Zuhaira asfa alkarimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Konsisten Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Konsisten Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Konsisten Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan terhindar dari berbagai penyakit. Tapi mungkin mereka tidak tau cara menjaga Kesehatan tubuh mereka sendiri, dan ada beberapa orang yang bahkan memiliki pola hidup yang tidak teratur.

Nah disini kita akan belajar tentang pola hidup yang benar, dan bahkan aku akan memberikan tips and trik agar mendapatkan berat badan ideal. Tapi sebelum kita membahas pola hidup yang benar, mungkin kita akan membahas betapa pentingnya menjalankan pola hidup yang sehat.

1. Pentingnya menjalankan pola hidup sehat

Bagi yang tidak tau apa itu pola hidup sehat, jadi singkat nya pola hidup sehat adalah gaya hidup yang mementingkan Kesehatan tubuh. Pola hidup sehat tak hanya tentang mengontrol makanan yang dikonsumsi, tetapi mengontrol pikiran dan kegiatan sehari – hari.

Nah keuntungan dari menjalankan pola hidup sehat adalah meningkatkan imunitas tubuh kamu, dan dari itu, tubuh kamu akan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering terjadi karena pola hidup yang tidak teratur adalah Obesitas.

2. Sebenarnya obesitas itu apa sih?

Kegemukan atau yang biasa disebut obesitas adalah suatu gangguan yang melibatkan lemak tubuh berlebih yang meningkatkan risiko masalah Kesehatan.

Tapi yang perlu kalian ketahui adalah orang yang gemuk belum tentu obesitas. Orang yang dinyatakan obesitas adalah orang yang memiliki indeks massa tubuh 30 atau lebih besar. Obesitas tidak bisa di anggap remeh. Orang yang mengalami obesitas beresiko mengalami Serangan jantung coroner, Stroke, Diabetes melitus (kencing manis), dan Hipertensi (tekanan darah tinggi).

Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang menjadi obesitas? Obesitas terjadi karena mengonsumsi fast food yang berlebihan, tak hanya fast food, tetapi porsi makan yang berlebihan juga menjadi alasan kenapa seseorang menjadi obesitas, aktifitas fisik yang kurang juga dapat menyebabkan obesitas.

3. Kasus obesitas yang pernah terjadi di Indonesia

Obesitas menjadi kondisi yang perlu diwaspadai. Itu sebabnya, dunia rutin memperingati World Obesity Day setiap tahunnya. Untuk membangun kesadaran para penyandang obesitas untuk menjalani pola makan sehat dan memulai gaya hidup yang benar. Sudah ada banyak kasus obesitas yang patut jadi perhatian sekaligus peringatan untuk kita semua. Jadi kali ini aku ingin membahas salah satu kasus obesitas yang terjadi di Indonesia.

Aria Permana : Salah satu penyandang obesitas di Indonesia

Pada tahun 2017 lalu, Aria memiliki bobot mencapai 192 kilogram di usia 12 tahun. Aria pun sulit berjalan dan bersekolah karena kaki tidak sanggup menopang berat badannya. Aria terpaksa menjalani operasi bariatrik. Lambung Aria 'dipangkas' hingga menyisakan sepertiga bagian. Cara ini membuat Aria cepat merasa kenyang sehingga asupan yang masuk ke tubuh tidak berlebih. Operasi bariatrik pun membuahkan hasil. Berat badannya turun hingga 109 kilogram.

(Oke, itu informasi dari CNN Indonesia, ku ubah dikit untuk menyesuaikan dengan Essay ku.)

4. Apa itu operasi bariatric

Okey, mari kita bahas sedikit tentang Bariatric Surgery (Operasi Potong Lambung). Jadi lambung kita akan dipotong sebanyak 80% dan menyisakan 20%, lalu di staples agar tidak mengalami kebocoran. Walaupun terdengar sangat menyeramkan, tapi lumayan banyak loh peminatnya terutama pada orang yang memiliki berat badan berlebih.

Ada beberapa manfaat yang perlu kalian ketahui dari Bariatric Surgery ini, beberapa orang yang sudah melakukan operasi ini, dalam 5 tahun berat badan nya mengalami penurunan sebanyak 60%, menakjubkan bukan?

Walaupun seperti itu ada syarat dan ketentuan untuk seseorang melakukan operasi ini, jadi kalian gak bisa sembarangan.

Tapi pada dasarnya lambung kita dipotong lalu di staples pasti memiliki risiko pasca operasi kan? Tapi kalian ga perlu takut, jika mengalami kebocoran setelah operasi gejalanya akan katahuan kok.

5. Pendapat

Baiklah, dari kasus yang telah ku jelaskan di atas, apakah kalian tertarik dengan Bariatric Surgery? Sebaiknya jangan yah.., selain mahal pastinya juga sayang sama lambung kalian. Kita lakukan workout sama diet aja, yang sehat-sehat aja yah. Di bagian ini aku akan kasih solusi untuk kalian yang ingin memiliki berat badan ideal.

Defisit kalori

Kalori itu didapat dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Apabila kalian mengosumsi kalori lebih sedikit di bandingkan kalori yang di bakar oleh tubuh kalian, maka itu adalah defisit kalori.

Nah cara yang kalian bisa lakukan untuk defisit kalori, kalian bisa mulai mengatur porsi makan, meningkatkan aktivitas tubuh, dan melakukan keduanya. Apapun yang bisa kalian lakukan maka lakukanlah jangan malas untuk mendapatkan kesehatan untuk tubuh kalian sendiri. Jangan terlalu banyak mengonsumsi cemilan, lebih baik kalian langsung makan makanan yang bisa membuat tubuh kalian merasa keyang selama berjam-jam tetapi tetap sehat.

Atau kalian bisa minum air putih untuk menunda rasa lapar. Ini cara yang lumayan ampuh karena air putih tidak memiliki kalori sedikitpun. Tapi pada dasarnya tubuh kita tetap harus mendapatkan asupan makanan setiap harinya, jadi mungkin kalian bisa makan 3 kali sehari dengan syarat, porsi makan yang tidak berlebihan/mencukupi dan usahakan untuk tidak makan malam.

Lakukan kegiatan fisik yang membantu untuk membakar kalori yang terdapat di dalam tubuh kalian. Atau kalau tidak mau ribet, kalian bisa bersih-bersih rumah, itu cukup capek juga, dan ada 2 keuntungan yang bisa kamu dapatkan, kalori kamu terbakar dan rumah jadi tidak berantakan.

Minum 3 liter air per hari, ini sangat bagus untuk menunda rasa lapar seperti apa yang ku bilang tadi, selain menunda rasa lapar, minum 3 liter air per hari juga berpengaruh untuk melegakan tenggorokan. Minum air putih yah, jangan yang manis-manis.

Selain dari defisit kalori, meningkatkan aktivitas tubuh, dan memperbanyak minum air putih. Kitakan juga manusia yah, jadi butuh motivasi atau pendukung buat bangkit. Jadi mungkin kalian bisa hidup di lingkungan orang-orang cantik, tinggi, dan memiliki berat badan yang ideal. Biar kalian bisa insecure dan memiliki motivasi untuk bangkit dan membangun hidup baru. Ini bukan omong kosong, aku ngerasain sendiri loh.

Dari tadi aku bahas tentang orang yang memiliki berat badan berlebih, bukan berarti orang yang sangat kurus menjalani pola hidup yang sehat yah, mereka yang memiliki berat badan yang kurang atau lebih dari yang sudah di tentukan. Itu juga bukan berarti dikatakan mereka sehat-sehat saja, orang yang memiliki berat badan kurang dari yang di tentukan bisa saja mereka mengalami depresi atau mungkin yang lebih positif cacingan.

Dari semua cara yang ku bahas, yang paling penting dari yang terpenting adalah, kalian memiliki pikiran yang positif atau selalu Bahagia agar kalian tetap semangat menjalani hidup, kalau dari pengalaman aku sendiri pikiran aku yang selalu stres, aku jadi laper terus, dan maunya makan, mungkin itu yang bikin aku gendut, hehe.., jadi kalian harus jaga pikiran agar happy setiap saat.

Ooh iya, perlu kalian ketahui menjalani pola hidup sehat memiliki menfaat di lingkungan sosial loh, seperti di lingkungan sekolah kamu. Jika kamu memiliki tubuh yang sehat, in syaa allah kamu akan terhindar dari segala penyakit, dan membuat kamu tidak absen dari sekolah. Dan dari situlah prestasi kamu akan meningkat untuk menjadi individu yang sukses. Sekian dari aku semoga membantu!

Salam kenal semuanya. Kenalin, aku Zuhaira asfa alkarimah yang biasa dipanggil Zuzu. aku lahir pada tanggal 7 Mei tahun 2011. Sekarang aku bersekolah di SMP AL MUSLIM dan menjadi siswi kelas 7. Aku akan merasa senang saat aku berhasil dalam melakukan suatu hal. Untuk kesibukan ku sekarang, aku sibuk untuk sekolah, dan mencari tips agar jawline menjadi tegas. Kerenkan? Hobi ku memang seperti itu, mencari hal agar aku menjadi lebih percaya diri. Untuk Alamat email ku [email protected]. Dan nomer tlp yang aktif di 082117179025

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post