Zalfa Calissya Surayya

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mempelajari Masa Yang Akan Datang Dengan Membaca

Mempelajari Masa Yang Akan Datang Dengan Membaca

                 Berdasarkan judul tersebut kita tahu bahwa membaca, sangatlah penting untuk masa depan atau masa yang akan datang. Karena membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks yang dilakukan dengan bersuara nyaring atau dalam hati. Membaca adalah mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu pembaca yang disukai. Membaca merupakan kunci dalam proses belajar. saat seseorang memiliki kemampuan membaca yang baik, maka ia akan dapat menyerap berbagai macam pengetahuan. Membaca menjadi salah satu jenis kemampuan berbahasa melalui tulisan yang bersifat reseptif, karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman - pengalaman baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

                 Pada zaman sekarang banyak sekali media elektronik yang bisa dijadikan media sebagai membaca, sehingga jika tidak memiliki buku, koran atau majalah, kita bisa menggunakan media elektronik untuk membaca sehingga tidak ada halangan kita untuk membaca. Pada saat ini Indonesia menjadi bagian dari 10 negara yang memiliki tingkat literasi membaca rendah di tahun 2019, yaitu pada peringkat 62 dari 70 negara. Mengapa demikian?, karena penyebab rendahnya tingkat literasi membaca di Indonesia terdapat 2 faktor sendiri yaitu bahan bacaan yang kurang menarik serta mendalam, dan yang kedua adalah praktik nya jadi meski ada bacaan nya tetapi harus didukung dengan praktik literasi yang baik dan benar.

                 Memiliki hobi membaca memang baik, terlepas dari apapun media yang kita baca. Baik itu buku, koran, majalah maupun media elektronik. Namun, akan selalu ada risiko jika kita melakukan sesuatu secara berlebihan, termasuk membaca, diantaranya adalah. Pertama, lupa bersosialisasi, karena saking asiknya membaca, seseorang sampai lupa bersosialisi. Ini menyebabkan kita sangat berpotensi untuk mematikan kebiasaan penting lainnya dan juga tidak memiliki banyak teman. Yang kedua adalah, mata minus, biasanya orang yang suka membaca seringkali lupa waktu dan tidak mengistirahatkan matanya secara berkala. Karena berada dalam kondisi statis yang terlalu lama, maka otot mata pun jadi tidak fleksibel lagi. Yang ketiga yaitu, cara berpikir yang berbeda dari orang lain, maksudnya tidak semua orang akan mengerti dengan cara kita berpikir dan jangan terlalu mengacu pada apapun yang kita baca. Yang keempat adalah, dianggap sombong, ada 2 alasan yang biasanya dialami oleh seseorang yang suka membaca. Pertama, ia dianggap sombong karena ia cenderung tidak mau bersosialisasi. Yang kedua, orang tersebut memang sombong karena merasa pengetahuan dan wawasannya lebih banyak dari orang lain. Lalu yang kelima adalah, kecanduan, hal ini dapat menghambat kegiatan lainnya yang lebih penting jika kita tidak belajar untuk mengatur waktu dengan baik.

                 Lalu, bagaimana cara mendapatkan banyak ilmu dengan membaca untuk kepentingan masa depan?. Caranya adalah dengan memotivasi diri sendiri untuk membaca seperti contoh. Pertama, kita harus tau alasan dan tujuan mengapa kita ingin membaca entah untuk masa depan atau untuk masa sekarang dan yang lain lain. Kedua, cobalah mencari teman yang bisa mengajak dan memotivasi kita untuk membaca. Lalu, yang ketiga, ubah kebiasaan yang tidak mendukung dan ubah juga kebiasaan yang tidak terlalu bermanfaat. Keempat, pilihlah cara membaca sesuai keinginan, sebaiknya membaca ditempat yang sepi, aman dan tenang, misalnya perpustakaan. Yang kelima adalah mulailah membaca perlahan - lahan tapi konsisten, dan kalau bisa buatlah jadwal untuk membaca. Membaca tidak hanya dari buku, membaca bisa juga melalui koran, majalah, media elektronik dan sebagainya.

                 Kita sudah mengetahui pentingnya buku dalam kehidupan sehari - hari. Lantas mengapa kita sebaiknya mengisi waktu dengan membaca?, berikut manfaat membaca bagi anak - anak, para pemuda hingga orang dewasa. Yang pertama yaitu bisa meningkatkan fungsi otak, membaca dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit kompleks dalam otak. Rutin membaca dapat merangsang kerja otak menjadi lebih baik, aktif dan mencegah penurunan daya ingat, juga membantu atau melatih seseorang dalam berfikir kritis dan analitis. Serta ketika seseorang membaca, neurobiologis memproses gambar maupun ucapan yang muncul, bagian otak yang mengatur pengelihatan dan bahasa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang kita mengerti dan lebih mudah untuk diingat. Yang kedua, menstimulasi mental, membaca menjaga otak untuk tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Yang ketiga yaitu mengurangi stress, membaca dapat membuat pikiran menjadi lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%. Yang keempat adalah, menambah wawasan, berbagai pengetahuan bisa diperoleh dengan membaca. Yang kelima yaitu, meningkatkan kemampuan komunikasi, rutin membaca dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dalam otak. Sebab dengan membaca seseorang memperoleh penambahan kosakata dan kemampuan untuk berfikir kritis.

                 Dengan membaca kita bisa mengubah masa depan, karena dengan membaca, kita dapat memiliki pandangan dan wawasan yang lebih luas mengenai dunia. Tidak hanya itu, dengan membaca kita bisa membentuk karakter sesuai dengan apa yang kita baca, menghubungkan kita untuk peduli dengan isu – isu krusial, dan dengan membaca kita bisa mengenal berbagai macam dunia seisinya baik secara sosial maupun ilmu pengetahuan.

Jadi, sudahkah kita membaca hari ini?

Biodata Penulis :

Assalamu’alaikum wr. br., hai teman – teman!

Perkenalkan nama saya Zalfa Calisyya Surayya, nama panggilan saya Zalfa, saya lahir di Bondowoso pada 04 September 2009, saat ini saya duduk dibangku kelas 7 di sekolah Mtsn 1 Jember.

E-mail saya : [email protected] dan nomor WA saya : 088235238672

Wassalamu’alaikum wr. br.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post