memanggang kue. Dita membuat teks tersebut agar teman-temannya bisa mencoba membuat brownies sendiri di rumah.
Tujuan teks pada paragraf tersebut adalah …
A. Menjelaskan urutan langkah membuat sesuatu✅
B. Menghibur pembaca dengan cerita lucu
C. Mendeskripsikan bentuk brownies
D. Menyampaikan pendapat tentang brownies
---
6. Ciri-ciri
Paragraf deskripsi biasanya menggambarkan suatu objek secara rinci sehingga pembaca dapat seolah-olah melihat atau merasakan objek tersebut. Bahasa yang digunakan cenderung kaya akan kata sifat yang menggambarkan warna, bentuk, atau suasana. Tujuan paragraf ini adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang dijelaskan.
Ciri paragraf yang dijelaskan di atas adalah …
A. Mengandung langkah-langkah
B. Menggambarkan objek dengan detail✅
C. Berisi pendapat penulis
D. Menceritakan kejadian secara kronologis
---
7. Jenis Paragraf
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi penjelasan informasi tanpa adanya unsur mempengaruhi pembaca. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau wawasan baru secara jelas. Biasanya, paragraf eksposisi digunakan dalam teks artikel, buku pelajaran, atau laporan ilmiah.
Jenis paragraf yang dijelaskan pada paragraf tersebut adalah …
A. Argumentasi
B. Eksposisi✅
C. Deskripsi
D. Narasi
---
8. Konjungsi
Rudi tetap pergi ke sekolah pagi itu meskipun hujan turun dengan deras. Ia tidak ingin ketinggalan pelajaran karena besok akan ada ujian penting. Dengan semangat tinggi, Rudi membawa payung dan berjalan cepat menuju sekolah.
Konjungsi pada paragraf tersebut adalah …
A. tetap
B. meskipun✅
C. karena
D. dengan
---
9. Kohesi
Kebun sekolah terlihat lebih rapi daripada sebelumnya. Setiap sudutnya kini dipenuhi tanaman hias yang ditata dengan baik oleh para siswa. Kehadiran tanaman itu membuat lingkungan sekolah terasa lebih sejuk dan menyenangkan.
Bentuk kohesi yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah …
A. Repetisi (pengulangan)
B. Substitusi (penggantian kata)✅
C. Konjungsi tambahan
D. Kalimat langsung
---
10. Koherensi
Siswa kelas enam belajar lebih giat daripada biasanya. Hal itu terjadi karena mereka akan menghadapi ujian kelulusan dalam beberapa minggu ke depan. Dengan belajar secara teratur, mereka berharap dapat memperoleh nilai yang memuaskan.
Koherensi paragraf tersebut ditunjukkan oleh hubungan …
A. Waktu
B. Perbandingan
C. Sebab–akibat✅
D. Pertentangan
Semoga Bermanfaat
Jakarta 20 November 2025
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan

Komentar