SOAL BAB 2
Halo semuanya saya disini sedang diberi tugas untuk mengerjakan soal bab 2 berikut soalnya.
1.
Cerita:
Pada hari Selasa, kelas VII membaca sebuah cerpen berjudul Hadiah untuk Ibu. Cerpen itu menceritakan seorang anak yang membuat kue sederhana untuk ibunya. Setelah membaca, guru meminta siswa mengubah isi cerpen tersebut menjadi teks prosedur. Siswa diminta menuliskan langkah-langkah pembuatan kue berdasarkan alur cerita, mulai dari menyiapkan bahan hingga menyajikan kue.
Soal:
Langkah pertama yang harus dilakukan siswa untuk mengubah cerpen tersebut menjadi teks prosedur adalah…
A. Menghafal seluruh isi cerpen
B. Menentukan urutan langkah yang dilakukan tokoh
C. Mengganti judul cerpen
D. Menghapus tokoh utama
2.
Cerita:
Dina membaca cerita tentang seorang anak yang gemar berpetualang di hutan. Dalam cerita itu, Dina menemukan kata eksplorasi, yang membuatnya penasaran. Ia lalu bertanya kepada kakaknya mengenai arti kata tersebut. Kakaknya menjelaskan bahwa eksplorasi berarti kegiatan menjelajahi suatu tempat untuk mencari hal baru.
Soal:
Makna kata eksplorasi dalam cerita di atas adalah…
A. Bermain dengan teman
B. Menjelajahi suatu tempat
C. Membaca buku bersama
D. Membuat kerajinan tangan
3.
Cerita:
TBM Matahari Ceria setiap minggu mengadakan kegiatan membaca bersama anak-anak. Pada pertemuan kali ini, pengurus TBM memperkenalkan buku cerita baru dan memberikan waktu kepada anak-anak untuk membacanya secara bergiliran. Setelah selesai, mereka berdiskusi tentang pesan moral yang terkandung dalam buku tersebut.
Soal:
Fungsi utama TBM dalam cerita di atas adalah sebagai tempat…
A. Belanja kebutuhan sekolah
B. Menonton film
C. Masyarakat membaca dan berdiskusi
D. Bermain alat musik
4.
Cerita:
Sebelum membuat kerajinan burung dari kertas, guru meminta murid membaca teks prosedur yang berisi langkah-langkah pembuatannya. Dalam teks itu tertulis bahan yang diperlukan, seperti kertas lipat dan lem, serta urutan cara melipat hingga membentuk burung. Murid diminta memahami informasi tersebut sebelum mulai membuat.
Soal:
Informasi yang termasuk dalam teks prosedur adalah…
A. Biografi pembuat kerajinan
B. Tokoh utama dalam cerita
C. Bahan dan langkah-langkah pembuatan
D. Waktu tokoh datang ke sekolah
5.
Cerita:
Di ruang perpustakaan sekolah, terdapat sebuah infografik berwarna cerah yang menunjukkan manfaat membaca 15 menit setiap hari. Infografik tersebut menampilkan gambar otak, buku, jam, dan poin-poin penting seperti meningkatkan kosakata dan melatih konsentrasi. Siswa diminta mengamati dan menjelaskan informasi yang mereka dapatkan.
Soal:
Infografik pada cerita berfungsi untuk…
A. Memberikan informasi melalui gambar dan tulisan
B. Memberikan cerita fiktif
C. Menampilkan daftar pengunjung
D. Menyampaikan teks pidato
6.
Cerita:
Sebuah teks bacaan menceritakan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Teks tersebut menjelaskan bahaya sampah berserakan, manfaat lingkungan bersih, dan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan siswa, seperti membuang sampah pada tempatnya dan melakukan piket kelas.
Soal:
Isi utama teks tersebut adalah tentang…
A. Cara membuat poster
B. Pentingnya menjaga kebersihan sekolah
C. Sejarah sekolah
D. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
7.
Cerita:
Pengurus TBM Harapan Bangsa membuat poster menarik berisi ajakan membaca setiap sore. Poster itu dihiasi gambar buku-buku dan tulisan besar “Ayo Membaca, 30 Menit Setiap Hari!”. Poster tersebut ditempel di depan pintu TBM agar warga yang lewat dapat melihat dan tertarik berkunjung.
Soal:
Tujuan utama poster TBM pada cerita adalah…
A. Mengajak masyarakat rajin membaca
B. Melarang anak-anak datang ke TBM
C. Mengumumkan lomba memasak
D. Mencari donatur sekolah
8.
Cerita:
Untuk tugas sekolah, Fadil mewawancarai ketua TBM tentang program membaca yang sedang dijalankan. Ia menanyakan jumlah pengunjung, jenis buku yang paling diminati, serta alasan TBM rutin mengadakan kegiatan literasi. Jawaban narasumber dicatatnya dengan rapi untuk laporan tugas.
Soal:
Tujuan Fadil melakukan wawancara adalah…
A. Untuk menonton film
B. Mengumpulkan informasi dari narasumber
C. Mengikuti lomba menggambar
D. Membuat poster
9.
Cerita:
Sebuah teks bacaan menjelaskan bahwa anak-anak yang rajin membaca memiliki kemampuan berpikir lebih kritis. Dalam teks juga disebutkan bahwa membaca membantu memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan memahami informasi. Beberapa contoh buku yang dianjurkan pun dicantumkan.
Soal:
Informasi penting dari teks tersebut adalah…
A. Anak rajin membaca menjadi lebih kritis
B. Semua buku berwarna sama
C. Semua anak wajib membaca novel
D. Membaca membuat siswa tidak punya waktu bermain
10.
Cerita:
Ika diminta menulis esai tentang pentingnya literasi digital bagi pelajar. Dalam esainya, ia menjelaskan pengertian literasi digital, manfaatnya di zaman modern, dan bagaimana siswa dapat menggunakan teknologi secara bijak. Ia juga memberikan contoh penggunaan internet untuk belajar.
Soal:
Topik esai yang ditulis Ika adalah…
A. Cara membuat kerajinan bambu
B. Pentingnya literasi digital bagi pelajar
C. Sejarah alat musik tradisional
D. Kisah perjalanan tokoh fiktif
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan

Komentar