Zahra Rivera Zulaika

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ancaman Atau Peluang

Ancaman Atau Peluang

Ancaman Atau Peluang

Oleh: Zahra Rivera Zulaika

Tentu saja di era milenial seperti ini, teknologi digital menjadi sesuatu yang sangat penting bagi seluruh manusia di bumi ini. Entah itu handphone, laptop, tablet, computer, dan tentunya masih banyak sekali teknologi digital yang di miliki oleh manusia di bumi ini. Salah satunya adalah handphone, barang tersebut sudah tidak menjadi kebutuhan sekunder bagi manusia melainkan kebutuhan primer, karna manusia sangat bergantung dengan komunikasi, lalu handphone adalah salah satu media belajar mengajar pada kala itu, dan juga handphone menjadi salah satu media untuk bekerja. Sehingga handphone sekarang menjadi kebutuhan primer.

Namun, pastinya di setiap dampak baik terdapat dampak yang buruk. Mengapa dikatakan terdapat dampak buruk? Karena banyak orang yang menyalah gunakan dan kecanduan menggunakan handphone, mengapa bisa dikatakan banyak orang yang menyalah gunakan handphone? Apa saja contohnya? Salah satu contoh orang yang menyalah gunakan handphone adalah orang yang suka menipu orang lain, dengan menggunakan handphone sebagai medianya untuk menipu, pelaku akan menelpon atau juga mengirim pesan kepada korban dan pelaku akan memulai aksinya yang buruk.

Lalu mengapa bisa dikatakan banyak orang kecanduan menggunakan handphone? Apa saja contohnya? Contoh orang yang menyalah gunakan handphone adalah, orang yang menggunakan handphone secara berlebihan hingga melupakan waktu waktu yang harusnya bisa digunakan dengan aktivitas yang lebih baik, dengan meggunakan handphone secara berlebihan entah itu untuk bermain game, bermain sosial media, dan menonton video youtube hingga tidak memerhatikan waktu. Setelah kecanduan menggunakan handphone, tentunya banyak sekali dampak buruk yang akan datang, mau tau apa saja dampak nya?

Yang pertama adalah gangguan mata. diluar sana banyak sekali orang orang menyepelekan pengunaan handphone secera berlebihan jadi tak heran jika orang yang menggunakan handphone secara berlebihan mempunyai mata yang minus sehingga orang tersebut harus menggunakan alat bantu berupa kaca mata minus. Mata minus di sebabkan oleh apa? Mata minus disebabkan oleh paparan sinar biru dari layar gadget yang terlalu intens dan dekat. Selain paparan cahaya dari layar, hal ini juga bisa terjadi karena berkurangnya aktivitas berkedip pada mata. Berkedip merupakan cara mata menjaga kelembapan, sehingga terhindar dari iritasi.

Yang kedua adalah badan yang tidak vit. banyaknya anak di era gen z yang suka sekali bermain gadget, ia cenderung berada di dalam rumah dengan bermain gadgetnya dan jarang sekali untuk bermain diluar sehingga badan menjadi lemas karna tidak adanya aktivitas yang di lakukan.

Yang ketiga adalah menjadi pribadi yang lebih tertutup. sibuknya dengan dunianya sendiri sehingga orang tersebut jarang sekali untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain,mereka juga lebih cenderung menjadi pendiam bahkan ia memiliki perasaan malu dan canggung untuk bercakap dengan orang lain. Padahal telah kita ketahui bahwa sosial dalam kehidupan sangatlah penting.

Yang keempat adalah dapat mengganggu waktu belajar anak. Karna kecanduan menggunakan handphone anak tersebut akan meninggalkan waktu belajarnya untuk kesenangan tersendiri, sehingga nilai anak tersebut menjadi turun akibat dari menggunakan handphone seacara berlebihan dan akan menyesal dikemudian hari

Itulah beberapa dampak buruk dari penggunaan handphone secara berlebihan, tentunya kita semua tidak mau menjadi salah satu orang yang ada di contoh tersebut, harapan kita semua adalah menjadi orang yang menggunakan handphone secara bijak, lalu apa aksi kita untuk menjadi pengguna yang bijak?

Dari pengalaman saya menggunakan teknologi digital entah itu handphone ataupun laptop, awal nya saya mengunakan handphone secara berlebihan untuk bermain game sampai lupa waktu. Namun, saya tidak hanya diam begitu saja bersantai santai dengan melihat orang orang yang ada disekitar saya mati matian belajar untuk mengejar angka. Saya mempunyai beberapa aksi untuk menjadi pengguna teknologi digital secara bijak, diantaranya adalah

Yang pertama, menggunakan teknologi digital sebagai media untuk menggali prestasi. Tentunya banyak sekali lembaga yang mengadakan sebuah event untuk mengasah kemampuan siswa di era milenial seperti ini. Sering kali saya mengikuti event event yang diadakan secara online oleh beberapa lembaga dengan membuahkan hasil yang berpengaruh baik untuk diri saya.

Yang kedua, menggunakan teknologi digital sebagai media untuk belajar. Banyak sekali cara untuk belajar, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran entah itu Instagram, Youtube, Tiktok, dan masih banyak sosial media yang sangat berguna. Jika media sosial digunakan secara baik akan membuahkan siswa lebih aktif, kreatif, dan mandiri.

Teknologi digital hanyalah ilusi semata, janganlah kita terlarut akan halnya. Bijaklah kita menggunakan teknologi digital dengan memerhatikan waktu penggunaannya, gunakan teknologi digital ini untuk belajar skill yang dibayar tinggi nantinya. Jangan takut akan kegagalan, habiskan jatah gagal di era ini. Kelak, di masa yang akan datang kita akan berhasil. Lanjutkan usaha mu untuk menggapai impian mu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post