Zara Salsa Aulia

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pijar Langkahku

Pijar Langkahku

Hai, nama saya Zara Salsa Aulia biasa dipanggil Zara. Saat ini saya sudah duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Malang (SMKN 8 Malang). Saya ingin menceritakan salah satu pengalaman yang paling berkesan ketika saya masih duduk di bangku kelas 6 SD.

Kita sering kali mendengar istilah ‘Pendidikan adalah jalan terang untuk mencapai kesuksesan’. Bahkan sudah banyak sekali di sekitar kita bukti tentang seseorang yang mencapai kesuksesannya dengan jalur pendidikan. Namun, pendidikan saja tidak akan ada artinya jika tidak dibersamai dengan sikap dan sifat yang baik.

SD NU Blimbing adalah sekolah saya tercinta di mana saya menghabiskan waktu enam tahun bersama teman-teman saya. Ketika saya sudah duduk di kelas enam, hari-hari saya dipadati dengan materi dan tugas terlebih saat sudah memasuki semester kedua. Dari hari Senin sampai Sabtu harus belajar di sekolah sampai siang, setelah itu lanjut les di sore hari, lalu mengerjakan tugas lagi di malam hari. Memang lelah tetapi tak terasa karena selalu ada teman yang mendampingi dan doa dari kedua orang tua.

Bekal belajar saya dari buku detik-detik, buku catatan, dan latihan-latihan yang diberikan guru saya. Semangat guru saya ketika mengajar menjadi motivasi saya untuk lebih semangat lagi dalam belajar. Walau cuaca di luar sedang hujan, tidak melunturkan semangat saya dan teman-teman. Kami tetap berusaha sebisa mungkin agar kami tetap mengikuti les.

Sampai pada suatu titik, di mana saya menghadapi try out kabupaten dan try out kota. Awalnya try out-try out itu terlaksana secara bergantian. Misal, minggu ini try out kabupaten dan minggu depan try out kota. Ada suatu waktu di mana saya menghadapi lima macam try out dalam satu hari. Terbayang bagaimana susahnya mengatur waktu belajar. Saya hanya bisa belajar semampunya, selebihnya pasrah. Saya serahkan semua kepada Allah SWT.

Pada waktu itu, saya ingat terdapat dua mapel try out kota yang bersamaan dengan dua mapel try out ma’arif. Guru saya memberikan arahan bahwa sebaiknya kerjakan terlebih dahulu soal yang mudah baru mengerjakan soal yang sulit. Hal itu berguna untuk mempersingkat waktu. Saya mengerjakan soal sesuai arahan dari guru saya dan benar saja hal tersebut bekerja dengan baik.

Saat terakhir di mana hanya tinggal soal-soal yang menurut saya sulit, jujur saya lebih baik mengarang jawaban dengan Bismillah daripada menyontek. Sebenarnya tidak boleh atau boleh, ya? Namun, mengarang adalah hal yang terbaik menurut saya. Guru saya pernah memberi nasihat bahwa kerjakan semua soal semampu kalian. Jangan biarkan satu soal pun terkosongi. Setidaknya kalian sudah berusaha menjawab. Selebihnya saya pasrah.

 

Selang beberapa minggu ketika ujian ma’arif selesai, saya mendengar kabar bahwa dari SD saya ada dua siswa yang mendapat peringkat 10 besar tingkat sekolah ma’arif di Kota Malang. Satu di antaranya adalah teman saya yang bernama Tata. Ia mendapat peringkat 10 dan satu lagi yaitu saya, mendapat peringkat 1. Saya sampai tidak percaya karena saya merasa kalau saya tidak terlalu serius dalam mengerjakan try out itu. Sebab, saya belum sempat belajar banyak materi.

Kami berdua dipanggil ke kantor Malang Pos untuk menerima sertifikat dan piala secara langsung. Saya dan Tata tidak sendiri, kami ditemani oleh kedua orang tua kami, guru, dan kepala sekolah. Saya terenyuh ketika melihat ibu saya menangis karena bahagia. Dalam hati, saya berdoa semoga saya selalu bisa membahagiakan beliau.

Dari kisah saya, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah jalan terang mencapai kesuksesan, akan tetapi akan lebih baik jika usaha kita itu juga diiringi dengan sikap dan sifat yang baik, serta tidak lupa untuk berdoa. Karena tidak ada usaha yang sia-sia, kita hanya bisa berusaha semampunya, berdoa, dan berserah diri kepada Allah SWT.

================================================================

BIODATA PENULIS

Hai, teman-teman saya Zara Salsa Aulia. Panggil aja Zara. Saya lahir pada tanggal 5 Februari 2006. Saat ini saya duduk dibangku kelas 2 SMK, sebut aja kelas 11. Email saya [email protected], dan nomor telepon (WA) saya 087859875717.

 

Salam kenal semua!

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post