Zulfa Siti Zahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Masa Remaja & Pergaulan

Masa Remaja & Pergaulan

Masa Remaja & Pergaulan 

Masa Remaja atau yang biasa disebut Pubertas adalah masa perubahan seseorang dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada saat masa remaja banyak sekali perubahan yang dapat terjadi, misalnya perubahan pada suara, bentuk tubuh, pola pikir dan dari aspek psikis, masa remaja dimulai sejak 10-18 tahun. Nah pada masa ini banyak anak-anak yang memiliki pergaulan yang kurang sehat. Dimana mereka hidup dengan gaya dan trend yang berkembang di zaman sekarang. Pergaulan pada masa remaja ini sangat mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, sebagai anak remaja perlu memilah dan memilih kembali mana pergaulan yang baik dan yang buruk.

 

Masa remaja umumnya digunakan untuk mencari jati diri mereka, di masa ini banyak anak remaja yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan rasa ingin mencoba hal-hal baru, apa lagi di zaman era digital seperti sekarang ini segala informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui bantuan alat teknologi berupah handphone. Kita juga pasti sering mendengar berita bahwa banyaknya remaja zaman sekarang yang melakukan tindakan-tindakan diluar batas. Seperti melakukan tawuran antar sekolah dan melakukan tindak kriminal. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi. Contoh, kurangnya pengawasan orang tua pada anaknya, dan kurangnya batasan atau aturan yang berlaku.

 

Bukan hanya itu saja faktor-faktornya, bisa saja dari lingkungan sekitar, kurangnya pendidikan yang dimiliki keluarga, dan dari lingkungan pertemanannya. Pengaruh dari pertemanan yang buruk ialah terbentuknya pola pikir negatif pada anak remaja. Salah satu faktor yang mempengaruhi bisa dari Media Sosial. Di Media sosial ini banyak sekali peredaran arus informasi yang tidak bisa dihindarkan oleh siapapun, semua usia bisa melihat dan mengakses isi didalamnya. Dampak yang terjadi jika remaja terjerumus pada pergaulan yang kurang sehat yaitu, putus sekolah dan tingkat kriminalitas yang tinggi, seperti mencuri dan merampok.

 

Jika ada penyebab pasti selalu ada solusi nya. Untuk mencegah agar remaja tidak terjerumus dalam pergaulan yang kurang sehat, yaitu dengan cara kita harus bijak dalam memilih teman, memperbanyak melakukan kegiatan positif, dan mendekatkan diri dengan agama. Mengapa demikian? karena karakter seseorang akan terbentuk dengan siapa dia berteman. Bagi remaja, berteman adalah orang yang sering menjalin relasi. Maka dari itu hindari pergaulan atau teman yang dirasa bisa membawa dampak buruk bagi kita. Mengapa kita perlu mendekatkan diri dengan agama? Karena ketika seseorang sudah mendekatkan diri dengan agama, dengan sendirinya dia akan menghindari apa yang dilarang oleh agamanya, maka dari itu akan minim sekali seseorang itu melakukan perbuatan buruk.

 

Pada akhirnya bisa kita simpulkan juga bahwa pergaulan pada masa remaja itu akan sangat berpengaruh pada masa depan kita nantinya. Maka dari itu kita sebagai anak harus bisa bijak dalam memilih kembali apa yang dibaca, dilihat, dan ditonton. Dan orang tua pun perlu untuk memilah kembali bacaan dan tontonan yang baik untuk anaknya. Dan perlu kita simpulkan bahwa pergaulan yang kurang sehat juga sangat berdampak buruk bagi sosial kita, dan pentingnya ajaran agama pada remaja-remaja sekarang.

 

Kalau kata Ustadzah Halimah Alaydrus Bagian penting dari memperbaiki diri adalah memperbaiki pergaulan. Tinggalkan kawan yang berpengaruh buruk bagimu, dan jangan takut kesepian. Selagi kamu baik, kamu akan dipertemukan dengan orang-orang baik. Maka dari itu ayo kita ajak para remaja diluar sana untuk memperbaiki diri mereka jika sudah terjerumus pada pergaulan yang salah dan ayo kita ajak para remaja untuk memilah kembali mana pergaulan yang baik dan buruk.  Agar masa depan mereka bisa diselamatkan dan mereka bisa memiliki masa depan yang cerah. 

 

Tentang Penulis 

Halo semua namaku Zulfa, nama lengkapku Zulfa Siti Zahra. Aku  lahir di Bekasi, pada tanggal 27 Mei 2011. Aku memiliki Hobi membaca buku dan menulis. Aku punya banyak cita-cita, untuk saat ini aku ingin menjadi seorang penulis. Makanya aku mengajukan diri untuk mengikuti lomba ini. Aku selalu ingin seandainya aku punya buku, aku ingin jika bukuku selalu dapat memberikan inspirasi bagi yang membacanya dan aku selalu ingin jika buku ku nantinya bisa membekas dihati para pembacaku. Untuk saat ini, aku  masih duduk di bangku SD. Aku bersekolah di Yayasan Al-Muslim Tambun. Untuk lebih lanjut bisa hubungi lewat email [email protected] atau bisa lewat nomor Whatsapp 0896-6950-6966

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post