Zulfa Siti Zahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Manusia Produktif Akan Menghasilkan Masa Depan Yang Cerah

Manusia Produktif Akan Menghasilkan Masa Depan Yang Cerah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) perilaku produktif merupakan perilaku manusia yang menghasilkan sesuatu yang juga bermanfaat untuk dirinya sendiri, sedangkan berkarya merupakan proses mengekspresikan ide yang kemudian dituangkan dalam sebuah karya seni. Di era yang baru ini kita dapat dengan mudah menghasilkan sebuah karya. Karena kita hidup di era dengan teknologi yang sudah mulai canggih tentunya. 

Menurutku secara pribadi produktif ialah ketika kita rajin melakukan sesuatu dengan konsisten, dan ketika kita sudah produktif 

melakukan suatu kegiatan tersebut maka muncullah dampak yang positif dari kegiatan yang kita lakukan itu. Tetapi istilah produktif juga mempunyai arti dan pemahaman yang berbeda-beda bagi setiap orang. 

 

Setiap manusia dimuka bumi ini dilahirkan dengan memiliki kekurangan dan kelebihan yang ada pada setiap diri mereka. Setiap manusia juga pasti memiliki kemampuan atau bakat yang mereka miliki sejak mereka lahir. Bakat itu jika kita rajin untuk mengasah lebih dalam bakat tersebut maka dengan sendirinya kita akan memiliki karya dari bakat yang kita asah tersebut. Nah bakat tersebut lah yang menjadikan kita seseorang yang berkarya. 

Seorang yang berkarya salah satunya dinamakan seorang seniman, yang berkarya dalam bidang seni, namun adapula seseorang yang berkarya dalam bidang lain seperti bidang teknologi dan industri, atau juga dalam bidang musik serta lain sebagainya. Dan menjadi seorang seniman tentu tidak mudah, karena  kita harus memiliki ide dan kreativitas untuk menghasilkan sebuah karya yang cerdas. 

 

Bagaimana cara yang dapat dilakukan kita agar bisa terus produktif dalam berkarya? Caranya adalah kita harus memiliki niat yang sungguh-sungguh, disiplin yang tinggi dan jangan lupa untuk selalu konsisten dengan komitmen. Bosan itu wajar, makanya kita perlu tips dan trik untuk selalu senang dengan apa yang kita kerjakan. Jika ingin memiliki hidup sukses dan produktif, berubahlah dari sekarang. Jangan berteman dengan tempat tidur, zona nyaman, dan kemalasan.

Masing-masing orang pastinya memiliki cara tersendiri agar mereka tidak bosan dengan apa yang sedang dikerjakan. Banyak orang mengira bahwa produktif ialah suatu hal yang berat dan juga membutuhkan waktu yang panjang. Padahal sebenarnya produktif itu salah satunya  bisa meningkatkan kualitas diri kita dalam melakukan kegiatan yang digemari dengan sungguh-sungguh.

 

 Menurut buku terbitan James Clear yang berjudul “Atomic Habits”. Ada 4 cara jitu untuk membangun kebiasaan. Yang pertama itu Make it Obvious, setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia pasti memiliki dorongan tertentu. Contoh mudahnya ketika kita ingin rajin membaca buku, tapi bukunya saja tidak pernah kita pegang, atau selalu ada didalam rak buku, pasti bukunya tidak akan pernah dibaca. Tapi coba deh taruh barangnya ditempat yang mudah terlihat, jadi kita seperti diingatkan ketika kita melihat barang tersebut. Yang kedua adalah Make it Attractive, biasanya semakin menarik sesuatu, semakin besar pula keinginannya untuk menjadikan itu kebiasaan. 

 

Yang ketiga adalah Make it Easy, kita sebagai makhluk sosial pasti selalu ingin melakukan sesuatu yang mudah. Cara mudahnya adalah dengan merubah mindset, misal ketika kita mau berolahraga selama 30 menit, tapi kita harus merubah mindset kita menjadi “aku akan menggelar matras olahragaku” dengan begitu kebiasaan menjadi lebih mudah terbentuk. Dan yang terakhir adalah Make it Satisfying, kita harus bisa membuat lebih memuaskan lagi untuk bisa membangun kebiasaan dengan jangka panjang. Dan kebiasaan itulah yang menjadikan kita lebih produktif dalam melakukan suatu pekerjaan. 

 

Kesimpulannya adalah produktif itu bukan suatu hal berat seperti yang kita

bayangkan, tapi harus tetap dijalani saja. Dan produktif itu salah satu cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien alias work smarter. Dan produktif dalam berkarya itu simpel nya adalah kita rajin dan selalu meningkatkan kualitas diri kita setiap kita menuangkan sebuah ide dalam karya seni, atau mungkin bisa disebut dengan suatu perkembangan yang dilakukan diri kita. Ketika kita mengalami kegagalan dalam berkarya, janganlah cepat putus asa tetapi kita harus terus berusaha untuk bangkit kembali dan mencoba kembali. Begitu seterusnya hingga kita menemukan keberhasilan yang kita inginkan.

 

Singkatnya, jika ingin memiliki masa depan yang cerah, mulailah dari 

sekarang, dan beri motivasi pada diri kita agar lebih berusaha untuk rajin dan konsisten dalam berkarya. Memang tidak mudah, hanya saja kuncinya adalah kita perlu keluar dari zona nyaman dan menjauhi segala hal yang membuat dirimu malas-malasan dan menunda setiap pekerjaan yang ada.

 

Tentang Penulis 

 

Halo semua namaku Zulfa Siti Zahra, dan biasa dipanggil Zulfa. Aku  lahir di Bekasi, pada tanggal 27 bulan Mei 2011. Aku memiliki Hobi membaca buku dan menulis. Aku memiliki banyak cita-cita, menjadi seorang penulis adalah keinginan ku sejak lama. Aku selalu ingin seandainya jika aku punya buku, aku ingin bukuku selalu memberikan inspirasi dan aku selalu ingin jika buku ku nantinya bisa membekas dihati para pembacaku. Untuk saat ini, aku  masih duduk di bangku Sekolah Dasar, dan aku bersekolah di Yayasan Al-Muslim Tambun. Untuk lebih lanjut bisa hubungi lewat email [email protected] atau bisa lewat nomor Whatsapp 089669506966. Terima Kasih!

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post