Aprilia Isma Wardani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Play to Learn Level Up Prestasi with Dopamine Rush XP Mode

Dulu belajar adalah hal paling membosankan di dunia, berjam-jam menatap buku tebal penuh teks membuat kita frustasi. Beda banget dengan main game! Grinding berjam-jam dan menyelesaikan quest sulit justru terasa mengasyikkan! Alasannya? Sangat simpel: bermain game membangunkan dopamine rush (pelepasan dopamin yang mendorong kita untuk mengulangi aktivitas yang menyenangkan) melalui reward game. Lalu terlintas sebuah ide: bagaimana jika dopamine rush saat bermain game dapat diterapkan dalam belajar? Menerapkan sistem XP, level up, achievement dan quest yang digunakan game untuk mendapatkan reward dalam belajar pasti akan menyenangkan dan memicu dopamine rush kita.

Untuk merealisasikannya, kita bisa membayangkan aktivitas belajar kita sebagai quest yang harus diselesaikan untuk mendapat XP yang digunakan untuk level up dan mendapatkan reward. Contohnya kita bisa menjadikan hal sederhana menjadi sebuah quest: membaca 2 halaman buku (+50 XP), membuat senjata rangkuman untuk melawan final boss ujian (+100 XP), menghadapi final boss ujian semester dan mendapat nilai 80+ (+300 XP), mengajari teman (+500 XP). Setelah menyelesaikannya, XP akan terkumpul dan mengisi progress bar untuk kita level up. Lalu, reward bisa didapatkan: nge-game 1 jam (1.000 XP), nonton 1 film (2.000 XP), selain itu kita bisa membuat sistem achievement agar semakin seru: Streak Starter (belajar rutin seminggu), King of Debit-Kredit (nilai 90+). Dengan menerapkan sistem seperti ini saat belajar, otak akan merespons kuat reward sebagai bentuk penghargaan untuk memberikan motivasi postif yang membuat kita ingin mengulanginya. Semakin kita termotivasi untuk mengulanginya, otak akan menggangap belajar sebagai hal yang mengasyikkan dan akan memacu diri untuk terus meningkatkan level kita melalui prestasi lainnya.

Sekarang belajar jadi sama serunya dengan main game. Game on! Saatnya ubah belajarmu jadi petualangan seru dengan berbagai quest dan achievement, level up diri agar bisa menghadapi final boss. Saatnya kamu jadi “Player” tangguh di dunia pendidikan. Siapkan diri and start the quest! Prestasi gemilang selalu menantimu di ending!

 

Daftar Pustaka :

Dopamine in motivational control: Rewarding, aversive, and alerting. (n.d.). PMC Home. **(censored)**

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post