Widya Pena Bejen Dua

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jaka Tingkir

Jaka Tingkir

(Refleksi Pelajaran IPS)

Oleh : Widya Pena Bejen Dua

Menurut Penjelasan Pak Ma’arif, Jaka Tingkir itu bukan nama sebenarnya, tetapi nama julukan atau nama panggilan yang artinya Pemuda dari Dusun Tingkir. Nama aslinya adalah Mas Karebet, tinggalnya di Dusun Tingkir. Dan terkenal di sekitar wilayah dusunnya sehingga jadi bahan pembicaraan. Sudah umum pada jaman dulu, orang terkenal disebut sesuai daerah asalnya.

Sebelum menjelaskan materi pelajaran IPS, khususnya Sejarah Indonesia, Pak Ma’arif menanyakan pada siswa tentang lagu Jaka Tingkir yang sering dinyanyikan oleh grup Hadrah atau Rebana dan Shalawatan. Lagu itu juga banyak ditemukan di yutub.

Pak Ma’arif menjelaskan sambil menyanyikan lagunya, begini :

Jaka Tingkir Wali Jawa, Muride Sunan Kalijaga, Wis misuwur ing NNuswantara Dadi wali ya dadi raja.

Jaka Tingkir Wali Jawa, Jaka Tingkir itu wali dari tanah Jawa. Wali itu sebutan untuk orang yang ilmu agamanya tinggi. Selain ilmu Agama, para wali juga banyak dikisahkan memiliki kesaktian yang digunakan dalam menyebarkan ajaran Islam, khususnya di Pulau Jawa.

Muride Sunan Kalijaga, Jaka Tingkir adalah murid dari Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga juga salah seorang wali yang menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Wis misuwur ing Nuswantara, Sudah terkenal di Indonesia. Jaman dulu wilayah Indonesia disebut Nusantara. Wali itu sebenarnya banyak, tetapi yang perannya besar dan berpengaruh ada sembilan, sehingga disebut Walisanga (Walisongo).

Dadi Wali ya dadi Raja, Selain jadi wali, Jaka Tingkir juga menjadi raja, yaitu menjadi Raja di Kerajaan Mataram dengan gelar Sultan Hadiwijaya. Kerajaan Mataram adalah kerajaan Islam yang merupakan penerus dari Kerajaan Demak.

Selanjutnya dijelaskan bahwa sebelum menjadi raja, Jaka Tingkir mengabdi di Kerajaan Demak. Awalnya Jaka Tingkir hanya seorang prajurit biasa, tetapi karena kecerdasan dan keterampilannya, Jaka Tingkir diangkat menjadi Lurah Prajurit. Karena terus berprestasi, sampai kemudian menjadi seorang Senapati atau Panglima dan memperistri Putri dari Raja Demak.

Begitu kisah yang disampaikan Pak Ma’arif. Jadi, lagu Jaka Tingkir itu sebenarnya sangat erat kaitannya dengan sejarah Indonesia. Sangat baik apabila para siswa mau memahami syair lagu yang dapat menambah ilmu dan pengetahuan. Jadi bisa belajar sambil bernyanyi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post