Abdurrahman Zubair Syafrudin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rangkaian Peristiwa Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945
Rangkaian Peristiwa Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Rangkaian Peristiwa Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

KBRN, Jakarta: Perjalanan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, terdapat serangkaian peristiwa bersejarah di dalamnya. Mulai dari peristiwa kekalahan Jepang sampai pembacaraan teks proklamasi oleh Presiden RI Soekarno.Dikutip beberapa sumber terpercaya, dalam artikel ini tersaji rangkaian peristiwa sejarah yang tidak bisa dilupakan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia menjadi peristiwa bersejarah yang cukup panjang.Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Soekarno dan didampingi Mohammad Hatta di jalan Pegangsaan Timur. Kemerdekaan itu didapatkan Indonesia, setelah dijajah selama ratusan tahun.Berikut rangkuman peristiwa-peristiwa bersejarah kemerdekaan Indonesia:

1.kekalahan jepang

Proses kemerdekaan Indonesia diawali atas kekalahannya Jepang dari sekutu. Kekalahan Negeri Sakura itu, diakibatkan oleh ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat.Dampak bom atom itu, menyebabkan penurunan moral tentara Jepang. Akhirnya, pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu.

2. Rengasdengklok

Perjalanan kemerdekaan Indonesia kemudian dilanjutkan dengan peristiwa Rengasdengklok, menyikapi kekalahan Jepang. Pada saat itu, terjadi perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda di Indonesia.Golongan muda menginginkan, proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan. Sedangkan, golongan tua mendorong pelaksanakan proklamasi sesuai yang dijanjikan pemerintah Jepang.Karena perbedaan pendapat tersebut, golongan muda membawa Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok. Tepatnya, pada 16 Agustus 1945.

3. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kemudian, pada tanggal 16 Agustus 1945 rombongan Soekarno dan Moh.Hatta tiba di Jakarta. Sejarah Indonesia dilanjutkan dengan penyusun teks proklamasi.Penyusunan teks proklamasi kemerdekaan dilakukan di kediaman Laksamana Muda Maeda. Dia adalah perwira jepang yang mendukung kemerdekaan Indonesia.Teks tersebut dirumuskan oleh Soekarno, Moh.Hatta dan Mr.Achmad Soebardjo. Lalu, disaksikan oleh Sukarni, Sudiro, Bm Diah.Kemudian, teks proklamasi ditulis tangan diketik ulang oleh Sayuti Melik. Naskah proklamasi selesai sekitar pukul 04.00 pagi pada tanggal 17 Agustus.Kemudian teks proklamasi di tandatangi oleh Soekarno dan Moh.Hatta. Teks kemerdekaan itu atas nama bangsa indonesia.‚Äč

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sorry baru nulis hehehe....

29 Mar
Balas



search

New Post