Ahmad Ibrahimovic

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Soal bab 3

Soal bab 3

Latihan soal bab 3

Kali ini saya ingin membagikan soal yang saya buat yang bertentengan tentang bab 3

1. Teks Rekon Faktual

Saat pulang dari karyawisata ke Candi Prambanan, kelas 9C diminta menulis teks rekon faktual. Raka menuliskan kembali rangkaian kejadian mulai dari keberangkatan, perjalanan, kegiatan di lokasi, hingga kepulangan sesuai urutan waktu yang sebenarnya.

Bagian yang menunjukkan teks Raka adalah teks rekon faktual adalah…

A. Ia menambahkan perasaan pribadi

B. Ia menulis kembali peristiwa sesuai kronologi

C. Ia menambahkan imajinasi

D. Ia mengubah tokoh menjadi fiksi

Jawaban: B

2. Arti Kata

Dalam cerita perjalanan, Dini membaca kata “melaju deras” untuk menggambarkan mobil yang bergerak cepat. Ia belum tahu arti kata “deras” sehingga bertanya pada gurunya.

Makna kata “deras” pada konteks tersebut adalah…

A. Lambat

B. Sangat cepat

C. Diam saja

D. Bergerak mundur

Jawaban: B

3. Mengidentifikasi Fakta, Opini, dan Asumsi

Dalam laporan kegiatan literasi, Rino membaca kalimat “TBM Harapan Baru dikunjungi 200 orang setiap minggu” dan “TBM itu adalah yang terbaik di kota ini.”

Kalimat yang merupakan opini adalah…

A. TBM Harapan Baru dikunjungi 200 orang

B. TBM itu adalah yang terbaik di kota ini

C. TBM memiliki jadwal baca

D. TBM menyediakan buku cerita

Jawaban: B

4. Membedakan Fakta dan Opini

Poster yang dilihat Citra berisi kalimat “Membaca setiap hari selama 15 menit terbukti meningkatkan kosakata.” dan “Kegiatan ini pasti disukai semua orang.”

Kalimat yang termasuk fakta adalah…

A. Kegiatan ini pasti disukai semua orang

B. Membaca setiap hari 15 menit terbukti meningkatkan kosakata

C. Membaca itu membosankan

D. Semua orang suka membaca

Jawaban: B

5. Rekon Pribadi dalam Diskusi

Setelah berdiskusi tentang bahaya sampah plastik, Sani diminta menyampaikan rekon pribadi. Ia menceritakan kembali jalannya diskusi serta menambahkan tanggapan pribadinya tentang solusi terbaik.

Bagian yang menunjukkan rekon pribadi adalah…

A. Ia hanya menyalin pendapat teman

B. Ia menambahkan sudut pandang dan tanggapannya sendiri

C. Ia tidak mengikuti diskusi

D. Ia menjelaskan isi buku

Jawaban: B

6. Membuat Resume Diskusi

Setelah diskusi kelas tentang “Etika Digital”, Rendi menulis resume berisi ringkasan argumen, kesimpulan kelompok, dan saran akhir. Ia tidak menuliskan pendapat pribadi karena resume harus ringkas.

Yang seharusnya ada dalam resume adalah…

A. Ringkasan inti hasil diskusi

B. Biodata seluruh peserta

C. Cerita pengalaman pribadi

D. Laporan observasi

Jawaban: A

7. Menyimak, Mencatat, dan Menjawab Pertanyaan Video

Saat menyimak video tentang banjir, siswa diminta mencatat data penting seperti penyebab, lokasi, dan dampak. Setelah itu, mereka harus menjawab lima pertanyaan secara mandiri.

Agar bisa menjawab dengan baik, siswa harus…

A. Mengobrol sambil menonton

B. Membiarkan video berjalan tanpa perhatian

C. Mencatat poin penting selama video berjalan

D. Menutup mata karena bosan

Jawaban: C

8. Menulis Teks Rekon dengan Kosakata Media Sosial

Raisa menulis teks rekon tentang acara sekolah dan menggunakan kosakata medsos seperti upload foto, nge-post, dan followers agar bahasanya sesuai dengan konteks digital.

Tujuan penggunaan kosakata media sosial tersebut adalah…

A. Menyesuaikan bahasa dengan konteks digital

B. Menghilangkan makna informasi

C. Mengubah teks menjadi fiksi

D. Membuat teks menjadi tidak kronologis

Jawaban: A

9. Debat

Dalam kegiatan debat, kelompok Pro menyatakan bahwa penggunaan gawai meningkatkan kreativitas, sedangkan kelompok Kon menyanggah dengan data tentang gangguan konsentrasi.

Ciri utama debat yang terlihat dalam paragraf tersebut adalah…

A. Kedua kelompok memiliki argumen yang saling bertentangan

B. Semua peserta wajib setuju

C. Debat hanya diisi dengan cerita pengalaman

D. Tidak ada sanggahan

Jawaban: A

10. Menggunakan Huruf Miring

Ketika menulis laporan, Sasa menuliskan kata offline, deadline, dan judul buku Laskar Pelangi dengan huruf miring sesuai aturan penulisan.

Penggunaan huruf miring pada tulisan tersebut bertujuan untuk…

A. Menandai kata asing atau judul karya

B. Menebalkan kata-kata penting

C. Menunjukkan kalimat langsung

D. Mengganti tanda baca

Jawaban: A

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post