Zahra Rivera Zulaika

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dengan Literasi Kita Menjalin Relasi Hingga Mewujudkan Mimpi

Dengan Literasi Kita Menjalin Relasi Hingga Mewujudkan Mimpi

Dengan Literasi Kita Menjalin Relasi Hingga Mewujudkan Mimpi

Oleh: Zahra Rivera Zulaika

Dalam mewudkan mimpi tentunya tidak hanya tinggal diam saja, pastinya banyak aksi yang kita kerjakan untuk mewujudkan mimpi tersebut karena jika mimpi tidak di kerjakan dengan aksi maka mimpi tersebut tidak akan pernah tercapai hingga kapan pun itu, maka dari itu salah satu aksi untuk mencapai mimpi itu adalah dengan meningkatkan literasi. Lalu apa itu literasi?

Menurut Elizabeth Sulzby pada tahun 1986, Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca.

Tetapi di era digital seperti saat ini, literasi pada saat ini bukan hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis belaka, tetapi juga merupakan kunci penting bagi kita untuk menjalin relasi yang baik dengan orang lain dan terciptanya kemampuan berpikir kritis bagi diri kita. Melalui literasi, kita bisa memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan kemampuan yang lebih baik dalam menyampaikan dan memproses informasi. Dalam hal ini, literasi juga dapat menjadi alat untuk mewujudkan mimpi kita, serta meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Salah satu manfaat utama dari literasi adalah kemampuan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Dalam hubungan sosial, baik di keluarga, maupun di lingkungan kerja, atau di masyarakat pada umumnya, kemampuan literasi bisa membantu kita berkomunikasi dengan lebih efektif dan memahami sudut pandang orang lain. Dengan kemampuan literasi yang baik, kita bisa menyampaikan ide dan pemikiran dengan jelas serta mudah dimengerti oleh orang lain, kita dapat membaca situasi sosial dengan lebih baik dan memahami kebutuhan orang lain serta persektif orang lain dengan lebih baik. Ini dapat membantu kita untuk lebih terbuka dan menerima perbedaan serta memperkuat hubungan personal dan prefesional kita.

Selain itu, literasi juga bisa membantu kita untuk mengejar mimpi dan tujuan hidup kita. Melalui membaca, kita bisa memperluas pengetahuan kita dan mempelajari pengalaman dari orang lain. Melalui menulis, kita bisa mengekspresikan diri dan menyampaikan ide dan cita-cita kita. Dalam berpikir kritis, kita bisa mengambil keputusan dengan lebih baik, menilai argumen secara obyektif, dan memecahkan masalah dengan efektif. Berpikir kritis melibatkan kemampuan untuk mempertanyakan, menganalisis, dan dapat mengevaluasi informasi, serta mengembangkan sudut pandang yang berbeda-beda. Dengan kemampuan literasi yang baik, kita bisa mengejar mimpi dan tujuan hidup kita dengan lebih efektif dan berkualitas.

Terakhir, literasi juga bisa meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan dengan informasi yang beragam dan kompleks. Dengan kemampuan literasi yang baik, kita bisa memahami informasi dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang lebih tepat. Selain itu, literasi juga bisa membantu kita untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan kita dalam berbagai aspek, seperti berbahasa, berpikir kritis, dan berkomunikasi. Semua keterampilan ini sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan dan kesempatan di masa depan.

Dalam kesimpulannya, literasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan kemampuan literasi yang baik, kita dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain, mengejar mimpi dan tujuan hidup kita, serta meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Oleh karena itu, mari terus membangun kemampuan literasi kita, tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk penerus kita nanti dan masa depan yang lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post