Saya membuat 10 soal bahasa indonesia bab 2
Pada hari Kamis 20 November 2025, siswa dan siswi kelas 9D SMPN 171 Jakarta, diharuskan membuat soal ber-paragraf dengan berdasarkan BAB 2, materi soal yang kami buat adalah BAHASA INDONESIA, berikut soal yang telah saya buat :
1.Sebuah cerpen menceritakan tokoh Ani yang setiap pagi membuat teh untuk ibunya. Ia memanaskan air, menyiapkan gelas, memasukkan teh, lalu menuangkannya dengan hati-hati. Jika petikan cerpen tersebut diubah menjadi teks prosedur sederhana, maka fokus utama perubahan terletak pada….
A. Mengubah tokoh dan alur ceritanya
B. Menghilangkan konflik untuk mempercepat cerita
C. Mengubah narasi menjadi langkah-langkah runtut
D. Menambahkan dialog agar lebih hidup
2.Dalam pembelajaran bahasa, siswa diminta menganalisis kata “restoran”, “media”, dan “televisi” yang berasal dari bahasa asing. Kegiatan tersebut menunjukkan pentingnya memahami proses penyerapan kosakata bahasa Indonesia, terutama agar….
A. Siswa mampu menambah alur cerita dalam tulisan
B. Siswa dapat memahami makna dan penyesuaian bentuk kata serapan
C. Siswa dapat menghafal semua kosakata asing
D. Kata serapan tidak lagi digunakan dalam bahasa Indonesia
3.Ketika seorang siswa ingin membuat teks prosedur tentang cara menanam cabai, ia harus menyusun langkah-langkah secara runtut, mulai dari menyiapkan lahan hingga memanen. Hal tersebut menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam teks prosedur harus….
A. Disusun bebas tanpa urutan
B. Menekankan konflik agar menarik
C. Berbentuk naratif dan deskriptif
D. Logis, berurutan, dan mudah diikuti
4.Seorang pewawancara menggunakan daftar pertanyaan dan catatan kecil saat melakukan wawancara. Kedua hal ini berfungsi sebagai alat makna dalam prosedur wawancara karena….
A. Membantu pewawancara mengingat dan memperoleh informasi relevan
B. Digunakan untuk menghias proses wawancara
C. Menghambat pewawancara dalam menggali informasi
D. Membuat wawancara menjadi lebih panjang dan rumit
5.Ketika membaca teks tentang “Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar”, seorang siswa memahami bahwa teks tersebut dibuat untuk memberikan panduan tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan utama teks prosedur adalah….
A. Menyampaikan hiburan melalui cerita
B. Memberikan langkah-langkah agar pembaca dapat melakukan suatu kegiatan
C. Mendeskripsikan suatu objek secara rinci
D. Menyampaikan pendapat penulis
6.Dalam sebuah teks yang berisi langkah-langkah membuat kincir angin, penulis menggunakan kata kerja imperatif seperti “siapkan”, “lipat”, dan “putar”. Penggunaan kata-kata tersebut menunjukkan bahwa salah satu ciri teks prosedur adalah….
A. Menggunakan majas berlebihan
B. Menggunakan kata kerja perintah
C. Menggunakan kalimat tidak baku
D. Menggunakan banyak dialog
7.Seorang guru menjelaskan bahwa teks prosedur dapat berupa prosedur sederhana, prosedur kompleks, dan prosedur protokol. Jika siswa membuat petunjuk “Cara Membuat Akun Email” yang memiliki banyak langkah rinci, maka teks tersebut termasuk jenis….
A. Prosedur sederhana
B. Prosedur kompleks
C. Prosedur protokol
D. Prosedur bebas
8.Seorang siswa diminta membuat infografik tentang pentingnya sarapan. Ia menyajikan informasi dalam bentuk gambar, angka, dan poin penting agar mudah dipahami pembaca. Penggunaan infografik dalam pembelajaran berfungsi untuk….
A. Menyulitkan pemahaman karena visual berlebihan
B. Memperjelas informasi melalui kombinasi teks dan visual
C. Menggantikan seluruh isi teks tertulis
D. Menghilangkan kebutuhan membaca
9.Dalam sebuah artikel, penulis menggunakan ragam bahasa formal dengan pilihan kata baku dan kalimat tersusun rapi. Ciri tersebut menunjukkan bahwa kekhasan bahasa dalam teks ilmiah adalah….
A. Menggunakan bahasa santai dan percakapan
B. Menggunakan bahasa baku dan objektif
C. Menggunakan bahasa daerah
D. Menggunakan bahasa kiasan berlebihan
10.Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan ruang belajar publik yang menyediakan berbagai bahan bacaan. Salah satu TBM yang terkenal berdiri di **Depok**, dan hingga kini menjadi pusat literasi bagi anak-anak maupun orang dewasa. Keberadaan TBM tersebut menunjukkan bahwa fungsi TBM adalah….
A. Tempat bermain tanpa aturan
B. Sarana untuk menonton film secara bebas
C. Fasilitas untuk meningkatkan minat baca masyarakat
D. Tempat menyimpan barang-barang hiburan



Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar