Zabrina Zaneta Zain. Sugianto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membaca adalah kunci jendela dunia

Membaca adalah kunci jendela dunia

Membaca adalah kunci jendela dunia

Membaca merupakan sebuah aktivitas berupa melafalkan atau mengeja sebuah tulisan. Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Menurut Dalman (2014:S) menyatakan "Membaca merupakan suatu kegiatan atau proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Hal ini berarti membaca merupakan proses berpikir untuk memahami isi teks yang dibaca.

"Buku adalah jendela dunia dan membaca merupakan kunci untuk membukanya". Dengan membaca buku, informasi dan pengetahuan kalian akan semakin bertambah. Jadikanlah budaya membaca sebagai kebutuhan. Membaca buku sangat penting agar kita tidak dipenuhi dengan kebodohan dan ketidaktahuan. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat memahami pesan dan makna dari suatu bacaan, di samping itu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah. Jika kalian termasuk golongan yang rajin membaca buku, pertahankanlah. Karena katanya, buku adalah jendela ilmu. Semakin banyak yang kita baca, maka semakin banyak jendela yang kita buka.

Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk

mendapatkan informasi Berikut ini beberapa manfaat membaca buku yang bisa kita dapatkan selain mempercerdas otak. Diantaranya:

1. Dapat Menstimulasi Mental

Dengan membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang selama ini belum kita ketahui yang kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang. Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga yang tidak pernah dapat hilang meskipun kita kehilangan hal-hal lain didunia ini, seperti harta, benda, maupun yang lainnya.

3. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Berdasarkan study yang dilakukan oleh Rush University Medical Center menyatakan bahwa Seseorang yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan kreatif atau intelektual seperti membaca mengalami tingkat penurunan kognitif hingga 32% daripada mereka yang tidak membaca dikemudian harinya.

4. Dapat Mendorong Tujuan Hidup Seseorang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menyatakan bahwa dengan membaca buku dapat membantu seseorang untuk mendapatkan motivasi dalam mengatasi berbagai macam hambatan, sehingga nantinya dapat membantu dalam mencapai tujuan hidupnya.

5. Dapat Membantu Kita untuk Terhubung Dengan Dunia Luar

Seorang psikolog dari University of Buffalo menyatakan bahwa ketika seseorang sedang

membaca buku, hal tersebut dapat membantunya untuk mengidentifikasi karakter dalam

buku yang la baca. Ia akan mengalami jenis hubungan kehidupan nyata yang dapat

meningkatkan rasa inklusi.

Biografi penulis

Haloo semuanya!! perkenalkan, nama saya Zabrina Zaneta Zain Sugianto. Saya berusia 14 tahun. Saya lahir di kota Jember pada tanggal 12 Agustus 2008. Saya berharap essai pertama saya ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih!

nomor WhatsApp: 081336807068

Email: [email protected]

Instagram: zbrn.rza

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post